Rabu, 19 Juni 2013

Kenapa Banyak yang Tidak Suka JKT48?

Biarpun bertujuan menghibur masyarakat...
Ada yang suka maupun tidak.


Oke, ini adalah sebuah appreciative writing gue mengenai JKT48. I am neither a hater nor a fan. Mungkin akan ada yang bilang gue hater, sotoy, dan lainnya, tapi silakan dibaca terlebih dahulu. 

Huyooo.

...

JKT48 udeh sering nangkring di pertelevisian nasional serta jejaring sosial semenjak tahun 2011 (id.wikipedia.org). Idol group (ataupun girlsband) yang merupakan sister group dari AKB48 ini langsung banyak yang mengenali. Pun muncul penggemar JKT48 yang publicly known as "wota". Para penggemar sangat antusias dalam menyaksikan performance dan mengumpulkan beragam merchandise yang berhubungan dengan JKT48.

Walau banyak yang welcome pisan sama kedatangannya, ngga bisa ditampikan bahwa tentunya ada juga yang unwelcome sama kehadirannya. Walaupun tidak menyambut kehadiran JKT48 sepertiara penggemar ataupun mereka yang sekedar menikmati, orang-orang ini belum tentu bisa disebut sebagai hater. Berbeda dengan hater yang 'tidak suka' (a.k.a benci) baselessly, orang yang kurang suka (tidak menggemari, bukan membenci) dengan JKT48 memiliki alasan yang lebih konkrit a.k.a nyata.

Penyebab ada orang yang kurang suka dengan JKT48 datang dari dalam idol group itu sendiri maupun dari luar.

...

A. Dari Luar

1. Taste Jepang
JKT48 yang merupakan sister group dari AKB48 yang berasal dari Jepang tentu saja ikut membawa aroma budaya Jepang di sini.

Lalu bagaimana?

Tentunya akan ada filter dari masyarakat mengenai budaya yang baru. Walaupun dulu kita kena sedikit westernisasi, sepertinya masyarakat masih belum begitu mudah untuk menerima budaya luar. Sama halnya seperti KPop yang sudah masuk terlebih dahulu. Walau banyak orang yang akhirnya terpincut oleh KPop dan budaya Korea lainnya, masih banyak lagi yang tidak cocok dengannya. Yep, ini ngga beda jauh lah sama kultur jepang yang juga dibawa dalam JKT48.

2. Translation Lagu
Ini yang lumayan obvious. Lirik lagu yang dilantunkan oleh JKT48 merupakan hasil terjemahan dari lagu AKB48 yang ada di Jepang. Contohnya adalah Heavy Rotation dan Aitakatta. Meski nada lagunya dianggap lumayan menyenangkan telinga, tetapi sebagian orang akan merasa 'terusik' dengan liriknya.

Contoh:

Dalam kehidupan setiap manusia brapa kali bisa rasakan cinta
Jika ada satu cinta tak terlupa ku akan merasa sangat bahagia



Apakah anda merasa kedua baris lirik tersebut terasa seperti bahasa Indonesia yang anda dengar sehari-hari? Jika anda menjawab iya, saya ngga mau mengganggu, tetapi jika anda menjawab tidak, saya sependapat. Meskipun ada yang beralasan bahwa lirik tersebut adalah 'puitis' a.k.a agak aneh sedikit tetapi bisa diterima, tetap saja terasa seperti hasil tante Google Translate. Berikut mungkin sedikit parafrase dari lirik tersebut yang 'lebih dapat diterima'.

Dalam kehidupan manusia, berapa kali kah seseorang dapat merasakan cinta?
Jika ada satu cinta yang tak terlupakan, (maka) aku akan merasa sangat bahagia 

Pada lirik asli yang saya kutip, ada beberapa hal yang menurut saya kurang ajeg. Pada baris pertama, tidak jelas setiap manusia itu harus ditaruh sebagai bagian dari kehidupan atau berapa kali. Jika yang dimaksud adalah kehidupan setiap manusia, nah, yang bisa rasakan cinta-nya siapa? Teu aya subjek yang jelas. Pada baris kedua terdapat frasa nomina, cinta tak terlupa yang dapat dinilai agak aneh. Maka saya ubah menjadi cinta yang tak terlupakan.

Kurang ajegnya bahasa penerjemahan ini dapat disebabkan oleh dua hal: penerjemahnya atau lirik dari Jepang. Saya ngga mau ngurusin penerjemahnya, tetapi 'keanehan' lirik memang sering terdapat pada lagu jepang. Contoh lagi dari lagu Heavy Rotation:

Seperti popcorn yang meletup letup
Kata-kata suka menari-nari

Orang-orang akan bertanya, "Kok kata-kata suka menari?". Keanehan ini bukan karena orang Jepang aneh, tetapi karena pendengar kurang terbiasa dengan lagu Jepang. Saya sendiri sering menemukan lirik yang menurut saya agak aneh, tapi maknanya tetap dalam dan bagus.

3. Penampilan
JKT48 sering tampil dengan kostum yang berbau Jepang seperti seragam mereka. Nah, hal yang sering dikomentari orang mengenai penampilan JKT48, dan juga girlsband lokal, adalah rok. Rok-nya dianggap kurang 'sopan'. Banyak kok di twitter yang bilang JKT48 jual tampang dan paha, well, saya sendiri ngga mendukung pendapat tersebut. Biarlah tiap orang menilai sendiri~

Selain rok, lipsync juga dianggap sebagai poin negatif. Beberapa kali saya menonton penampilan JKT48 di TV dan menemukan bahwa mereka memang beberapa kali lipsync. Namun saya kurang tahu apakah dalam suatu acara atau di theater mereka tidak lipsync atau masih.

B. Dari Luar
1. Preference masyarakat
Mirip sama poin pertama dari dalam JKT48 itu sendiri. Selera masyarakat bisa saja kurang cocok dengan budaya Jepang yang dibawakan oleh mereka. Selain itu bisa jadi ada yang menganggap liriknya kurang menyentuh mereka, atau bisa juga mereka juga kurang terpesona dengan wajah para member JKT48.

Ini adalah faktor paling dasar bagi tiap individu dalam menyukai sesuatu. Subjektivitas masyarakat umum terhadap JKT48 tentu saja berbeda dengan para penggemar atau masyarakat yang mengenal budaya Jepang. Masyarakat yang close-minded pun juga bisa saja membuka hati hanya kepada pemusik tertentu.

Setiap masyarakat punya selera masing-masing, bukan?

2. Penggemar Antusias
Poin ini agak ngga enak juga sih nulisnya.

Sebagian besar masyarakat yang mendengar mengenai fans JKT48 pasti tahu ciri-ciri utama dari mereka yaitu, fanatik. Stereotype ini muncul bukan sekedar bentuk dislike dari orang-orang, tapi ada yang berpendapat bahwa memang nyatanya demikian. Penilaian ini bisa datang dari masyarakat umum, netizen, maupun sesama pecinta JKT48.

Di jejaring sosial, orang-orang yang membicarakan para wota pun harus menyebut mereka dengan suatu kode, layaknya menyebut Lord Voldemort dengan ucapan "You-Know-Who". VVota adalah cara yang dilakukan non vvota untuk menyebut para vvota. Kenapa? Misteri. Atau mungkin bukan misteri. Mungkin orang-orang tersebut ya pengin membicarakan JKT48 dan vvota tanpa mau disamperin oleh vvota aslinya.

Sama seperti cewek fans histeris KPop, para pria vvota ini sering nongol untuk dua hal: memuji JKT48 dan menggangu orang yang mengkritisi JKT48 ataupun mengkritisi vvota. Tes saja sendiri, seobjektif apapun situ mengkritisi JKT48 agar bisa lebih baik, bisa aja ada yang nyebut situ sebagai hater.

Contoh? Temen gue si @Farid_275dB sempet diserang gegara bikin postingan mengenai award yang diterima JKT48. Meski yang diomongin doi di situ adalah tentang vvota, tetapi para vvota menganggap doi adalah seorang hater JKT48. Cross check sendiri aja.

Woops.

Selain di dunmay, dunia maya, di real life sebagian fans terkadang membuat risih. Pengalaman pribadi ane sih, pas lagi ada acara jejepangan di kampus, ada segerombol anak berbaju merah - para fans JKT48 - meneriakkan nama idol group tersebut ataupun nama oshimen (personil yang disukai) mereka. Karena JKT48 ngga manggung di kampus, gue dan orang-orang lain ya cuma bisa melihat saja. Kesaksian ane ini beneran, walau ngga ada rekamannya. No pic = hoax? Yang ada picnya pun banyak yang hoax :p

Garis Keras, cuy

Nah, terus hubungannya pendapat orang sama JKT48 apa?

Karena melihat 'antusiasme' para penggemar yang demikian, muncul pertanyaan seperti, "Emang sebagus apa sih sampe mereka harus begitu?". Masyarakat akan ngecek dan normally akan berujar demikian, "Oh, gini doang?". Pendapat mereka tentu saja didasarkan atas ketidaknyamanan yang diperoleh setelah mengtahui perilaku para penggemar.

Fanatisme hanya menuai antipati dari masyarakat. Nuff said.

***

Well, tulisan ini sama sekali ngga bertujuan buat menjelek-jelekkan JKT48. Gue welcome sama JKT48, gue punya oshi tertentu, walau gue prefer sama Mariko Shinoda yang dikit lagi graduate dari AKB48 #curcol. Ini cuma salah satu pemberitahuan aja, bagi penggemar, yang mungkin ada yang heran kenapa kok ada yang ngga suka sama JKT48. Moga bisa dipelajari. 

Dan gue cuma heran, tadinya gue kira fans JKT48 bakalan beda sama penggemar acara musik yang ikutan nari bareng artisnya, eh, taunye demikian. Gue pun ngarep, ya para penggemar bisa lebih terhormat dikit lah dalam berkomunikasi dengan masyarakat non-penggemar.

Udeh ah.


That's all.

***
Referensi:

70 komentar:

  1. Yang garis keras merasa sok tau, malah bikin nama JKT48 tambah parah aja.

    ah sudahlah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. :/ jd ngalay malah. fans "high-class"-nya mah pada 'terhormat'.

      Hapus
  2. gw stuju ama bagian lirik, emg bener mreka sister dari AKB48, tp klo pribadi, knp phk manajemen g buat lirik baru yg lebih bagus, versi indonesia, bukan versi terjemahan, aneh tau ngedengerin lirik hasil translate mbah gugle, jadi keliatan kalo manajemen mereka cuman mau cara instan aja, menjadi idol itu persiapan byk, dan kita sbg penikmat menginginkan figur sempurna, cacat di satu bagian aja udah bikin weeeew...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Awalnya gue mengharapkan munculnya JKT48 ini membawa angin segar buat Japanese geeks, biar kehadiran mereka tidak dianggap 'aneh' lagi (misalkan stereotype "sudah gede masih nonton kartun/anime?"). Eh kenyataannya malah begini #miris

    Btw di pict yang elu tampilin itu maksudnya apa coba? Mempermainkan perasaannya dimana? Gue curiga itu treat kaskus tentang 'nyindir vvota', bukan 'nyindir member JKT48'.

    Btw #freepukpuk buat Data yang Mariko-sama bentar lagi mau grad *kasih free tisu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entar ane edit lg, itu ane ngegoogle thread soal JKT48 di Kaskus. Entar ane cari lg :v

      Hapus
  4. hahahahaha iya jaman sekarang idolanya kampungan, fansnya lbh kampungan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kaya JKT48 menurut gue sih, ngga kampungan. Lha wong memang 'diurus' oleh pihak dari Jepang :v

      Yg kampungan ya, yg alay :v

      Hapus
  5. iya, gue juga setuju sama liriknya. Ya ampuuun, itu mah masih bisa banget diperbaiki-lah (-_-") kalo yg soal lipsync atau jual paha, menurut gue JKT48 masih better dari artis2 serupa. Tapi emang sih, fanatiknya fans-nya agak meresahkan, sampai berantem2an, lupa kuliah, bahkan ngorbanin duit bulanan (-___-")tapi ya sudahlah ya, namanya juga pilihan hidup.. moga2 aja cepat sadar sama prioritas

    BalasHapus
  6. sya juga suka sama JKT48, personelnya itu lo, unyu unyu,,

    BalasHapus
  7. sebenernya yang bikin cikiti jelek skrg itu lebih ke fanatisme fans norak nya sih. kayaknya ada tuh fans yang udah tau 48 family dr lama gak gitu ribut sama idolgrup ini :) kalo kasarnya sih, ketika suatu hal baru menjadi terkenal, pasti banyak alay dan non alay yg ngikutin dan ngefans, yang bisa bikin hal itu terlihat lebih bagus atau justru "turun harga"

    BalasHapus
  8. gue suka kok sama JKT48. cuma gak fanatik kayak vvota yang kayak di foto aja. gue gak punya attribute JKT48 sama sekali, nonton di theater gak pernah, apalagi ngeributin masalah orang yang gak suka sama JKT48 :)

    buat gue, ngefans boleh. tapi jangan terlalu fanatik aja. kesannya tuh kayak idolnya itu Tuhan. Kesannya gue aja ya, gak ada maksud lain kok hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga suka dan menikmati, tapi gue ngga sampai ngefans. :)

      Hapus
  9. Gue sebenernya sih engga terlalu nge fans sama JKT48. Lirik lagu sama personil nya juga engga pada tau namanya. Tapi ya, kalo ada di tipi, gue tonton. Sayang buat di lewatkan. HATI-HATI KALO SAMPE FANS NYA PADA BACA! Haha. :D

    Temen gue banyak yang suka sama JKT48. Gue jadi jijik liatnya, setiap maen pasti aja pake baju JKT48. Mending kalo cantik, lah ini kan cowok. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang gue harus hati-hati sama fansnya, tapi isi komen lo lebih parah dari gue (.___. )

      Hapus
    2. ya si deden itu terlalu polos apa terlalu frontal, gaada yang ngerti hahaha =)
      btw aneh juga kalo lipsync dibilang poin minus. kalau gak lipsync emang media (TV atau sebagainya) sanggup bayar JKT48? ahuehuehue. kan setau ane mah kalau lipsync itu bayarannya bisa dikurangi sampai 40% mas huehue

      Hapus
  10. emang sih liriknya agak kurang bagus,,

    tapi gue seneng ma personilnya,,,
    cantik'' hehehehe (tidak salah to)

    BalasHapus
  11. Hahaha sebenernya terserah orangnya sih, yg penting masih dalem hal positive :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kalo gt, namanya bkn terserah orangnya dong :v

      Hapus
  12. Muahahaha intinya mah jangan terlalu fanatik aja, soalnya keliatan "bodoh" kalo ngebela idola sampai nyawa taruhannya -_-

    Kalo fansnya bisa ngambil sisi positifnya dan nggak terlalu fanatik, mungkin nggak bakal ada yang namanya haters.

    Haters muncul karena banyak faktor, salah satunya adalah 'kecemburuan sosial'.

    Udah gitu aja. muehehe ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Definisi lo mengenai kecemburuan sosial itu apa ya?

      Hapus
    2. maksud dia bro haters muncul mungkin karena entah idolanya tersaingi atau ada alasan lain mungkin.

      Hapus
  13. setuju gan. kalo dipikir dengan logika, sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa orang2 suka AKB48 dan keluarganya... (bahkan sampai saya Google)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kalo lo beneran mikir pake logika, mestinya ngerti kenapa ada yang suka 48 Family.

      Duh! :v

      Hapus
    2. gni gua sih sring ikutin oricon chart jepang,tpi gua memang sadarin ya,bnyk member akb48 puny skill lebih dlm mnyanyi dan rata rata yang udh luulus jdi penyanyi solo dngn performa luar biasa dri segi vokal contoh ya atsuko maeda,mayu watanabe cantik kualitas music oke,,,

      bukan sekedar cantik,

      klo mau lebih parah snsd tuh kpop setiap MV hampir telanjng dan LIVE show juga hampir telanjang kadang ada yang gk pke BH itu KOREA

      Hapus
  14. setuju sih setuju aja
    1. gue jga sebenernya nge fans sama 48 terutama AKB48 jdi klo dengerin lagu JKT48 tuh kyk yg ga asing lg ,trus klo di denger jga agak aneh klo udh sering denger lagu2 AKB48 tpi kan walaupun itu sister group dari AKB tpi kan gk ada salahnya mentranslate lagu2 nya AKB lagipula kan klo mereka nyanyiin lagu jepang kan pasti sebagian besar pada gk suka karena gk ngerti (gk tau arti dari lagunya) jadi kan gk ada salahnya klo di translate biar karakter dari lagunya itu banyak yg ngerti.

    2. soal roknya kan mungkin gk masalah klo d atas lutut lagipula klo nari sambil pake rok d bawah lutut / agak panjangan tuh kan repot.ya asalkan jangan berlebihan atau terlalu pendek (sampai hampir kelihatan CDnya)atau pake bikini kyk orang luar.

    3.soal lipsync nya ya gk ada masalah kan,lagipula kalian cobain deh nyanyi sambil nari , lari-larian kan pasti sebagian besar orang nafasnya pada gk kuat kan?


    jadi klo apapun mereka yg pasti lihat yg positif nya aj jangan terlalu di jelek-jelekan kan mereka jga tujuan nya cuma ingin menghibur dan memberikan semangat dari makna lagu2 yg mereka nyanyiin

    tpi klo ada yg suka ataupun tidak sih itu kan selera masing2 jdi pasti ada aj fans & haters ya asalkan jgn terlalu terbawa suasana

    BalasHapus
  15. Coba deh posting artikel bagus ini, ke forum fanbase nya JKT48. Entah di ka*kus atau di i*ws. Apakah "mereka" bisa tercerahkan atau malah ...

    Trus yang gw bingung, di Jepang sendiri arti vvota itu "negatif" loh, lah di sini malah "mereka" malah bangga disebut vvota.
    Ckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKW gw mah setuju. banget

      Hapus
    2. BUKAN kriminal mbk WOTA itu sama kyk OTAKU pengidola berat,otaku pnggila anime sedangkan WOTA fans berat yang rela dukung idolnya .

      Hapus
  16. ane gak suka nonton jkt48 dan girlband lain, tapi suka denger mp3 nya aja .............nambah nambahin dosa aja.......kan itu maksiat apa pake pamer pamer paha.................mendingan nonton COBOY JUNIOR...KWAKAKAKA...kagak pamer paha...gak lypsinc......hidup CJR

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu aslinya manajemen tidak membayar jkt48 yang lebih mahal karena aslinya jkt48 tidak mau lipsync

      Hapus
    2. Wkwk yoi...pertukaran pelajar ke usa lagi nambah point plus

      Hapus
  17. Apa fans JKT 48 KAGAK BOSAN liat di TV lipsink melulu...huft.........terus roknya itu sangat mengganggu mata............cherrybele juga.............itu fans jkt agamanya islam kan kebanyakan???? itu dosa tau......maksiat....tobat lu pade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. itu aslinya dari manajemen tv tidak apapun bayar aslinya jkt48 tidak mau lipsync sementara kasus pamer paha jkt48 aslinya dari akb48 jadi jangan salahkan jkt48 girlband juga sama coboy junior apalagi waktu itu aja tidak sopan kepada jkt48 sampai masuk tv lagi sih bastianya di kca waktunya maho sama aldi coboy junior saya tidiak menghina coboy junior cuma fakta saja jangan sampai musuhan perpecahan nkr

      Hapus
    3. Gaada yang musuhan...gaada yang maho juga

      Hapus
  18. Pas banget kayak lagunya joged caisar....WOTA suka " intip intip rok mini"......apalagi yang ada di depan.....ahai deh

    BalasHapus
  19. ehhh teguh bangsat jangan bacot kau kimak !!! jangan jelek jelekin jkt48 sama fans kau !! kalau ga suka diam aja mulut kau itu BUJANG !!!!!!!!!!

    BalasHapus
  20. ehhh teguh bangsat jangan bacot kau kimak !!! jangan jelek jelekin jkt48 sama fans kau !! kalau ga suka diam aja mulut kau itu BUJANG !!!!!!!!!!

    BalasHapus
  21. mereka emang biasa2 aja bagi orang awam atau bukan fans. kehebohan dan kefanatikan fans hanya lah hasil dari ikatan emosi yang dibngun oleh konsep JKT48 itu sendiri bukan karena kualitas. pada prinsipnya JKT48 bukan menjual kualitas tapi menjual konsep. dan efeknya beragam sesuai karakter dan sifat fans ada smart fans, garis keras, alay, dsb. so klo gak tau jgn sok nulis kaya gitu. klo gk suka diam. klo lu mau nulis tentang JKT48 pahammi konsep dan yang paling menonjol yang harus kamu pahami sisi psikologis. banyak tulisan tentang JKT48 dan Fansnya yang sangat objektive sesuai ilmu yang telah dipatenkan sperti ilmu psikolog, sosiologi dll, itu jauh bisa diterima fans, fans tidak goblok man tulisan yang benar yang mempresentasikan JKT48 dan fans atau tidak bnar sesuai mereka rawsakan. tak heran fans tidak sepaham dengan tulisan sperti ini. menurut sya ini bukan tulisan netral tapi berdasarkan pendapt pribadi dan pendapt masyarkat uumum yang memang sudah pasti subjektif bukan objektif atau netral. kelompok apa pun akan aneh oleh beberpa orang atau bnyak orang karena setiap orang punya pandangan masing2 dan pandangan itiu ada yang umum karna buday yang suatu tempat dan dipengaruhi pendidikan dan wawasaan juga karakter sifat seseorng. jadi klo ingin menulis tentang sesuatu kelompok tertentu cari lebih bnayka info tentang kelompok tersebut dan pahami, kecuali tulisanmu cuma alasan atau hanya bentuk kerisihan kamu lebih baik jgn dipublikasikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya terima klo soal lipsync dan translatan lagunya saya cuma tidak setuju pernyataan kamu kog bisa sefanatik itu fansnya padahal biasa2 aja.

      Hapus
  22. aku setuju sikap ente saya juga tidak terlalu fanatik juga semoga jkt48 punya single baru yah

    BalasHapus
  23. Kalo ane sih penikmat lagu jkt48, cuma gue gak menghayati liriknya

    BalasHapus
  24. Sebenernya kalo nga suka sih boleh saja tapi kenpa sampe menjelek jelekan JKT48 terus ngolok ngolokin lah apa lah kalo nga suka ya diem aja kenapa harus berkomentar yang nga nga emang selama ini JKT48 itu ada salah apa sama mereka para heaters . nga ada kan

    BalasHapus
  25. Ane mah netral , suka JKT48 suka juga sama grup musik Indonesia lainnya, toh mereka kan sama-sama memajukan musik Indonesia :) , MAJU MUSIK INDONESIA!!!

    BalasHapus
  26. Saya adalah fansnya AKB48. Dan jujur saja, saya tidak terlalu suka jika AKB punya sister group meski saya tidak memungkiri kalau mereka cukup bagus. Tapi saya adalah FANS AKB48 bukan sister groupnya. saya sering nonton bahkan download video AKB48 dan beberapa sster groupnya, dari sana saya sering membandingkannya dengan JKT48. dari fans-nya aja udah keliata. Fans-fans di sana akan diam dan menikmati lagu idol-nya beda sama di sini yang teriak-teriak sampai penonton yang lain tidak bisa menikmati. Sebenarnya banyak yang saya tidak suka, tapi males banget ngoceh disini, pasti ujung-ujungnya juga gak didengerin atau malah dianggap hater. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmna dgn korea mbk ? pas dateng di indo sama kan ? itu ciri orang indonesia
      tpi menurut orang jepang akb48 pun takjub malah ama fan orang indonesia

      Hapus
    2. Mba / mas saya boleh gk bagi link graduation nya oshima yukoo ? ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  27. Lipsync itu buat di acara tv doang gan. Tv paling banyak nyediain antara 5- 10 buat suara mic. Sedangkan jkt48 yg sekali tampil mesti 16

    BalasHapus
  28. Ente tau OI? Tau slankers? Tau outsiders? Tau ky gmana aktifitas kefanatikan mereka? Udah lama indonesia punya orang2 begitu bray, tolonglah cerdas dikit kalo ngebahas ginian.. Jangan sempit dan subjektif.. Standar yg lo pake itu cuma buat orang2 yg awam musik dan terbelakang.. Lipsync lah lirik lah..
    Coba lo pelajarin dulu konsep 48 secara mendalam baru berikan komentar yang proporsional, bijak, dan objektif.. Nih contoh bahasan ttg 48 khususnya JKT yg netral dan berwawasan http://www.hitmansystem.com/blog/jkt48-wota-dan-cinta-2785.htm

    BalasHapus
  29. Ya apapun pendapat kalian ya sah2 aja sehh,toh kita juga bebas berpendapat toh tapi.yg patut diinget kalo mau comment coba dengan bahasa yg baik,entah kalian itu lovers,atau hatters dan jadikan saran dan kritik itu sebagai pedoman dan acuan,bukan malah menghina orang yg telah memberikan saran.

    BalasHapus
  30. Sudahlah Kpop kek, JPop kek, mari kita sambut gelombang baru trend musik Nusantara yang berasal dari 2 surga dunia di Indonesia yakni Bali dan Lombok, yang akan membentangkan lebar sayapnya ke asia tenggara dan menghembuskan angin segar ke seluruh asia, mendamaikan jiwa2 yang bertikai dengan cita rasa seni yang tinggi tapi membumi, perpaduan yang harmonis dan otentik original antara east meets west yang tidak sekedar wannabe. Dengan bangga saya persembahkan JeBe and Petty!!! Numero Uno!!! Go JP!, JP!, JP!, JP! JP!

    BalasHapus
  31. Intinyaaa jangan sampe dibela belain abis abisan coy, gw suka jkt48 tapi klo ada yg ledek yaudahlah, toh mereka bakal trs ngetop, intinya jgn mudah kepancing, woles aja, soaalnya apa klo karna lu bela abis2an inget bro KARMAnya kena lu sendiri, bagi lu lu belai2in pake kata hinaan, cibiran itu bagus, tp coba intinya jangan mudah kepancing deh, salut buat yg suka bela2in berlebihan, mulutmu harimaumu, gw pernah liat tmn cuma komen ttg jkt48, padhal doi cewe tp dilawan sm cowok, bagus begitu??? smpe akun twitternya diserbu pdhl ga ngehina ga apa, klo mau berantem cowok lawan cowok, lah jangan cowokk banyakan nyerbu cewek -,-, intinyaaaa.. boleh lu bela abis2an inget tp karma kena diri lu, bukan idola lu :)

    BalasHapus
  32. dasar jeketek kelian tuh gk sebagus snsd tauuuuu uncamkan itu dasar

    BalasHapus
  33. Iya aku jg setuju. Aku suka sm AKB48 pas kehadiran jkt48 kirain bagus gitu eh begitu haha. Bukan masalah jkt atau membernya. Tp aku ga suka sm pihak manajemennya. Bikin lirik aneh hasil translate, bikin MV jg jelek bgt kualitasnya parah. Bikin ga respek masyarakat terutama anak2 muda. Jd alay grgr penggemarnya alay-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mv jelek banget dan berkualitas parah? Coba Gambarin! Situ dah bisa bikin MV emng? B aja dong klo gasuka

      Hapus
  34. Jkt48 . Semangat !! Terus berkarya .. aku bukan mereka jadi aku tidak berfikiran seperti mereka. JKT48 . Kalian grup idola yang pantas di idolakan :D

    BalasHapus
  35. Setiap pendapat,pengalaman hidup,momen terpenting, dll setiap manusia kan berbeda . disetiap idol kan ada haters dan fanss , jadi jangan saling menghina lahh kita harus bersatu ( sharing kesesama), saling mendukung satu sama lain . kalo ingin berpendapat boleh aja tapi inget sekitar ada yg merasa terugikan tdk ?
    #hehe๐Ÿ˜‚itu aja sihh dari saya

    Yg baik bagi donk link download nya oshima yuko pas graduation ๐Ÿ˜„ udh lama nyari gk ktmu ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  36. Min itu poto yg diatas ( melody ) itu maksudnya apaan yhh saya gk ngerti๐Ÿ˜‚

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe