Jumat, 27 Januari 2012

3 Langkah Mudah Eksis Lewat Internet

Masih jomblo? Pengen cepet eksis?
Cobain deh cara ini!

Well, gue tau sekarang-sekarang ini masih banyak banget orang yang jomblo (termasuk gue, tapi gue lebih cenderung ke single). Gue tau kita yang jomblo agak sering ngerasa galau, iri, atau forever alone. Orang-orang jomblo cenderung cuma bisa nge-like gambar romantis, atau bikin fanfic tentang diri sendiri.

Mengapa mereka jomblo?

Dari sekian banyaknya alasan seperti; jelek, cupu, atau terpaksa friendzoned, yang paling parah ternyata penyebabnya adalah Ketidak-eksisan si Pasien. Karena si penderita ga eksis, makanya ga ada lawan jenis yang mau ngelirik. Jomblo deh. Karena si penderita kurang gaul, dia ga bisa berbaur. Forever Alone deh. Makin jomblo deh.

Eits, jangan update status galau dulu.

Masalah kejombloan orang yang tidak eksis ternyata dapat dibenahi. Soalnya hampir setiap permasalah pasti ada jalan. Ga percaya? Kalo kalian lanjut baca ke bawah, kalian akan liat temen gue namanya Johan. Johan itu sesuai namanya, Jomblo Tahunan, dia udah jomblo selama bertahun-tahun. Tapi akhirnya, setelah masa-masa penggalauan dia mendapatkan sedikit pencerahan.

Baca sendiri deh!

...


Well, orang jomblo di atas itu yang tadi gue bilang namanya Johan. Di tengah masa kejombloannya, Johan bertemu temennya, namanya Ijul. Ijul sama Johan sama-sama ga punya pacar, namun bedanya, Ijul itu single, yang berarti dia ga punya pacar karena sebuah prinsip, bukan nasib.


Johan : Iye bro. Gimana caranya ya biar gue ga jomblo lagi?
Ijul : Wah, zaman sekarang mah kalo ga mau jomblo, ya mesti eksis. Ga perlu eksis di panggung atau TV kok.
Johan : Terus eksis di mana dong?
Ijul : Ya di Internet lah! Kalo udah eksis di Internet, siapa tau elo bisa jadi kaya SinJo atau Raditya Dika. Ga sedikit loh orang yang jadi ngetop gara-gara eksis di Internet.
Johan : Oh, gitu toh. Terus, caranya gimana?
Ijul : Mau tahu caranya?
Johan : Mau doooong....
Ijul : Sebenernya sih, ga susah-susah amat. Cuma ada 3 langkah yang perlu diperhatikan.
Johan : Ajarin aku dong kakak~~~
Ijul : Oke, perhatikan ya!


...

Langkah-langkah Menuju Ke-eksisan Lewat Internet
Langkah Pertama : Hardware


Kalau mau tersambung ke Internet, tentu aja mesti punya alatnya dong. Alatnya ga susah untuk dicari dan ga terlalu mahal kok. Lo bisa pake komputer, laptop, atau ponsel lo.

Kalo elo mau pake komputer dan laptop, sebaiknya elo punya modem. Nah, modem ini lah yang bakal memberikan koneksi dari komputer lo ke internet. Kalo elo di rumah, elo bisa pake modem yang nyambung ke telepon rumah. Kalo elo lagi ngga di rumah, bawa laptop lo and pake aja modem wireless yang memudahkan kita untuk internetan dimana-mana. Di kamar, di warung, di toilet umum, ataupun di dalam bis di gerbang tol Cililitan yang lagi macet.

Nah, kalo misalnya males nyalain komputer atau laptop, pakai aja ponsel elo. Dari beberapa tahun yang lalu, ponsel udah bisa langsung tersambung ke internet tanpa nyolokin kabel apapun.


Melalui fasilitas GPRS, ponsel elo akan dapat dihubungkan ke Internet secara wireless. Kalo udah kesambung ke Internet, maka elo tinggal surfing aja. Gue sebenernya ga tau secara rinci, tapi intinya begitu.

Anyway, sekarang ini udah ada teknologi baru yang namanya WiFi (oke gue tahu ini ga baru-baru amat). Bagi komputer, laptop, dan ponsel yang punya fasilitas WiFi, elo bisa terkoneksikan ke Internet tanpa pake modem ataupun GPRS. Yang perlu elo lakuin adalah samperin tempat yang nyediain fasilitas hotspot dan nikmati sepuasnya sampai pemilik tempatnya ngusir elo.

Udah ngerti kan? Udah punya alatnya kan?

Johan : Kalo henpon sih, gue punya bro... (:/)
Ijul : Kalo gitu, lanjut ke langkah berikutnya. (:D)
...
Langkah-langkah Menuju Ke-eksisan Lewat Internet
Langkah Kedua : Jejaring Sosial



Langkah ini cukup penting. Soalnya ga guna juga elo punya alat yang canggih pisan buat eksis, tapi ga gaul. Sampe nenek gayung bisa kayang di Danau Galilea pun ya ga bakalan eksis.

Lantas, gimana caranya biar gaul di Internet? Ya pake Jejaring Sosial dong!

Jejaring sosial atau Social Network adalah teknologi berbasis web yang dapat mempermudah komunikasi antara sesama pengguna internet. Contohnya adalah Facebook dan Twitter. Elo bisa ngobrol bareng temen-temen lo di jejaring sosial walau mereka ga lagi ada di sekitar elo.

Selalin itu ada juga blog di mana elo bisa nulisin bacotan elo, ada juga YouTube bagi mereka yang suka bikin video, dan ada juga situs atau aplikasi web yang bikin lo bisa chatting. Makanya, kalo mau makin cepet eksis, pake aja beberapa jenis jejaring sosial sekaligus.

Betewe, berhubung kayaknya elo belum punya jam terbang dalam hal jejaring sosial, gue punya beberapa tips untuk elo.

1. Foto Diri , Nama, dan Informasi
Kalo di FB, namanya Profile Picture disingkat PP. Kalo di Twitter namanya Avatar, tapi ga bisa ngendaliin elemen. Nah, upload deh gambar yang menurut lo paling oke. Tapi inget, jangan pake foto orang lain atau artis mentang-mentang elo ga pede. Pake foto sendiri dong! Soalnya percuma elo muncul di internet tapi ga pake muka elo sendiri, ya ga bisa dikenal orang lain dong.

Johan : Kalo begini ga apa-apa kan? Udah ganteng belon?
Nah, sama kaya foto, pakailah nama asli, jangan yang aneh-aneh. Walau banyak orang yang pakai nama palsu dan juga aneh, pada kenyataannya banyak loh yang ga seneng. Daripada ngeganggu orang lain, mendingan elo pake nama asli aja. Biar tambah mudah dikenal temen pesbuk.

Selanjutnya informasi. Boleh aja lengkap, tapi jangan ada yang palsu. Jangan ngaku-ngaku lulusan universitas mana, kerja di perusahaan mana kalau itu semua ngga benar. Emang sih kita bakalan kelihatan lebih sophisticated, tapi kalo kenyataannya ngga, malu-maluin loh.

Anyway jangan naruh informasi terlalu lengkap seperti nomor telpon dan alamat rumah. Jangan sampai elo jadi inceran orang di internet seperti beberapa kasus penculikan yang udah ada.

2. Nimbrung dan Diskusi
Kalo mau cepet eksis ya jangan cuma diem di pojokan, ngobrol dong dengan sesama pengguna jejaring sosial. Well, kalo elo ada di forum yang agak terbuka, elo tinggal SKSD dikit. Dengan begitu temen lo bisa bertambah.

Selain itu, kalo elo ikutan grup atau forum, coba ikutan diskusi deh. Coba sampaikan pendapat lo, siapa tau ternyata kata-kata lo itu adalah hal yang baru dan ternyata sangat menarik bagi para pembaca. Atau mungkin elo bisa nulis di blog elo tentng apa yang elo pikirkan and share deh di fb atau twitter.

3. Tunjukkan What You Get!
Kalau elo punya bakat, jangan malu-malu untuk lo pamerin di Internet.

Elo jago nyanyi? Upload aja suara lo ke soundcloud. Jago gambar atau nulis penggalauan? Share aja lewat blog! Jago ngedance atau perform hal-hal menarik lainnya? Pake YouTube aja! Abis itu semuanya elo share deh ke temen-temen di facebook and twitter.

Kalau di Internet, jangan malu-malu. Mungkin orang sekitar lo anggap bakat lo biasa aja, tapi di Internet, mungkin akan ada ratusan orang yang lebih menghargai elo! Elo liat aja artis-artis zaman sekarang, banyak kok yang alumni jejaring sosial. Siapa tahu ada pencari bakat yang khilaf, tertarik sama bakat yang elo punya! 

Dan ada satu hal lagi yang lebih penting!


Walau kita ga ketemu orangnya secara langsung, tetep aja kita harus menjaga sopan santun. Mengapa? Tentu aja karena semua orang suka orang yang sopan, percuma tenar tapi gara-gara sikap yang asem. Di manapun dan kapanpun, sopan santun itu harus diutamakan daripada ego kita.

Anyway kita juga harus jaga perasaan orang lain. Jangan ngajak orang berantem di internet mentang-mentang elo jauh dari lawan bicara lo. Bukan cuma bahaya soal berantemnya, tapi mau di dunia nyata ataupun di dunia maya, berlaku kasar tetap dosa loh.

Jangan sampai perang kata-kata di internet. Soalnya yang baca ngga cuma antara elo dan dia, tapi hampir semua orang bisa baca. Kembali lagi ke sopan santun, ga sopan ngomong kasar di tempat terbuka. Lagipula walau elo menang adu bacotan, tetap aja akan ada imbas yang datang ke diri lo sendiri.

#KemudianHening...
Johan : Hmm, bener juga. Gue pernah denger dari temen gue. Temannya teman gue punya teman nah teman dari temannya teman gue ini pernah ngomong kasar ke anak orang di twitter, oalah gara-gara ortu si orang yang diledekin ini ngeliat, dia di... beuh...!
Ijul : Dia diapain Joh? Dipukulin?
Johan : Ngga kok bro, cuma disuruh minta maaf ke anak mereka.
Ijul : Oh... (=_=)

Intinya gitu deh. Kalau di Internet kita harus humble, mungkin kemampuan dan prestasi kita lebih banyak dari orang lain, tapi kita ga boleh nyombongin diri, bro. Juga jaga tali persahabatan dengan sesama user.

Beberapa menit kemudian, si Johan pun sibuk banget bikin akun. Dia pun sekalian foto-foto buat PP di fb dan avatar twitter. Dan kayanya gara-gara dia sms temen-temennya, followers twitter dan friends facebook dia udah lumayan banyak. Hebat juga si Johan.

Johan : *mikir* waaah, kalo gini gue bakalan cepet  ga jomblo.
Bahkan, mungkin gue bisa jadi artis! Nyehehehe!
...

Langkah-langkah Menuju Ke-eksisan Lewat Internet
Langkah Ketiga : Pilih Provider yang Sesuai

Johan : Ada apaan lagi sih, bro? (=_=)
Ijul : Coba cek pulsa elo deh.
Johan pun ngecek pulsanya...

...dan dia pun kaget dan marah besar!

Ijul pun mencoba menenangkan Johan.

Ijul : Jadi gini, walau internet itu emang menyenangkan banget, tentunya elo harus mau keluar biaya.
Johan : Yah... biayanya mahal ya? Waduh... kalo gini kayanya gue bakalan makin lama jomblonya... (U_U)
Ijul : Wah, jangan khawatir. Walau internet perlu biaya seperti pulsa, yang perlu elo lakuin adalah memilih provider yang cocok dengan kantung lo. Ga semua provider mahal kok.

Banyak provider yang menjanjikan kegratisan atau harga murah. Tapi sebagai pelanggan yang cerdas, kita harus pintar-pintar milih. Jangan langsung termakan iklan, tapi harus kita cermati dulu.

Kalau kita udah dapat provider yang harganya bener-bener murah, baru deh elo puas-puasin bereksis ria di Internet! Mungkin aja elo bisa ngabisin waktu pedekate and stalking cewek yang mau elo gebet. Udah ada loh orang yang pacaran, bahkan nikah gara-gara kenal di Internet.

Ijul : Gitu joh, ga usah takut. Pilih aja provider yang biayanya murah. Kaya Axis.
Johan : Oh, gitu ya bro?

...

Begitulah cerita tentang si Johan yang akhirnya dapet pencerahan dari si Ijul. Endingnya? Gue denger dia makin eksis aja di facebook dan twitternya dia, namun bukan cuma di internet aja. Dia pun jadi eksis di kampusnya gara-gara dia keseringan update hal-hal galau mengenai kejombloannya. Dia jadi deket sama banyak cewek, walau ujung-ujungnya dia tetep aja jomblo.

Jadi intinya, kalau mau eksis, ga usah repot-repot naik ke panggung. Lo cukup duduk, nyalain komputer dan modem, lalu perform di internet. And bagi kalian yang mau eksis lewat internet, pake aja hape lo yang cukup bagus, terus kongkow di jejaring sosial, and pilih provider yang cukup murah. Dijamin elo bakalan makin cepet eksis!

Sekian dulu tulisan gue kali ini. Semoga kepada sesama jomblo, tulisan ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan menuju gerbang dari akhir kejombloan kita. #eaaaa.


That's all.

POSTINGAN HARI INI TENTU AJA BUAT IKUTAN LOMBA DARI AXIS!
IKUTAN YUK!
Mau ke dunia Axis? Klik gambar atau kalimat ini.

62 komentar:

  1. heheehe gue sambil ketawa kecil bacanya
    seakan baca komik, kocak dat :thumbup

    seru banget tipsnya, btw yg nulis udah ngeksis belum? :PP

    BalasHapus
  2. what?? internetan di toilet umum?? buahahahah =))
    eh elu single kenapa? karna prinsip juga?? ckckck

    BalasHapus
  3. Wanjir keren dat! Ternyata gambar kemaren tuh buat ini toh. Potensi menangnya gede nih (berasa juri).

    Eh ente udah jomblo? Ckck emang knapa ama anak GFM? :p

    BalasHapus
  4. Data jago gambar, nampol pula gambarnya XD
    intinya, jomblo icon kesuksesan :)

    BalasHapus
  5. jiaaaaaaaaaaaaahhhh jadi kepengen jomblo #he??? wekekekekeke
    nice post

    BalasHapus
  6. dat! lo si ijul apa johan ?
    hahaha

    itu gambar sendiri semua ??
    keceeee!!

    BalasHapus
  7. hahaahahaa itu gambar nya kocak.. good luck for us yaaa..hopely the best will be a winner..

    BalasHapus
  8. Gambarnya itu detail banget, dan ternyata jurus melawan blabeling tweet yang segitu panjang bisa dibales pake kata "JOMBLO" doang yak ? hahaha #ngakak

    BalasHapus
  9. Shinn : yang nulis... er... #speechless

    Ririz : setengah prinsip dan sisanya nasib

    Angga : Ah, itu masalah pribadi :p

    Aliv : Sejak kapan orang jomblo bakalan terjamin kesuksesannya? =_=

    Ka Syifa : LOLOLOL Thanks :D

    Rusyidina : Gue... Ijul aja deh LOLOLOL. Thanks :D

    Jeng Bloggi : Aww thank you:*

    Bang Farid : Soalnya kata itu keramat banget bang LOL :P

    BalasHapus
  10. gambar komiknya keren kakak,apalagi bagian si johannya mikir :)) jadi intinya kalo mau eksis di internet ya bersosial medialah ya kak? :p

    BalasHapus
  11. nimbrung? gue banget. gue sksd hahaha ilustrasinya lucu dah

    BalasHapus
  12. Siluman Capung : ya iyalah. gimana mau bisa eksis kalo kerjaan lo cuma ngegoogle doang LOLOLOL

    Funy : kaya di KK, kalo ga nimbrung, ga ada yg kenal hehehe :D

    BalasHapus
  13. hahahaha komiknya ekspresinya lucu-lucu xD

    BalasHapus
  14. hahaha... kreatip n salut buat gambar2nya.. moga menang deh... saya juga gara2 liad iklan axiz jadi ganto nomer ke axiz. tapi ndak ikutan lombany se. meong

    BalasHapus
  15. Helloyon : thank you :3 tapi adminnya lebih lucu kok #eh

    Om Saman : thank you om. saya jg pengen ganti nomor, sekalian biar ga deket2 mantan lg LOLOLOL #eh

    BalasHapus
  16. Buat lomba ya Ven? Wah, banyak banget isinya... Gw pengen ikut lomba neh.. Tapi gw orangnya gak punya banyak ide... Hehe.. jadi gak ikut deh.. Well, semoga lo menang ya broo... :D Gw mau baca tapi kebanyakn... hehe.. :D Jadinya gak kebca semua deh...

    Oke deh broo..

    Keep Success broo...
    I hope you can win, and bring that stuffs.... :D

    Gambate Kudasai...!! Ayoo... EKZIZ...!!

    BalasHapus
  17. Jomblo niyeeee??? :p
    hahaaa..
    KEREN dah. Sukses dat! :)

    BalasHapus
  18. Wesley : yah, ga dibaca sampe abis u_u. tp gpp deh, makasih doanya ya :D

    Kak Tammy : gue ga jomblo. gue SINGLE. thank you! :D

    BalasHapus
  19. hahaha, ada ultramen kayang nya . ngiahaha

    yahud tips dari si ijulnya :D

    BalasHapus
  20. wakakakak kocak komiknya...but yang summoned 6 character tweet itu..umm no comment deh.

    BalasHapus
  21. bacanya jadi asyik, di selingi sama gambar yang kocak :D
    like this :D

    BalasHapus
  22. Idenitas diri emang penting banget :D
    Tapi gue pake nama panggilan aja sih kalo di internet :))
    Tapi jangan asal sesumbar identitas diri juga, soalnya takut ada yang isengin :D
    No. Hp baiknnya jangan di publish :D
    Sukses buat lombanya :)

    BalasHapus
  23. Wah, gw kira character lu wajahnya nengok ke kiri semua. Skarang udah enggak tuh dat. Nice work!

    Baca postingannya juga enak, gambarnya mendukung, moga menang kontesnya yak!

    Btw, lu masih jomblo khan dat? :P

    BalasHapus
  24. ngeriiii, ini postingan bikin merinding sumpah. gue bingung mau komen apaan, gambarnya juga yahud berkaraktar.
    ini postingan calon dapet Ipad kayanya.

    BalasHapus
  25. Selamat yaa udah jadi pemenang ke I di eksisnya Axis... wah IPAD 2 tuuuh. selamaaat :)

    BalasHapus
  26. DATA DAPET IPAD 2... KYAAA!!! TRAKTEEERRR!!!!
    SELAMAT!

    BalasHapus
  27. And the winner is this blog, congratz bro... Selalu semangat yach...

    BalasHapus
  28. hahaha benerapan dapet Ipad tuh,,
    selamar ya juara I lomba blog eksis...

    BalasHapus
  29. kereen mas postingannya, gak heran kalo menang :)

    http://adiz-blog.blogspot.com

    BalasHapus
  30. Sukses ya berowww..dapat ipad menang lomba Axis lha keren banget postingannya..panjang banget dan off course lucu abisss

    BalasHapus
  31. Selamat yah ... tulisannya memang layak menang ^__^

    BalasHapus
  32. Selamat Sob ... artikelnya kreatif, keren ... salam kenal.

    BalasHapus
  33. Selamat sob, sudah menjadi pemenang pertama.

    BalasHapus
  34. Wow keren,,, jadi pemenang pertama nih.. bisa jadi inspirasi buat blogku... ^^

    BTW, salam kenal ya..

    BalasHapus
  35. L.o.L
    an exemplary work...
    congrats anyway ;)

    BalasHapus
  36. waahh keren.. pantesan dpt juara 1.. selamat yak yg dpt ipad :)

    BalasHapus
  37. wwoooWWww, makin eksis donk abis dpt ipad :D KEREN2!!!

    BalasHapus
  38. Selamat selamat bhro..... emang keren abis... wajar ente yang menang sekali selamat yak
    ^_^
    salam kenal dari lombok

    BalasHapus
  39. Selamat ya mas, telah menjadi Juara I.
    Cerita dan gambarnya bagus, layak sebagai pemenang.
    Salam kenal.

    BalasHapus
  40. Selamat yach dapat Ipad...postingannya emang keren...gambarnya juga yahudd....selamat yachh

    BalasHapus
  41. hahaha...lucu sekali, fresh..:)
    komunikatif sekali, apalagi gambarnya gokil :')
    selamat ya

    BalasHapus
  42. waaah selamat yaaaa sukses selalu untuk karya-karyanya ckckckcckckkc

    BalasHapus
  43. wahh dpt Ipad gratis, hebatt :)
    mau..mau...

    BalasHapus
  44. keren... keren... sob. selamat ya... bisa jadi motivasi nih buat terus berkarya :)

    BalasHapus
  45. Keren, Selamat yah udah jadi juara I
    :D

    BalasHapus
  46. tulisannya lucu sekaligus informatif... selamat ya... :)

    BalasHapus
  47. cemungud kaka...

    kasian temen gue udah berharap menang ternyata saingannya #speechless :D

    BalasHapus
  48. kerennnn ... pantesan gw kalah.wkwkwkwkw

    BalasHapus
  49. keren boa... hahaha.. bacanya ampe ngakak :D

    BalasHapus
  50. congrats bro ~ =D
    aku ikutan juga, tapi baru cek sapa yang menang.. hihi

    BalasHapus
  51. Wahh.... anda memang pantas menjadi pemenang sob!! Kerennn... :D
    Salam kenal...

    BalasHapus
  52. wkakakakak..
    emang gokil ni posting..
    congrats ya, kalo Ipadnya gak kepake, buat ane aja..
    hehehe

    BalasHapus
  53. Keren bangeeeet :) Pantas laah kamu menang iPad Apple. Hehe. Keep writing yaa, gambar-gambarnya juga lucu deh. Salam kenal,
    - Ella -
    :)

    BalasHapus
  54. Waaahhh, kereeeeeeeeeeennnnnnnnnnn ...
    Pantesan juara I

    Sukses selalu yaaa ?
    :)

    BalasHapus
  55. ini blog bagus bos
    kreatip gak kayak gue
    semoga ilmu2nya bisa mengilhami gue

    silakan liat blog sederhana gue
    anucara-gdyatha.blogspot.com

    BalasHapus
  56. kerennnnn bangetttt asyik ceritanya an gambarnya juga waaww baguz bangett....
    selamat yaa buat juara 1 nya...:)
    salam kenal dariku...:)

    BalasHapus
  57. keren gila, sinatriadan.blogspot.com

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe