Kamis, 25 Agustus 2011

Ospek Part 3

Aplhanya sudah.
Sekarang Omega.

PELAKSANAAN OSPEK
13 & 15-17 AGUSTUS 2011

Prelude
12 Agustus 2011

Pada tanggal 12 Agustus sore, gue hijrah bersama barang-barang yang berat ke tempat kost yang udah dipilih. Gue ngekost bareng Puja, maba jurusan Manajemen yang secara coincidence kenalan pas lagi nyari kost-an bareng-bareng. Bentar, kenapa gue ngekost? Well, itu karena acara ospeknya dimulai saat matahari masih ngumpulin nyawa dan juga bakalan ribet kalo ada barang yang hilang or rusak di bis. Karenanyalah gue memilih untuk ngekost. Di tempat kost itu lah menjadi semacam tempat gue menaruh barang-barang yang cukup merepotkan.

Pada saat gue nyampe, si Puja masih on the way. Pada saat itu pula gue pikir gue langsung bisa check in. Eh ternyata mesti nungguin selama 2 jam gara-gara ada problem dikit. Orang-orang pada rame ngurusin tapi gue duduk santai sambil nyelesaiin tugas ospek. Banyak yang takut gue jadi bad mood gara-gara itu, tapi gue malah menikmati kerepotan mereka #kejam.

Setelah problem terpecahkan, gue langsung check in. Untungnya kamar tersebut udah diberesin + dibersihin, so gue tingga bongkarin barang secara ganas. Well, tak lama kemudian Puja dan nyokapnya dateng. Gue dikasih kue dan diajak ngobrol juga. Lalu pas sadar waktu udah malam, kami semua memutuskan untuk tidur.

...

Opening MPA
13 Agustus 2011
Pas subuh gue bangun, dan sekalian sarapan. Untung sarapannya disediain oleh nyokapnya Puja sehingga gue ga buang waktu buat nyari. Setelah sarapan a.k.a sahur, gue langsung mandi. Setelah mandi, gue selalu meriksa list barang yang harus gue pakai ataupun bawa pada saat opening MPA. Berkali-kali seperti orang yang kena OCD.

Sekitar jam 5, gue dan Puja berangkat ke Stadion Veldrome naik bajaj. Tapi sebelum nyampe gue milih untuk turun gara-gara gue liat orang-orang pada jalan. Dan pilihan gue ga salah. Pas turun dari bajaj, ada kakak panitia yang ngasih instruksi kalo kami (anak FBS) diminta untuk lepas atribut dulu. So, tak lama kemudian gue pisah sama Puja gara-gara beda fakultas.

Anak-anak FBS pun dikumpulkan dan kami melakukan briefing singkat sebelum masuk stadion. Setelah briefing selesai, kami masuk ke stadion, duduk di atas polybag yang kami siapkan sendiri, di atas rerumputan, di bawah sengatan mentari pagi.

Gue ga terlalu bisa fokus ngikutin opening MPA. Why? Soalnya speakernya ga terlalu banyak a.k.a bagian tempat fakultas gue yang berada di pinggir pun ga bisa menerima suara dengan baik. Alhasil banyak yang ga fokus and nyasar kesana-kemari. Opening MPA pun diisi dengan sambutan serta hiburan.

Sekitar jam 11, opening MPA selesai.

Seharusnya, setelah opening selesai itu, kami boleh pulang. Tapi gara-gara tadi kami yelling dengan lenjeh, kami diomelin bentar sama kakak panitia MPA Fakultas. Oh iya, ada beberapa orang yang harus dikenai sanksi. Pertama, ada yang ketahuan update status Facebook dengan sangat unyu, "Pengen cepet-cepet meluk guling", dan ternyata cowo yang ngepost status se-unyu itu. Dan kasus selanjutnya ialah ada yang ketahuan foto-foto. Tentunya panitia udah tahu siapa pelakunya, tapi meminta untuk para pelaku sialan untuk mengaku. Selama 15 menit menunggu, para pelaku masih saja diam, kecut, sehingga anak-anak lain masih harus dijemur. Ketua angkatan kami pun hampir jadi korban tak berdosa, tuan Muslim harus push-up sampai pelaku sialannya ngaku. Fortunately, sebelum Muslim mulai push-up, umpatan maba lainnya pun membuat para pelaku yang sekali lagi gue bilang sial itu pun maju. #Emosi /dihajar pelaku/

Oh iya, pas briefing tadi pagi itu, kami nitip tas ke kakak panitia. Dan pas pengen pulang, pembagian tasnya memakan waktu sekitar satu jam pelajaran di SMA. Yaitu sekitar 40 menit. First, karena pembagiannya emang sepertinya kurang efektif /digetok kakak panitia/. Then, karena anak-anak cewe yang ga sabaran pada maju ngambil tas, padahal sudah dilarang oleh para panitia. Berulang kali sehingga makan waktu. Beberapa orang pun memilih untuk berteduh gara-gara merasa udah hampir pingsan.

Tak lama setelah 40 menit berlalu, kami pun pulang. Well, gue pun jalan dari Veldrome ke tempat kost. Gue hampir pingsan. Selama perjalanan gue nahan haus karena gue ngehormatin yang puasa. Sepanjang jalan kenangan gue terus nahan diri walau banyak yang ngejual es teh manis dan es kelapa muda di pinggir jalan Pemuda. Tapi semuanya sia-sia. Pas nyampe daerah kosan gue, tempat makan dipenuhin sama mahasiswa baru yang barusan ikut ospek bareng gue. Sigh.

Abis dari kostan, gue pun memutuskan untuk pulang ke Bogor berhubung besok libur dan atribut gue masih ada yang bermasalah.

...

MPA Fakultas
15 Agustus 2011
Hari ini gue pun sadar, banget. Ternyata ngekos tidaklah terlalu efektif. Mengapa? Karena pas gue bandingin antara jalan dari kostan sama naik bis dari Bogor, durasinya 1 : 2. Kalo jalan makan waktu 15 menit + cape, kalo naik bis 30 menit tapinya bangun lebih pagi. Well, jika dibandingkan sih kayanya sama aja.

attribute MPA Fakultas
Ehm, gue nulis paragraf di atas karena gue protes juga sama lokasi kostan gue yang dalem banget. Jalan dari kostan sampe ke jalan raya aja butuh 10 menit. Lalu mesti ngelewatin jembatan penyebrangan dan jalan lagi dari gerbang ke lokasi ospek yang masih agak jauh. Alhasil gue pun keringetan pas nyampe di lokasi.

Menurut kakak panitia, para maba diwajibkan sudah tersummon di lokasi pada jam 05.30, dan gue nyampe 05.28. Dan ternyata yang telat datengnya banyak juga jumlahnya.

Acara ospek hari ini isinya adalah pengenalan Dekan dan para staffnya, ormawa yang ada, dan lain-lain. Oh iya, abis pengenalan Dekan ada semcam acara motivasi. Di segment motivasi yang dibawakan oleh... well gue lupa siapa orangnya, tapi kami disuruh bikin pendulum pake pulpen. And ajiab, pulpennya bisa gerak beneran. Pada saat itu gue ngerasa kalo gue emang punya kekuatan telekinesis.

MPA Fakultas pun selesai sekitar setengah lima sore.

...

MPA Jurusan (MPA English Department)
16 Agustus 2011
Nah, ini dia ospek yang setidaknya paling nyaman. Selain duduknya ga sempit, ACnya juga semriwing abis. Oh iya, gue bisa tidur agak lebih lama karena kumpulnya lebih siang, sekitar jam 06.00 udah harus di lokasi. Anyway berbeda dari ospek sebelumnya, pagi-pagi kita udah disuruh battle.

ngumpul dulu di lapangan
Well, gue sempet kecewa kalo ternyata cuma battle yel-yel doang /ga jadi summon Keyblade/. Yeap, jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dijadwalkan untuk versus Bahasa Perancis. Dari kejauhan, anak-anak Bahasa Perancis keliatan kaya Telletubies. Serius, soalnya mereka masang menara Eiffel abal-abal yang lebih terlihat seperti menara Sutet.

Abis battle, kami masuk ke ruangan yang tadi gue bilang agak cozy.

Acara pertama merupakan pemberian motivasi yang diberikan oleh Prof. Dr. H. Arief Rachman M.Pd. Awalnya gue kira beliau bakalan kaku, eh ternyata. Banyak maba yang jadi semangat oleh materi yang diberikan olehnya. Well, cara dia memberi materi pun sungguh menarik dan emang bagus banget. Sayangnya karena gue larut dalam motivasi yang diberikan beliau, ga terasa segmen yang dibawakannya sudah harus berakhir. Antara syukur dan sedih. Syukur bisa dapet motivasi (serta acara ospek makin selesai), dan sedih gara-gara beliau sudah harus beranjak dari lokasi. #Galau

Selanjutnya ada pengenalan Kajur, Kaprodi, dan dosen-dosen. Gue sempet ngedown karena tahu banyak juga dosen bule /kampung mode: on/, serasa IP bakalan menyedihkan. Well, tapi ternyata gue belom saatnya kebagian dosen-dosen tersebut yeay. Hmm, kami pun diperkenalkan juga tentang KRS, dan mata kuliah yang bakalan diambil, dan sebagainya.

Di tengah-tengah acara, komisi disiplin sempet bikin semuanya tegang. Yang melanggar semuanya harus maju, dan yang bawa barang yang dilarang juga disuruh maju. Klimaksnya adalah ada yang bawa DVD, dan salah satunya adalah "Jupe Collection". Anjrit, gue pengen ngakak tapi ga berani. Orang yang ngebawa pun memberikan alasan yang... agak nonsense... bikin komik dari latar scene yanga ada di DVD tersebut. Bentar, jaman sekarang kan udah ada yang namanya internet. Dan udah lama ada yang namanya streaming YouTube. Lha kok masih nyari DVD sih mas? LOLOLOL.

pengumpulan para korban pelanggar

diomelin sama kakak komisi disiplin
eksekusi hukuman LOL
Jauh setelah aura yang seram saat aksi komisi disiplin, ada perform dari TED. TED itu bukanlah UKM jurusan yang berkecimpung di dalam per-teddy-bear-an, namun TED ini singkatan dari Theater of English Department (kalo ga salah sih gitu). Sebenernya sih bagus, hanya aja di tengah perform yang sebaiknya sunyi dan dihayati, masih aja ada yang nyeletuk dan sok ngerespon.

Oh iya, acara terakhir diisi dengan lomba yell antar kelompok. Kelompok cewe pada perform dengan "rapi" dan "cheesy" a.k.a biasa aja. Nah, kelompok-kelompok yang cowo pada garelo kabeh. Ada kelompok yang meneriakkan jargon "Es Buah", dan kelompok selanjutnya adalah korban dari jargon tersebut. Yap, yell mereka itu desperate banget, nadanya pake jingle Indomie dan kira-kira liriknya begini:

Hari ini kita puasa
Tadi siang kita hampir buka
MPA... bikin batal

Ibadah... tidak maksimal...


Dan inilah bukti otentiknya:


Gelo kan? Kalo gue jadi panitia, abis mereka yell bakal langsung gue sidang.

Nah, kelompok gue juga absurd banget. Tapi setidaknya tidak sefrontal kelompok tadi. Kami konsepnya robot. However kami bukan robot gedek, well walau ga jauh-jauh amat, tapi kami adalah robot rusak. Pada awalnya pake nadanya Disco Lazy Time-nya Nidji, lalu tiba-tiba berubah pake andeca-andeci. Ini sungguh-sungguh error dan humiliating abis. Selama ospek gue udah berusaha oh-so-jaim, namun akhirnya image gue runtuh gara-gara yell gelo kelompok ini #GagalJaim /brb bunuh diri/. Tapi setidaknya, gue ga sesial Iqbal. Dia harus joget klepek-klepek kaya punyanya Ki Dalang Parto di OVJ. Bahkan Kabim kelompok gue yang waktu itu jadi MC pun sempet ngerasa malu abis gara-gara di yellnya pun kami nyebut bahwa Bang Nadi adalah Kabimnya. LOLz.

Well, pas acaranya selesai, kami salaman sama kakak-kakak panitia, dan ternyata kakak dari komisi disiplin ramah-ramah loh. LOL.


jangan tanya kenapa ada yang diblur LOL

...

Penutupan MPA
17 Agustus 2011
Penutupan ini diisi dengan pameran UKM gedung G. Banyak banget yang seru dan absurd. Well sebenernya di awal acara ada segment motivasi, tapi sayang, karena langit-langitnya agak transparan, proyektor tak mampu menampilkan slide-slide penting dengan baik.

Aaaanyway, di tengah-tengah penutupan ini, boss kelompok gue, namanya Ganang. Dia ternyata lagi smsan atau tepatnya surat-suratan sama cewe dari jurusan lain. Katanya sih, pengen nyari temen aja. Lah tapi kok nyarinya yang ehm, cakep-cakep aja? Hayo, nanti dimarahin siputnya loh om. LOL.

Pas acaranya selesai, kami dari FBS pun ngumpul dahulu sebentar untuk ngereview MPA yang berjalan 3 hari ini. Setelah itu salaman dan pada foto-foto.



FYI: kakak panitia cowo yang ada di tengah itu agak galak loh /hides/
...

***

Well, demikianlah acara sekali seumur hidup gue (kecuali gue pindah univ dan mulai lagi dari awal, LOL). Semoga bisa terus gue inget walau gue gampang banget lupa. LOL


That's all.

P.S:
- Foto-foto tersebut gue embat dari:
BEM ED UNJ (facebook page)
MPA FBS 2011 (facebook group)

P.P.S:
bukti otentik si Ganang bakal gue upload (se)segera(mungkin). LOL :p

7 komentar:

  1. mirip2 ospek ditempat gw ya... ditambah dasi item

    terus upacara pembukaanya tgl 17 mulai dini hari sampe bukapuasa,n gila dijemur gitu puasa2


    btw kenapa di blur? jangan-jangan.....

    BalasHapus
  2. eh poto kakak kelas lu yg bertiga, cewe yang kiri, namanya eveline bukan? temen SMA gue noh wkwk

    btw mulut lu napa di blurin?

    oh iya turut berduka cita ya atas ospeknya *untung ga pernah ospek haha*

    BalasHapus
  3. Huahahahaa...keren deh pengalaman lo...tapi tapi daaaannn tapiiiii..yang jadi pertanyaan gue adalah..."Ada cerita apa dibalik mulut lo?" hahahah

    BalasHapus
  4. Ka Pina : wah, saya lupa namanya siapa. tapi di daftar panitia sih ada yang namanya evelyn :/

    All : itu diblur karena:
    1. Saya jelek (dalem)
    2. Biar muka saya ga diincer orang kalo tulisan saya nyelekit
    3. Jaga-jaga siapa tahu nanti saya jadi penjahat. Biar ga gampang diidentifikasi

    BalasHapus
  5. yelling lenjehnya gmn sii kang!?!?! hueheheh.. kang.. saiia alumnus perancis loh dan gag seperti telletubbbies :(

    itu kaka panitia yg pake behel sapa kang namanya ?!?! :( piss*

    BalasHapus
  6. mendingan bangun pagi deh dari pada ngekos.. hahaha

    *pengalaman pribadi*
    kebanyakan ga enaknya soalnya.. :)

    semangat ya... :D

    BalasHapus
  7. waaah, aku juga baru kelar ospek fakultas ini -_-
    sengsaraa rasanya waktu ospek, badan pegel semuaa :3

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe