Senin, 12 Desember 2011

Semuanya Seratus Tiga Puluh Ribu

Jangan terlalu excited saat ngeliat barang.
Terutama harganya, yang kadang 'keliatan murah'.

Jumat kemarin setelah kelas materi Seni Teater, gue rada bingung harus luntang-lantung ke mana. Kelas tersebut selesai sebelum waktunya sholat Jumat, dan kelas berikutnya mulai sekitar dua kali durasi sholat Jumat di kampus gue (sekitar satu sampai dua jam). Gue tambah desperate mengetahui dua jam itu ngga lama, dan ngga punya tempat buat stay cool (read: numpang duduk or tidur).

Untungnya temen sekelas gue ngajakin ke Gramedia Matraman.

Penampakan Gramedia Matraman di malam hari
Sehabis makan siang, kami langsung berangkat naik Transjakarta (BUKAN BUSWAY, HUMANS!). Gue dan 4 cewe jomblo (sorry vik, gue rasa harus di-bold) berangkat ke Matraman di bawah matahari nun panas. Well, emang sih Transjakarta punya AC, tapi tetep ngga kerasa. Halte transjakartanya juga ngga ber-AC, ada kipas angin gede tapi tetep aja pengap kuadrat. Gue rasa seharusnya transportasi kita ini dijaga dan dimaintenance dengan baik dan ditingkatkan kondisi dan kualitasnya, malu kan kalau ada turis yang ke Jakarta cuma buat naik Transjakarta?

Sorry, gue sering ngga fokus. Makanya gue ga bisa jadi l'Cie kaya di Final Fantasy XIII. Oke, kembali ke Gramedia.

Anyway gue sempet seneng karena gue ga diajak nongkrong di Sevel. You know, anak gaul sampe yang kelewat alay hobi banget nangkring di tempat itu. Dan gue yang ngga gaul and ngga alay pun bakalan minder di situ.



Selain itu gue seneng pergi ke Gramed karena toko buku adalah tempat berkumpulnya buku yang (maybe) berkualitas dan lebih baik ketimbang ngisi perut and nambahin experience lo di tempat gaul yang kurang jelas juntrungannya. Mendingan ke toko buku daripada gaul tapi dungu. :3


Di gramed kami langsung mencar. Ericcha (nama asli, ngga alay) nyari novel, Citra kejebak di dalam dunianya, sedangkan gue ngebuntutin Ervika and Tyas gara-gara:
  1. Ga punya tujuan
  2. Buta arah
  3. Ga punya duit buat beli buku
Kami sempet nemplok di daerah buku Hukum tapi finally gue ngikut Ervika ke tempat komik.

Di sana banyak banget anak SMA yang entah udah pulang sekolah atau membolos. Banyak banget yang baca komik. Mengetahui di sana boleh baca komik tanpa harus beli, gue sempet berpikir untuk berhenti ngebeli komik #MentalGratisan. Gue sempet kaget ternyata ada aja om-om yang baca komik. Yang bikin kaget bukan usianya, tapi komik yang dibacanya: Komik Serial Cantik.

Ard...

Gue langsung nyari komik Conan yang udah ketinggalan. Gue cuma punya sampe seri 63 and yang ke-64 belum sempat beli dikarenakan gue males nyisihin duit. Gue pun dengan takut-takut ngebaca satu chapter terus gue simpen lagi baik-baik.

Shin Suikoden
Gue sempet ngeliat buku biru yang gede bertuliskan "SHIN SUIKODEN". Gue kira itu komik tentang game yang udah gue mainin kedua serinya: Suikoden and Suikoden 2. Tapi ternyata itu cuma novel besar yang ceritanya tipikal Suikoden gitu. And I left it there.

Selanjutnya karena udah hampir jam dua dan kelas gue dimulai jam setengah tiga, gue mulai gelisah. Gue ngajak mereka pulang. Tapi akhirnya kejebak di daerah stationary. Si Vika niat ngebeli tempat pensil yang katanya bagus tapi menurut gue biasa aja. Gue kepincut sama pensil mekanik dan gue niat membelinya.

Gue, Vika, and Tyas beli pensil dengan merek yang sama. Nah, si Vika yang bertugas buat ngebayar. Di kasir dia ngasih 3 pensil tersebut dan bon tempat pensilnya. Dia udah seneng banget bakalan dapet tempat pensil yang unyu, sedangkan gue berharap ongkos gue cukup. Lagi seneng-senengnya si mba kasir yang cakep itu bilang:
Semuanya Rp. 130.000,-
 Gue kaget, vika pucat pasi, tyas asik-asikan ngeliat stationary lain.

Gue langsung manggilin si Tyas. Si Ervika pun tambah pucat. Si Tyas masih senyam-senyum mentang-mentang ga tau masalahnya. Tapi gue bingung: Apakah 3 buah pensil seharga Rp. 4.500 + 1 buah tempat pensil jelek menghasilkan harga Rp. 130.000?

Si mbak kasir ngasih liat harga tempat pensilnya. Si Ervika yakin kalau harganya cuma Rp. 16.500. Tapi mungkin karena kelamaan jomblo, dia lupa apa dengan angka satu yang ada di bagian paling depan, which makes harganya jadi Rp. 116.500. WTH, WTF, WTW.

Gue niat ngebantuin, tapi nanti gue pulangnya gimana. Gue harap tyas bisa ngebantuin si Vika, tapi malah ikutan bengong. Tapi akhirnya karena si mbak kasir ini nampaknya tahu kalau si Vika udah kelamaan ngejomblo and cuma bisa ngemodus, beliau bilang: "Kalau duitnya ketinggalan, bisa dicancel dulu kok."

Vika dengan sigap minta dicancel and akhirnya cuma ngebayar 3 pensil tersebut.

Setelahnya gue yang ga percaya dengan takhayul yang bernama: Tempat Pensil Mahal, segera nyamperin tempat pencil cases itu digantung. Si Vika yang malu malah cuma bisa ngumpet. Dan ternyata, harganya emang bener segitu kawan. Tempat pensil mahal itu bukan takhayul.

Akhirnya si Vika langsung ngajakin pulang cepet gara-gara malu. Untungnya dia jarang-jarang main ke Matraman.

...

Pesan (yang mungkin bisa dikategorikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan) moral dari kejadian Jumat kemarin adalah:
Jangan percaya apa yang kelihatannya murah.

That's all.

***
Disclaimer: those pictures aren't mine, I google it.

14 komentar:

  1. wahahaha.. Itu kesalahan dalam membacanya fatal sekali. :D

    BalasHapus
  2. Hal yang paling ngeri emang ketika lupa bawa uang/uang kurang waktu di kasir.

    BalasHapus
  3. Waduh sepertinya harus teliti.
    Tapi aslinya ngakak wkwk
    Sesyuatuh sekaleh ya haha

    BalasHapus
  4. awakakakakak ngakak ane bacanya, ga kebayang kalo yg beli tempat pensil itu gw -___-

    btw nice post, salam kenal, kunjungan pertama & ditunggu kedatangannya,hihihi...

    BalasHapus
  5. whahaha.. lain kali gue kalo ke gramed bawa kaca pembesar biar jelassss harganyaaa.. hahaaa

    BalasHapus
  6. Wahahaha .. Gila, untung mbaknya baik.

    BalasHapus
  7. Berarti kalo ke gramed jangan jomblo gitu ya? ah gue gak begitu suka Conan, tapi sukanya Naruto :)) Gokil lo Datafaogo!

    BalasHapus
  8. thanks dude

    besok2 kalau saya ke gramed luruskan niat ah: beli komik 1 aja, dijamin selamat ..

    BalasHapus
  9. Brrti gw ga boleh sering2 ke gramed nih T.T (re: nasib jomblowati)

    BalasHapus
  10. dat, novel shin suikoden itu harganya berapaan? kenapa lo gak beli? gue kan mau tau resensinya Y_Y

    BalasHapus
  11. kok bisa digramed dicancel yaa, biasanya yg udah masuk komputernya itu gak bisa looh..
    whhwhwa

    BalasHapus
  12. wahahha 116.500 salah baca jadi 16.500
    Kebanting banget harganya :D

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe