Selasa, 06 Maret 2012

Mainstream

Gak ikut mainstream?
Gaul gak ya?

Akhir-akhir ini masyarakat, khususnya remaja agak sering terlihat "seragam".
Bukan karena sekolah, tapi karena hal lain. Orang-orang pun berusaha untuk terlihat lebih seragam agar ngga dikecengin. Memang sih, untuk menjadi sama dengan orang lain agar tidak ditolak adalah wajar. Namun, sebenarnya apa sih yang bikin mereka pengen seragam?

Menurut beberapa netizen, keinginan untuk menjadi seragam a.k.a sama disebabkan oleh sesuatu yang lagi mainstream. Although gue ga ngerti secara detail mengenai definisi yang pasti, tapi menurut gue: mainstream = ngetrend. Orang nyebut ngetrend sebagai "mainstream" karena nyebut ngetrend itu terlalu mainstream. Oke, kalimat yang sebelumnya rada ga enak buat dibaca.

Hal-hal yang mainstream itu hadir dalam berbagai bentuk seperti, gadget, style, cara gerak, tempat nongkrong, bahkan sekolah atau kampus.

Berikut 4 hal yang gue pikir lagi rada mainstream di sebagian masyarakat.

1. Gadget Nerds



Karena gadget lagi mainstream banget, banyak orang yang pengeeeen banget punya gadget canggih, contohnya BeBe. Ortu lo lagi bingung gimana buat bayar listrik, ente dateng-dateng minta dibeliin BB. Betewe, sekarang-sekarang ini banyak banget anak muda yang oh-so-photographer. Asal pegang kamera SLR and ngerti cara ngejepret, langsung upload foto banyak-banyak.


Gadget dibuat sebenernya untuk mempermudah kehidupan kita, however banyak orang yang menggunakannya lebih untuk dipamerin doang, walau ga ngerti cara pakai dan perawatannya. Ujung-ujungnya cuma bisa mencela barang yang udah dibeli. Makanya kalo ga bisa ngerawat, ga usah beli.


2. Attention Whore / Hobi Ngejarkom
Orang yang sering ngejarkom sebenernya adalah orang yang suka atau bertugas menyebarkan pengumuman atau hal penting. In fact, walau banyak yang ga ngaku, ternyata banyaaaaaaak juga yang bela-belain beli pulsa ataupun online cuma buat mengumumkan sesuatu. Ini semua gara-gara kegiatan update status begitu mainstream.

Penting ga sih yang mereka umumin? Biasanya sih ngga penting-penting amat.
Biasanya ngumumin punya gadget canggih, baru beli barang mahal, abis nonton film, nongkrong di tempat yang kece. Contohnya orang ngetwitt: "Bokap gue beliin gue BB! Asyik!", atau, "I'm at Fotokopian".

Pokoknya "penting abis".


Orang-orang yang kaya gini biasanya cuma pengen jadi pusat perhatian doang. Padahal apa yang dibicarakan sebenarnya ngga terlalu penting, ga newsworthy.

Walau tujuannya buat mencari pujian dari orang lain, tapi kadang malah bikin orang lain kesel. Orang lain yang ngeliat pun kadang jadi iri, atau berhasrat untuk nyindir.


Orang-orang pamer yang disindir ini biasanya dengan innocent protes "Ih, mereka gitu pasti karena iri sama guweh!", padahal itu semua karena betapa smug-nya dia. Selumbar di mata seseorang keliatan, balok di kelopak mata sendiri ga keliat. Heran euy.

Atau sebaliknya, terkadang si attention whore berasal dari pihak yang diberi pengumuman. Karena si Iri Hati ini sesama attention whore, dia kesel dan berencana buat ngejatohin si attention whore. Biasanya sering banget update status yang rada negatif.


3. Bacot Gede
Nah, entah kenapa banyak banget orang yang seneng debat. Entah cuma pengen dianggap pinter atau gara-gara acara debat di TV. Atau mungkin mbacot panjang lebar dan diberi tepuk tangan sedang menjadi mainstream?

Kalo seseorang yang mengajukan argumen ini bener-bener ngerti apa yang diucapkan sih ngga apa-apa. Akan tetapi, jika orang tersebut sebenernya ga ngerti apa-apa and cuma berani ngomong doang, males pisan dengerinnya.


Biasanya perdebatan yang melibatkan si oh-so-pinter ini bakalan nyebelin.
Selain kebenaran ga akan ketemu, palingan akhir-akhirnya berantem. Mulut si bacot gede ini biasanya cepet banget dalam bicara, juga kalo ngetik biasanya sok-sokan pake bahasa baku, seperti "anda" dan "saya".

4. Fandom
Karena boysband ataupun girlsband lagi viral banget, banyak orang yang ngefans sejadi-jadinya.
Para fans yang kerasukan ini bakal rela pake nama alay, beli merchandise artis, download apapun mengenai artis, dan bahkan ngejek fansclub yang dibencinya.


Lucunya, walau ngaku udah jadi fans, terkadang seseorang cuma pengen ikut-ikutan aja. Mungkin ada sebuah mindset dalam diri orang itu bahwa jadi fans artinya ente gaul. Padahal, orang tersebut mungkin kurang ngerti soal artis atau genre musik yang dipujanya.

Karena temen gue banyak yang ngefans sama artis, gue ga berani ngomong banyak-banyak. Bisa ditempeleng. Wkwkwk.
...

Walau gue rada menjelek-jelekkan 4 contoh di atas, sebenarnya ngikutin mainstream itu ngga jelek juga. Hanya aja kadang seseorang yang tenggelam dalam sebuah mainstream menjadi begitu menyebalkan dan malah ngga sadar bahwa sikapnya makin jelek saja. Ngakunya sih pengen gaul, tetapi malah dijauhin dari pergaulan gara-gara nyebelin.

Anyway kalo elo mau ngikutin mainstream yang ada, elo harus prepare. Jangan asal ikut, karena nanti elo malah hanya terlihat bodoh karena ngga ngerti apa-apa. Dan jika sebenernya ente siap ataupun ga bisa siap, mending ente ikutin saran dari anjing keren di bawah ini.


That's all.

***
Disclaimer : le pics are generated from memegenerator.net

15 komentar:

  1. meme yang terakhir menjelaskan inti post ini :D
    fandom itu ngeselin, semua tweet dari akun fanbase diretweet, semua tweet dari artis diretweet, padahal bahasa Korea -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang bener-bener niat jadi fandom sih, ga apa-apa

      tapi kalo ga niat sih cuma bisa ngeselin, padahal ga ngerti apa-apa. lol

      Hapus
  2. temen gue lumayan yg banyak nih yg kek begini. agak miris aja sih liatnya :-/

    BalasHapus
  3. naaah, ini nih. konsep mainstream yang di kemas dengan apik. dan pas banget dengan fenomena yang terjadi sekarang.

    ada yg pernah bilang 'menjadi beda adalah istimewa' nah ini mungkin yg kadang orang gk mau lakuin ya. jadi asik ngikutin mainstream, kira-kira begitu.

    postingan manteb (y)

    BalasHapus
  4. meme yang beli pulsa itu kok gue banget yak -,-
    yang no.3 dan 4 banyak ane temuin tuh
    nice posting kakak :3

    BalasHapus
  5. wah ini memang nyata.. jelas jelas nyata.. pada kehilangan jati diri dgn modal ikut ikutan ckck

    tep mantep..

    BalasHapus
  6. ah si data jado juga nih, pake ada meme nya juga +))

    ah sama anti mainstream juga, BB pulsa nya boros batre nya boros. mending pake hape n**** c3 aja deh hahaha.

    apaan sih gaya-gayaan ngikutin trend yang ada, buang waktu, makin dikejer makin gak ada habisnya ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga males pake BB ataupun Android

      selain kocek gue yang jadi masalah utama, gue males bawa barang yang ringkih a.k.a gampang rusak

      gue sendiri pake n****n. wkwkwk

      Hapus
  7. betul betul... setuju ane gan :)

    jd diri sendiri ajalah saya mah..

    BalasHapus
  8. gw ga klo apdet status se gw sering heheh tp kebanyakan lucu2an se dat.. ga mainstream kan tu ya?? #pegang piso
    bener se abg2 sekarang asal punya dslr dah brasa jd fotografer pro heheheh.. kadang iri juga sama mereka.. ngeliat mahalnya kamera berbading terbalik sama skill and kegunaan hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mainstream ga ya??? #trollface

      kalo ada yang lagi belajar sih ngga apa-apa, tapi kalo sok and ga ngerti penggunaannya yang bener, cuma bakal keliatan seperti monkeys with a too expensive camera. lolololol

      Hapus
  9. Terkadang paling ngeselin kalau ngeliat fandom yang abal-abal, kerjaannya pada ga penting semua, ada yg sibuk jadi RT abuser idolanya sampai rela-relain buang waktu demi tweet war dengan fandom artis yg dibencinya. Padahal sepengetahuan gua, fandom di Korea itu sendiri setia dan jarang terlibat war dengan fandom lain.

    Terkadang orang-orang yg ikut mainstream itu terkesan mencari jati diri dengan cara mengikuti orang lain, entah karena terlalu takut untuk menjadi diri sendiri atau sekedar belum mendapatkan pencerahan dirinya itu seperti apa sebenarnya.

    BalasHapus
  10. Betul, be myself lebih cool. Jaman sekarang, mahal lho kalo kita bisa jadi diri sendiri. :)

    BalasHapus
  11. sekarang mah faccebook sama twitter dijadiin pamer-pamer sesuatu atau yang dia lakuin doang. heuh

    BalasHapus
  12. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe