Selasa, 08 Juni 2010

Tentang Ujian Kenaikan Kelas

Mulai dari 07 Juni 2010 sampai 12 Juni 2010, UKK kelas XI ama X SMA gw dilaksanakan.

Memang, saat ujian adalah saat-saat yang bikin lu terpaksa harus belajar lebih giat. Bagi mereka yang, yah bisa dibilang pintar seperti gw temen2 gw, cuma review sedikit aja, examination will be just a blink.

Gw sih kalo ngerjain, well, biasa2 aja alias tenang. Ga kaya siswa un-professional (bener ga sih tulisannya) yang lain. Kalo ngerjain ulangan pasti kenceng banget suaranya.

Ex:
A : Wey! Nomor 4 sampe 5 apa aja?
B : (membalas dengan kencang juga) A, B.

Kalo yang professional, ga perlu suara.
Ex:
A: Singsuit2.
B: (nengok nyari asal suara menggoda itu lalu menengok ke A)
A: (bikin isyarat angka pake jari2 + lipsync nyebutin nomor soal)
B: (menggerakkan jari2 kaya lagi make segel di Naruto sesuai dengan jawaban yg dipunya)

Enough about nyotek2nya.
Yang dipentingin itu: BACA BUKU + KONSENTRASI TOTAL.
Gw, sebagai org yg gampang kehilangan konsentrasi, harus latihan. Ex: lagi belajar, tanpa sadar buku sudah rapi di tas saat nonton. (nah loh, bingung kan).
Beberapa orang memutuskan untuk belajar dalam waktu biasa (ex: 2 jam), lalu bangun lebih pagi, biar bisa review.

Bagi beberapa orang yg tidurholic, sebaiknya mengikuti saran gw.
1. Bikin alarm yg banyak.
Kenapa? biar bisa nyempetin kita bwt ngumpulin nyawa.
Ex: Bwt yg rencana belajar jam setengah 5, bikin 3 alarm.
Alarm 1: Jam 4. Matikan, lalu tidur lagi.
Alarm 2: Jam 4.30. Matikan, langsung bangun dari tempat tidur dengan sekuat tenaga, lalu belajar.
Alarm 3: jam 4.45. untuk cadangan jika nyawa belum terkumpul benar - bisa juga biar bikin kaget kalo masih ngantuk.

2. Abis bangun cari air.
Yap, air. Temperaturnya bisa membantu dengan beberapa cara:
a. Membersihkan muka + bikin seger serta menggigil. Jangan lakukan ini jika pas bangun cuaca sedang hujan.
b. Minum air. Yes, in order to refill our body liquid. Atau juga buat yang perutnya gampang mules, kalo baru bangun dengan perut kosong, pengkonsumsian air dingn bisa melancarkan BAB. (Jangan ditiru!)

3. Langkah preventif, pra-ujian.
Yaitu dengan biasakan bangun pagi, lebih pagi daripada persiapan berangkat. Caranya? Biasakan nonton fil pagi2 ex: Death Note, (cenderung efektif untuk yg biasa masuk siang dan tukang tidur). Dengan melakukannya, maka dapat membiasakan diri untuk bangun pagi tanpa kantuk. Tentu, ini butuh niat yg kuat.

Oke, itu akhir dari ke-sok-tahu-an gw. Sekarang gw mau cerita yg terjadi pas UKK lately.

Pas pertama kali masuk, gw liat denah di lobby (read: meja piket). Ruangan gw adlh ruang 13 (bener, gw langsung nge-down pas nerima kartu ujian gara2 ini). Menurut denah sial itu, ruangan gw ada di lantai 2. Tepatnya di atas ruang guru.

Gw naik, n langsung terpaku di depan kelas yg semestinya jadi ruangan gw. Di pintunya terpampang sangat jelas:
RUANGAN 5
Kupret.

Maka, gw nyari2 kelas gw. Dari lantai atas lalu ke bawah. Adapun hasilnya menyebalkan: ternyata ruangan gw ada di samping kiri lobby.
...

Setelah kejadian yang tidak menyenangkan itu, gw cuma bisa ngerjain ulangan tanpa rasa senang, namun tenang.

Esoknya, hari kedua.
Gw belajar pagi2, pas nyokap berangkat kerja, gw langsung ngeberesin perlengkapan sekolah, bikin milk + bread, nyalain TV, and the goal is to read Marmut Merah Jambu.
Karenanya, semua yang gw pelajarin 5 menit yang lalu, hilang kabeh.

Di angkot perjalanan ke school, daripada ngebuang waktu, mending baca buku pelajaran MMJ lagi. Sambil cekikikan nungguin nyampe, gw baca MMJ. Supir angkotnya pun ngelirik2 liat buku MMJ, ampe2 ada yang mau turun di ngga berhenti.

Wokeh, nyampe school gw kekkai buku tersebut biar gw fokus belajar. In fact, gw ga belajar lagi.

Ulangan ekonomi ternyata tidak sesulit ulangan hariannya. Mengapa? Gw banyak ngasal ngisinya. LOL. Next, ulangan sejarah. Awal2 mulai, si mba manggil gw.
"Dat..."
"Apa?"
"Soal no.12, jawabannya E bukan?"
gw langsung ngeliat soal yang dia maksud.
"LOL, iy"

penasaran? begini pertanyaanya: (seinget gw aj, y)
(disebelah kiri soal, ada gambar kartini) Buku apa yang dia tulis?
A. Max Havelaar
B. Habis gelap terbitlah terang
c. (lupa)
d. (lupa, bahkan urutannya, kecuali E)
e. HABISLAH KESABARAN WANITA INDONESIA (?????)

sumpah, yg bikin soal pasti lagi sensi ama cowo. LOL

udah ah, that's all 4 today's post. sorry jika membingungkan, hey para orang2 pintar. LOL

Bye.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe