Jumat, 03 Juni 2011

Repost

Salah satu cara singkat menuju ketenaran sesaat.
Satu lagi keajaiban copy-paste.


Bloggers dan netizens pasti udah pada tau kalo banyak banget blog yang menyediakan tulisan-tulisan unik mengenai dunia. Mulai dari kehidupan, teknologi, sampai rahasia-rahasia dunia yang kadang kurang masuk di akal kita yang dipersempit. Siapa sih yang nggak bakalan tertarik dengan pengetahuan yang aneh begitu? Blog-blog yang berisi tulisan yang seperti itu, biasanya populer sekali. Jumlah followers dan readernya pasti banyak sekali. Bisa dibandingkan dengan mereka yang mengisi blognya dengan keseharian mereka. Jauh sekali dibanding dengan mereka yang menulis pengetahuan yang fantastis dan menggoda sekali untuk dibaca.

Bloggers dan netizens juga pasti udah pada tau kalo banyak sekali blog yang memiliki tulisan yang sama. Bahkan identik sekali sampai ke tanda bacanya. Blog A punya, blog B punya, bahkan sampai ke tangan blog Z pun memiliki tulisan yang sama persis. Kenapa bisa begini? Apakah mereka memiliki ikatan batin yang keterlaluan hebatnya sehingga memiliki pemikiran yang sangat identik? Atau, ada hal lain?

Hal ini disebut REPOST.

Kaskusers pasti udah pada tau tentang istilah repost. Thread starter ini sudah nulis tentang ini, eh thread starter lain menuliskan hal yang sama persis. Tentu saja hal ini akan membuat thread starter yang memiliki tulisan original tersebut akan merasa tersinggung dan tidak dihargai. Beberapa orang pasti juga ngga suka orang yang repost, tapi banyak juga orang-orang yang sebenarnya pengetahuannya tidak terlalu tinggi dan mungkin kurang terdidik yang mengganggap kalau repost itu ngga apa-apa, yang penting tulisannya menarik.

Selain di Kaskus dan forum lainnya, keberadaan tulisan repost pun sudah dikenal dalam dunia blogging.

Apa jeleknya Repost?
Well, orang-orang awam pasti sudah hobi banget ngatain orang sebagai plagiator. Yap, para orang yang seenaknya merepost tanpa persetujuan dari penulis originalnya juga bisa disebut sebagai plagiator. Mengapa? Karena orang tersebut seenaknya saja menyalin tulisan orang lain yang mungkin sudah ditulis dengan susah payah. Yap, orang yang merepost itu tinggal memblok tulisan, klik kanan, copy, lalu mempastenya di blog miliknya. Selain tanpa izin, banyak juga orang yang tidak mencantumkan sumber darimana tulisan asli tersebut dibajak.

Tentu saja ini sebenarnya melanggar Hak Cipta. Tanpa izin, seenaknya membajak tulisan orang lain tanpa mau lelah membuat tulisan original hasil pemikiran diri sendiri. Juga banyak orang yang menganggap bahwa mereka yang terlalu terbiasa untuk merepost tulisan orang sebagai orang rendahan. Orang-orang malas yang ingin tenar tanpa harus banyak berusaha. Walau demikian, ngga semua seperti itu. Mungkin, banyak juga yang sudah minta izin, namun beberapa orang yakin bahwa reposters biasanya dengan seenak perutnya mengcopas tulisan orang lain.

Bagaimana melindungi tulisan kita dari reposters?
Hmm, mudah, kita hanya perlu mengedit kode HTML blog kita, sehingga orang tak akan bisa menyalin tulisan kita. Sebenernya gue pengen nulis kode HTML beserta caranya disini, tapi sebaiknya anda cari sendiri di google dengan keyword: "mencegah copy paste artikel" atau keyword lain yang memiliki maksud yang sama.

***

Akhir kata, saya ingin berpesan kepada semua orang, khususnya pembaca blog ini. Janganlah jadi pembajak tulisan orang lain. Hargailah tulisan orang lain kalau mau tulisan milik kita jadi berharga. Tetaplah berkarya, jadilah orang yang kritis dan kreatif. Stop repost!


That's all

1 komentar:

  1. It's cool dude..!!! Nice :)) That's why you put Copyscape on the bottom in your Blog? Keep it cool dude... :)

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe