Kamis, 20 Oktober 2011

Kuliah Lo dan Kuliah Gue

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.
Beda jurusan, beda pula urusannya.

Semenjak gue kuliah, kesibukan gue makin bertambah. Bertambahnya kesibukan ini kadang menjadi (read: dijadi-jadiin) alasan bagi gue untuk tidak menulis postingan, padahal kepengen. Kadang pula gue berpikir mungkin kesibukan gue ini cuma mindset buatan otak gue aja. Mengapa demikian? Gue sering denger kalo jadi mahasiswa itu bakalan so sibuk tingkat UN that gue pun ter-demotivated untuk tidak nulis a.k.a males.

Anyway tulisan gue kali ini kayanya bakalan rada panjang, so bersiaplah. Atau kabur sajalah.

...

1. Perihal Berangkat
Aktivitas harian gue sebagai mahasiswa (baru) bermula dari keberangkatan. Bangun subuh-subuh, sarapan sambil ngantuk, mandi, dan berangkat. Tapi berangkat tanpa matahari dan pulang ditemani bulan bukanlah hal yang gue pengen. Sebab gue belom jadi karyawan yang haru bangun pagi-pagi buta buat berangkat kerja gara-gara takut kejebak macet.

Anyway, gue juga sering banget berangkat earlier gara-gara gue ga mau kena macet. Males banget kalo kena macet apalagi kalo gue ga kebagian tempat duduk, rasanya kaya abis ngedenger omongan yang nyelekit, sakit banget. Yang bikin tambah ngenes adalah kenyataan yang harus gue lihat. Yap, gue kena macet di tempat yang seharusnya bisa dijadiin tempat nge-drag kenceng-kenceng, which we call as Jalan Tol. Yeah, siapa yang ga ngenes kalo kejebak macet ditempat yang katanya lancar?

Tiap kali gue berangkat, gue selalu berdoa. Di doa tersebut, gue sempilin satu point penting: "Tolonglah agar saya bisa dapet tempat duduk di bis.". Dan ajaibnya kalo gue berdoa demikian, chance gue buat dapetin bangku makin tinggi, walau kadang keduluan sama bapak-bapak. Bangku di bis memang selalu jadi inceran siapapun. Apalagi kalo perjalanannya jauh dan bisa kena macet.

Gue kalo di jalan selalu ngeliat keluar. Sehingga jalanan keliatan kaya check point yang bisa bikin gue tambah seneng ataupun sebaliknya. Checkpoints tersebut adalah:
  1. Pintu Tol Citeureup
  2. Gerbang Tol Cimanggis
  3. Cibubur Junction
  4. Cibubur Square (rest area)
  5. Jakarta Outer Ring Road
  6. Taman Mini
  7. Gerbang Tol Cililitan
  8. Tikungan ke Tol Ir. Wiyoto Wiyono

Nah, dari sekian banyaknya checkpoint, yang bisa bikin ngenes adalah poin nomor 5-8. Yeap, keempat tempat tersebut masih berada di dalam wilayah jalan tol, however tempat-tempat itu terkenal banget akan kemacetannya di pagi hari. Kadang gue ngerasa kalo jalan raya biasa jauh lebih lancar ketimbang jalan tol yang gue lewatin.

Setelah keluar tol, ngelewatin Prumpung dan Pisangan, gue turun di Utan Kayu or Rawamangun. Lalu gue jalan kaki dari By Pass sampe ke kampus. Lumayan buat ngirit ongkos dan bisa bikin sehat.

...

2. Kuliah dan Lainnya
Gue pernah dibilang kakak kelas kalo gue sering jadi pendatang terpagi a.k.a kepagian. Gedung masih ditutup gue udah nangkring begitu. Karenanya gue pun akhir-akhir ini sering memundurkan waktu kedatangan gue.

Nah, selama ini gue santai-santai aja kalo kuliah. Kalo masuk ke kelas itu suasananya asyik, malah kadang gue lupa dan berpikir kalo gue lagi ada di tempat les. Habisnya kami sering banget diskusi berbagai hal di kelas. Bahkan kemarin (tanggal 18) kelas Diction in Discourse malah nyanyi-nyanyi di menit-menit terakhir. Dosen gue dengan piawainya ngiringin pake gitar. Serius, dia jago banget. Saking asyiknya nyanyi dan terpukau dengan keahlian sang dosen, kelas gue pun lupa kalo kelas semestinya udah selesai sekitar 20 menit yang lalu. So far so good lah. Tapi yang kadang bikin bad mood adalah tugas. Habis seneng-seneng di kelas, eh dapet tugas.

Oh iya, selama lagi kuliah ataupun nunggu kelas, gue sering banget sempet-sempetin buat ngegambar and here are some pics by my hands:
Foster (inspirated from Golbez)
Mahkin - Commander

Mahkin - Guard

Tho - Afmarmus
Mahkin - Skull & Priest
suster ngesot











Kalo udah selesai kuliah, biasanya jam istirahat kami pake untuk makan ataupun istirahat di masjid. Kalo makan ke kantin, biasanya nyari tempat yang kosong and makan dengan satu tema. Temanya kadang bermacam-macam, which are warteg, nasi goreng, bakso, ketoprak, de el el. Dan kalo udah puas makan, biasanya langsung cabut keluar dari kantin (tentunya setelah bayar) untuk ngadem karena kantin panasnya nuajubileh.

Oh iya, khusus hari Rabu, kelompok cowo kelas gue biasanya nangkring di masjid. Selain untuk sholat, katanya untuk melakukan ibadah lain: tidur. Gue kadang pengen ikutan tidur tapi gue takut kebablasan.

...

3. Kepulangan
Nah, saat ini gue masih jadi kupu-kupu. Kalo kuliah udah abis, biasanya ngebet banget pulang. Kalo pulang jalurnya ya hanya kebalikan dari berangkat. Jalan kaki terus nungguin bis. Nah, biasanya gue sering nungguin bis bareng tumbal ketua kelas named Bimo dan kadang sama satu lagi cowok yang namanya Intan.

Aktivitas menunggu bis ini bisa mempererat tali persahabatan karena kami bisa makin mengenal masing-masing dengan lebih baik. Tapi kami sama sekali ngga ngobrol macem-macem. Maksud makin mengenal ialah gue tahu kalo si Bimo paling ga seneng dikalahin. Sebenernya gini, kalo nungguin bis itu biasanya adalah semacam perjudian. Bis siapakah yang dateng duluan? Bis gue, Bimo atau si Intan?

Kalo bis gue atau Intan yang dateng duluan, si Bimo langsung bereaksi, "Ah, ga asik lo!". Tapi kalo bis dia yang dateng duluan, dia langsung semangat 45, "Hey! Duluan ya!". Apalagi kadang kalo dia udah naik bis, dia sempetin buat sms, "Steviee, duluan ya! Hahaha!".

KAMPRET.

Tapi akhir-akhir ini Intan udah ga pernah naik bis lagi, dia lebih sering naik motor. Mungkin karena dia ga seneng di-dadah-in si Bimo. Walau ada kemungkinan dia bisa kena tilang di tengah jalan.

Setelah acara dadah-dadahan, ya gue naik bis. Kalo gue dapet tempat biasanya gue males banget nyerahin ke orang lain. Tapi walau demikian, gue ga seneng kalo ada bapak-bapak yang oh-so-masa bodo kalo ada cewe (cakep, bukan yang jelek!) ataupun nenek-nenek yang berdiri. Although gue sendiri sering banget masa bodo ha, ha, ha (termakan ucapan sendiri).

...

Nah, begitulah gimana gue kuliah. Mungkin masih bisa agak santai gara-gara baru semester satu, semester kedepannya sih... entahlah. Yang penting gue ngga seribet temen-temen yang ada di tempat atau jurusan lain. Gue ngeliat seolah mereka sedang merana dan penuh keluhan.

So, gimana dengan kuliah atau aktivitas lo? Sesantai gue atau lebih ribet lagi?


That's all.

4 komentar:

  1. itu apa deh gambar yg terakhir =.=
    kenapa harus suster ngesot??
    btw, panggilan dari Bimo kek nama cewek wkwkwk :P

    BalasHapus
  2. Huahahaha...ada aktivitas tebaka2an bis siapa yang dateng duluan -__-" Trus, yang bikin ngakak, lu bisa menandai suatu jalan ada check pointnya..dikira arena balap. :D

    BalasHapus
  3. untungnya kampus saya bisa ditempuh dengan perjalanan kaki selama 15 menit saja.
    salah satu keuntungan memilih kontrakan di daerah lingkar kampus :)

    BalasHapus
  4. Oh gitu ya? Ternyata jauh juga kuliah lo Ven. Dari Jagorawi naik bis apaan? Lo berangkat dari rumah jam berap coy??

    Depok masih mendingan loh.. hehe.. ane cuma 1 setengah jam nyampe ke kampus kalau gak cuma 50 menit saja! Depok mah itungannya dekat ama Cibinong.. hehe.. :D

    Kalau masalah kuliah, semester 1 memang masih agak santai-santai aja.. Tapi kalau udah sem.5 wah bisa gawat lo. banyak tugas menanti broo.. blm lagi mikirin PI trus Skripsi dsb. Ane aja yang udah sem.5 gak terasa udah dikit lagi. Cuma tinggal 3 semster lagi ane kuliah..
    so, you should be prepared well.

    Wish you all the best lah Ven.. GBU broo.. :)
    Gambate Kudasai!!

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe