Sabtu, 19 November 2011

Bis

Pergi sebelum matahari terbit.
Pulang saat matahari terbenam.

Kalo ngeliat dua kalimat pembuka tersebut, mungkin orang yang ga kenal gue mikir kalo gue semacam om-om atau yang kerja keras demi mendapatkan calon istri. Tapi tenang, gue bukan om-om. Gue masih 17 tahun, masih unyu-unyunya walau muka gue sendiri... begitu deh. Gue juga masih berstatus sebagai mahasiswa baru yang masih dongo-dongonya kuliah.

Nah, beberapa dari kalian pasti udah tau gimana caranya gue berangkat dan pulang kuliah. Dari begini, begitu, dan begono. Anyway kayaknya postingan ini adalah sekuel dari postingan yang udah pernah dipublish sebelumnya. Dan hari ini gue akan menceritakan salah satu benda yang berjasa dalam kepergian gue.

...

Summary
Setiap hari gue mondar-mandir antara Gunung Putri-Rawamangun buat kuliah. Setiap harinya tanpa absen, untuk sampai ke Jekardah gue mesti naik benda berbentuk balok besar yang berjalan. We called it bus.

Bis yang gue naikin ngga cuma satu jenis aja, ada beberapa jenisnya. Mulai dari yang alhamdullilah, sampai yang naudzubillah. Bis-bis ini berbeda mulai dari jurusan, tarif ongkos, dan kenyamanan. Dan gue tentunya lebih memilih bis yang nyampe paling deket ke kampus serta bikin gue nyaman. Walau gue jarang banget bisa nyaman di bis, gue sendiri lebih sering berdiri.

Although gue harus berdiri, gue lebih seneng berada di bis yang kondisinya lumayan bagus dan AC-nya ngga palsu. Bukannya songong, jujur aja gue ga seneng berada di bis yang umurnya udah sepuh. Kalo naik bis sepuh tersebut gue sering berpikir bahwa gue ngga lagi ada di atas bis, tetapi gue sedang berada di dalam bongkahan barang rongsok yang dijalankan dengan mesin.

Perkara Bis AC
Walau bus jelek sudah terjamin (terjamin jeleknya, panasnya, dan goncangannya), gue masih kurang sepenuh hati  mempercayai bis AC yang bagus. Asal elo tau ye, bis AC itu adalah salah satu contoh konkrit yang paling nyata dari sesuatu yang masyarakat ababil sebut sebagai PHP. PHP disini bukanlah sesuatu yang berhubungan dengan pemrograman web, tetapi PHP merupakan singkatan dari Pemberi Harapan Palsu.

Mengapa bus AC disebut sebagai PHP? Karena gue sering banget di-PHP-in sama bis AC. Gue tuh sering banget ngarep sama dia, dan sepertinya dia juga ngasih harapan sama gue. Eh, tapi pas gue udah masuk kedalamnya, ternyata dia cuma ngasih harapan palsu. Sakit kan kalo di-PHP-in?

Oke, gue mulai babbling kebanyakan. Well, banyak bis AC yang nipu. Pada awal elo naik tuh bis, elo bakal bersyukur banget sampe ngerasa kedinginan. Tapi pas elo udah di tengah jalan, elo bakal mulai ngelap keringet. Yap, banyak banget supir ataupun kernet yang curang dengan mematikan AC atau menaikkan suhu AC di tengah jalan. Padahal setiap penumpang udah ngebayar lebih mahal biar ngerasa sejuk di bis.

Berikut ciri-ciri bis AC tapi PHP:
  • Bisnya AC, tapi supir atau kernetnya suka ngadem dengan membuka jendela
  • Banyak orang kipas-kipas di bis AC
  • Elo duduk tepat di bawah lubang AC bis yang diarahin ke kepala lo, tapi rambut elo ga ketiup sama sekali
  • Elo ngerasa pengap di bis AC
  • Kaca bis yang terpapar sinar matahari terasa hangat
  • Ngga ada tumpahan air di kaca (air berasal dari pembuangan AC)
  • Kacanya ngga berembun
  • Besi di jendela ngga dingin
  • Elo kegerahan di bis AC
Nah. Cuma segitu aja sih yang gue inget. Tapi yang penting jangan menaruh harapan terlalu lebih kepada bis AC. Asal elo inget, bahwa ngga semua bis AC kaya begono. But, tetep sabar aja ya kalo di-PHP-in.

Ongkos dan Ngetem
Ongkos bis tentu saja tergantung keadaan bis dan jarak yang elo tempuh. Semakin bagus bisnya, biasanya tarifnya lebih murah. Dan kalo tujuan elo ga terlalu jauh, ongkosnya cukup murah. However terkadang penampilan dan status elo pun berpengaruh dalam penentuan ongkos.

Contohnya beberapa kali gue udah liat di bis. Gue duduk dan di sebelah gue ada cewek yang cukup cantik. Tujuan turun kami sama. Gue harus bayar sekitar Rp. 8.000, dan lo tau? Cewek di sebelah gue yang udah naik duluan dan turunnya sama kaya gue cuma bayar Rp. 6.000. Kampret. Tuh kernet tau aja mana cewek cantik, mana cowok blangsak. Selain penampilan, kalo elo ngomong "Bang, anak sekolahan bang.", ada kemungkinan kalo ongkos elo bakal dimurahin. Except abang-abangnya mungkin trauma dengan masa sekolahnya, sehingga ongkos elo ga dimurahin.
Loncat ke soal ngetem. Berbeda dari angkot, ngetem-nya bis ini ngga sembarangan karena mereka udah punya jadwalnya masing-masing. Bis cuma bisa ngetem dipangkalan atau terminal, tapi angkot bisa ngetem puluhan kali di sepanjang perjalanan. Walau udah terjadwal, bis kadang-kadang lama banget datengnya.

Khusus bis yang ngelewatin tol. Kadang elo udah naik dari terminal, dan di terminal itu udah ngetem cukup lama. Lalu pas elo mulai bersyukur bisnya jalan menuju jalan tol, tiba-tiba rasa syukur lo hilang. Biasanya bis masih suka ngetem atau nyumpelin penumpang di pintu tol. Kadang sampe setengah jam bisnya ngetem di deket pintu tol.

Penumpang dan PeNUMPANG Bis
Penumpang tentu saja anda dan orang lain yang naik bis untuk sampai tujuan. Penumpang ini beragam. Ada nyokap-nyokap yang suka pura-pura ngedorong tasnya ke cowok yang lagi duduk biar dikasih duduk, ada cewek muda yang kadang suka sok rempong di bis, ada bapak-bapak yang kadang ngangkangnya lebar banget sampe makan 2 bangku sekaligus.

Dari sekian banyak penumpang, ngga banyak yang mau ngalah soal ngasih tempat duduk. Contohnya gue. Gue sendiri jarang banget mau ngalah. Gue juga belum pernah ngasih tempat duduk buat ibu-ibu ataupun cewek kece. Ini gue lakuin bukan karena ego gue, tapi gue pernah liat ada aja orang yang nyuri tempat duduk. Si A mau ngasih tempatnya kepada seorang ibu-ibu bernama B. Tapi ada pemuda tanggung yang bernama C ngembat tempat duduk si A pas lagi dikasih ke B. Si A bilang kalo tempatnya buat si B, tapi si C masa bodo. Nah, gue ga mau ngasih kesempatan kepada C lainnya yang suka ada di bis.
Selain penumpang, ada yang gue sebut sebagai peNUMPANG. Kata numpang gue gedein soalnya mereka naik bis bukan buat sampai tempat tujuan, tapi numpang nyari duit. Ada pengamen, gue bersyukur dengan keberadaan mereka, kalo nyanyinya bagus. Ada pedagang asongan, gue bersyukur kalo mereka jualan barang bagus dan murah. Ada lagi... well gue ga tau apa namanya. Tapi gue sebut aja 'Preacher', a.k.a Tukang Khotbah.

Khotbah di sini bukanlah seperti khotbah di tempat ibadah. Khotbah disini kebanyakan berisi kata-kata persuasif yang agak intimidatif. Para Preacher cuma naik bis, ngebacot panjang kali lebar lalu minta duit. Kadang kalo ga dikasih duit, dia ngejek. Kampret kuadrat kan?
Bukannya gue ga mau ngerti sama keadaan para Preacher ini. Gue cuma ngga seneng sama kelakuan mereka. Cuma ngomong sesuatu yang kosong, nyalahin pemerintah, curhat mengenai keluarga, lalu minta duit. Okelah emang kita sebaiknya nyumbang biar 'masalah' mereka agak tuntas dikit. Tapi kebanyakan dari mereka itu terlihat masih bisa bekerja. At least kerja di pabrik menurut gue lebih baik buat mereka, daripada minta duit ke orang lain.

Tips-tips
Nah, gue ga akan ngasih tips tentang kewaspadaan di bis. Ngga, gue bosen banget ngedengernya. Karenanya kali ini gue akan ngasih tips berbagai hal dalam naik bis. Check it out:

1. Perhatikan sekeliling dan lihailah dalam bergerak
Saat nungguin bis elo mesti liat dan kalo bisa hafalkan orang di sekeliling elo. Analisa tujuan mereka. Dan ambil ancang-ancang kalo ternyata tujuannya sama. Mengapa? Sebab mereka adalah pesaing elo. Elo akan bersaing dengan mereka untuk dapet duduk. Kalo elo lengah, tempat duduk elo akan direbut. Istilahnya, untuk memenangkan perang, elo harus mempersiapkan diri lo dengan perbekalan yang cukup sehingga tidak ditebas lawan terlebih dahulu.

Selain ambil ancang-ancang, di rumah sebaiknya elo latih kelincahan, kelenturan, dan kecepatan lo. Kadang bis ngga akan berhenti tepat di depan elo, sehingga elo harus lari dan mengejarnya. Nah, agar ngga keduluan elo harus lari sekencang-kencangnya. Dan jika di depan lo ada pesaing yang ngehalang, gunakan kelincahan lo untuk menyalip dan kelenturan tubuh lo untuk menyelip di antara mereka.

Niscaya, elo bakal dapat tempat terbaik dan bisa nyaman di bis.

2. Jika anda terpaksa berdiri
Kalo elo nyadar kalo elo ga akan dapet tempat duduk, segeralah naik dan berdiri di bagian tengah ruangan bis. Karena jika elo ada di ujung, elo akan kejempet seperti tumpukan ikan tuna yang dijaring. Selain itu, kalo elo berada di tengah, elo bakalan nyaman abis. Selain ruang nafas dan gerak lo lega, elo masih bisa nyender ke samping kursi.

Goncangan bis terkadang membuat penumpang yang berdiri terjatuh. Kadang saat goncangan tersebut, tangan anda lepas dari pegangan dan memegang tangan atau mencaplok kepala orang lain. Karenanya latih otot tangan dan kaki kalian di rumah. Pas di bis, cobalah berpegangan ke tempat-tempat yang nyaman dan lebarkanlah kaki kalian. Niscaya kalau ada goncangan, palingan pinggul lo doang yang goyang.

3. Bayar ongkos pake uang gede
Kadang mungkin elo bermasalah dengan pecahan uang Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Sering kernet suruh kita ngasih duit yang lebih kecil. Nah, gue punya solusinya.
  1. Pindahkan uang pecahan kecil dari dompet ke tempat yang aman, sisakan pecahan besar
  2. Lalu sambil berkata "Cuma ini doang bang..." dengan sedikit memelas, tunjukkan dompetmu ke kernet bahwa hanya uang besar yang lo punya
  3. Setelah menerima kembalian, taruh kembali uang pecahan kecil yang lo punya
Dengan demikian lo bakalan bisa nuker uang gede ke pecahan yang kecil-kecil.

4.  Kalo pengen turun
Nah, jauh sebelum elo naik bis, sebisa mungkin elo latihan fisik dan bina mental dulu, sebab ini akan bermanfaat banget. Biasanya kalo bis lagi penuh, lo bakalan kesusahan untuk menuju pintu keluar. Sebab lo harus melawan arus orang-orang yang lagi berdiri. Kadang makan waktu lebih dari 5 menit untuk keluar. Karenanya kalo tujuan lo udah agak deket, cepet-cepet pergi menuju pintu keluar.
Saat diterpa belasan badan penumpang yang ga mau geser, hasil latian fisik lo akan berguna. Lo akan bisa menerobos mereka yang ga mau geser. Selain itu hasil bina mental lo akan bermanfaat untuk meng-ignore keluhan dari mereka yang elo tabrakin.

5. Pencitraan
Mungkin anda sering merasa kurang pede di tempat umum, salah satunya di bis. Nah, tiap-tiap penumpang selalu memiliki posibilitas untuk mengalami hal yang memalukan di bis. Contohnya jatuh, ketawa kekencengan, kentut, bau ketek, dan lainnya. Karenanya anda pun pasti berharap orang-orang akan melupakan diri anda.
Nah, berhentilah berharap. Sebab orang-orang selalu mengingat hal memalukan tersebut, apalagi muka orangnya. Makanya sebisa mungkin gunakanlah masker atau penutup wajah sehingga anda bisa dengan leluasa bertindak konyol tanpa takut diingat orang lain.

Selain itu, agar anda dihargai orang lain di bis, anda harus tahu cara bersikap. Berikut saran-saran saya:
  1. Jangan cengengesan. Berhubungan dengan wibawa.
  2. Jangan joget saat ngedengerin musik. Berhubungan dengan harga diri.
  3. Jangan bongkok. Berhubungan dengan persepsi orang.
  4. Jangan rempong. Berhubungan dengan keluhan orang.
  5. Jaga cara batuk dan bersin. Berhubungan dengan kecakepan.
  6. Jangan ongkang-ongkang kaki di bis. Berhubungan dengan kelas sosial.
Minimal dengan enam hal tersebut, orang lain akan menganggap bahwa anda ini cukup berwibawa, cakep, terhormat, dan memiliki tata krama yang baik.

6. Hindari penumpang menyebalkan
Ini yang paling serius kawan. Selain kondisi bis, para penumpang pun bisa bikin mood lo jelek. Hindari mereka yang gue sebut berikut ini:
  • Tante-tante ngejreng
  • Abang-abang bau ketek
  • Bapak-bapak garang
  • Kumpulan orang yang saling kenal
  • Orang bertampang dongo
  • Orang yang bawa barang banyak
  • Dan lainnya
Mereka semua gue sebutkan sesuai dengan pengalaman gue di bis dengan mereka.

Gue mulai dari tante-tante ngejreng dan abang-abang bau ketek. Tante ini biasanya ga mau kena sentuh orang lain  seolah paling bersih dan juga selalu nutup hidung seolah paling wangi, padahal wanginya nusuk hidung banget. Di lain hal, Abang ini sering banget nyenyuh orang lain, nyebarin keringat dan ngangkat ketiak seolah ga ada  masalah apa-apa.

Bapak garang seringkali makan tempat. Baik saat berdiri maupun duduk. Dia ini paling ga mau geser. Sedangkan orang tampang dongo paling mau geser. Misalnya elo lagi geser dikit badan elo biar ga pegel, nah tempat sebelum lo geser pasti langsung dimakannya. Orang yang barangnya banyak juga sering bikin sempit. Ga jarang elo bakal kesandung barangnya yang ada di lantai, keseruduk tas besar yang digendongnya, atau kejatuhan barang yang lagi dipegangnya.

Dan yang paling nyebelin adalah orang yang saling kenal duduk atau berdiri rame-rame. Mereka biasanya ngobrol rame-rame dan berisik banget. Kalo telinga elo tajam, mungkin lo bakal nyadar bahwa elo adalah salah satu topik bahan ketawa mereka.

Karenanya, sebisa mungkin hindarilah mereka. Jujur aja, selain sama cewek idaman, mereka itu bikin gue GILA. Kadang gue menyengkram pegangan kenceng-kenceng. Atau menggeram sedikit karena kesel. Pokoknya kalo ketemu mereka, saldo dosa pikiran nambah terus deh.

...

Baik, demikianlah tulisan gue tentang bis serta segala macam tips bagi anda dalam hal menaiki bis. Dengan demikian berakhirlah tulisan hari ini. Saya Stevanus, serta celana dalam yang bertugas mohon undur diri.

That's all.

6 komentar:

  1. hmmm.. pantas ijadikan objek penelitian nih,
    hahha.. jadi lo tiap hari pake masker gitu biar ga kelihatan kalo lagi ketawa dan sebagainya?
    hahaha

    BalasHapus
  2. nggak setiap hari naik bisa sih, tapi bisa disimpen buat jaga2 kalo naik bisa nanti :D
    kalo di bis gue biasa pake prinsip, "alah nanti jg nggak bakal ketemu lagi" jadi cuek aja, haha

    BalasHapus
  3. eh tapi kadang gue kalo ngasih uang gede eh kernetnya kedepan-depan nyari kembalian sekalian ngumpulin uang.pernah gue ampe mau turun belom dikasihini kembaliannnya. haha

    BalasHapus
  4. Nggak pernah naik bis dan nggak pernah pengen. :D

    BalasHapus
  5. Wow lengkap banget...

    Udah berapa tahun naik bis? abang ini supir? #plakk.

    Love this post sooo much. aku juga suka naik bis dan sering menemui hal2 seperti yang disebutkan tadi

    hehe. keep posting :)

    BalasHapus
  6. Wew, memang ga ada yg bener ya di Indonesia ini...ckckck

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe