Kamis, 19 Januari 2012

We Are EQUAL

Selain toilet, di beberapa fasilitas umum menyediakan daerah atau layanan khusus bagi wanita.
Efeknya?


Oke hari ini gue pengen bahas pendapat gue tentang layanan khusus bagi kaum cewek. Pertama-tama gue minta maaf banget banget banget kalau ini bikin pembaca tersinggung. But gue cuma mau nyampein pendapat gue aja, bukannya menyalahkan satu pihak atau kelompok.

...

Well, elo tahu sejak ada yang namanya kasus pelecehan seksual di angkutan umum, contohnya kereta, muncullah area khusus yang diperuntukan hanya bagi kaum hawa saja. Daerah ini dibuat untuk melindungi  cewek dari para pria mesum yang nyari-nyari kesempatan di tengah sempitnya gerbong kereta. However kadang-kadang masih aja ada cowok yang nyasar masuk ke gerbong tersebut. Biasanya cowok yang nemplok di gerbong tersebut bakalan ditatap sinis oleh penumpang, lalu didepak oleh si petugas.

Anyway sebelum munculnya gerbong khusus perempuan tersebut, sudah muncul beberapa pelayanan khusus bagi kaum wanita. Contohnya ladies first dan lainnya. Biasanya layanan ini diberikan oleh para pria gentlemen yang baik hati (termasuk yang semata-mata cuma mau mikat si cewek),. You know, banyak dari kita yang berpikir bahwa perempuan adalah makhluk yang halus dan juga lemah.

Nah yang gue pengen bahas adalah efek layanan khusus untuk perempuan di Indonesia.

Well, gue ingetin bahwa gue ga ngomongin tentang semua wanita, tetapi sebagian kecil aja. Gini, pernahkah anda merasa, bagi cowok pernah disuruh ngalah atau bagi cewek, anda pernah minta cowok lain buat ngalah? Ga usah jauh-jauh, coba inget aja pas masa lo SMP-SMA, mungkin pernah.

Bayangkan anda masih di bangku SMA, coba aja kalo lagi ngantri ngumpulin tugas ke guru, kadang-kadang temen cewek ada yang nyeletuk, "Eh, cowok ngalah dong. Ladies first!".

Bisa kita lihat bahwa layanan khusus dari cowok yang awalnya diberikan cowok demi kesenangan cewek, akhirnya dituntut oleh cewek-cewek Layanan khusus yang awalnya diberikan dengan cukup ikhlas akhirnya malah berubah menjadi kemanjaan bagi beberapa cewek yang udah nyaman dimanja-manjain.

Gue ga tau, apakah Ladies First emang udah jadi hak cewek? Atau sebenarnya hanya sekedar kewajiban cowok?

Asal lo tahu, dengan adanya perlakuan khusus bagi wanita, ada aja cewek yang jadi lenjeh and nuntut banget-banget-banget soal perlakuan khusus gitu. Cewek-cewek tersebut bilang seolah mereka berhak karena mereka "lemah", padahal gue yakin bahwa ga semua cewek itu lemah. Dan ga ada cewek yang mau dianggap lemah.

...

Contoh lain:
Waktu itu gue naik angkot sama temen gue, tentunya dia cewek. Nah, waktu itu hujan lagi deras banget and ada pohon tumban ngehalangin jalan. Karenanya angkot yang kami naiki serta kendaraan lain tidak bisa lewat. Waktu itu temen gue ngomong, "Tuh, dat. Bantuin pinggirin pohonnya tuh, kaya bapak-bapak itu.". Well, gue balik nanya, "Emang harus gue ya? Kenapa ngga elo aja?". "Kan soalnya gue cewek.", jawab dia santai.


Gue langsung ngerasa gedeg. Soalnya gue udah beberapa kali denger jawaban seperti itu dari beberapa cewek lain. Mereka pakai alasan "Kami ini cewek" seolah kaya cewek itu tinggal duduk manis and tunggu hasilnya. Well, emang sih kan sebaiknya cowok-cowok yang wajib berjuang keras. Yang gue ga setuju itu, kenapa kok dijadiin alasan buat males dan manja? Bahkan gue bingung, kok ada aja beberapa cewek yang merasa benar dengan menggunakan alasan itu.

Yang paling aneh itu, ada aja cewek yang sepertinya salah alasan. Dia bilang "Kan emansipasi wanita. Harkat wanita dinaikin dong, jangan kaya dulu.". Gue bingung. Dulu kan pas masa-masa TV belom muncul cewek masih sering dianggap rendah, dan cuma boleh UUD (Ujung-Ujungnya Dapur). Setahu gue emansipasi itu diperjuangkan agar cewek ngga lagi 'dikurung' di dapur. Perjuangan tersebut adalah agar cewek dan cowok itu sama rata. Sama sejajarnya seperti posisi rusuk Adam yang diambil untuk menciptakan Hawa. Tetapi alasan emansipasi kadang-kadang disalahgunakan sebagai alasan untuk naikin prioritas wanita di atas pria.

...

Satu lagi contoh yang membuat gue pengen nulis postingan yang berantakan ini.

Tadi pagi. Kamis 19 Januari 2012.
Gue lagi ada di bis 43. Gue duduk di dekat jendela dan di samping gue ada nyokap-nyokap. Terus ada cewek yang berdiri. Dia protes disuruh geser ke tempat yang lebih lega oleh kernet, dia masang muka males. Nah, sampai akhirnya si cewek dengan agak ngeluh, dia pun berdiri di samping bangku gue dan nyokap-nyokap. Jujur, gue ga ngasih soalnya dari Cawang ke Rawamangun itu cukup dekat. Berdiri 1-3 menit menurut gue ga apa-apa buat dia.

Nah, di belakang dia ada penumpang yang turun, otomatis ada kursi kosong. Sayangnya dia hanya bisa melihat dengan keki bangku itu diduduki bapak-bapak. Gue langsung mikir kalo nih cewek agak-agak "penuntut". Lantas di daerah pisangan, sambil duduk gue ngebenerin tas seolah-olah gue pengen turun. Nyokap-nyokap di samping gue ga gerak, tapi si cewek itu semangat banget. Mukanya ngincer banget bangku gue, padahal di sampingnya ada nyokap-nyokap. Pas dia sadar kalo gue cuma PHP-in dia, dia melotot ke gue men.

Satu menit kemudian gue turun. Gue ngelewatin dia dan kedengeran dia gumam, "Ck, dari tadi kek.".

...

Jadi gini. 

Ada yang namanya layanan khusus bagi perempuan. Seperti gerbong wanita dan ladies first yang mana keduanya menempatkan perempuan sebagai prioritas utama. Jujur, gue setuju dengan dua hal tersebut.

Sayangnya, layanan-layanan ini membuat sebagian kecil perempuan menjadi terlena, manja, dan kadang ngerasa benar. Mereka (sebagian kecil perempuan), cenderung manja dan pengennya dilayanin. Mereka juga kadang ngerasa berhak buat dilayanin oleh cowok serta ngerasa cowok yang ngga layanin mereka dengan perlakuan khusus adalah rendahan.

Gini ya.

Bagi sebagian kecil perempuan yang ada di Indonesia.
Menurut gue, layanan yang tersedia itu diadakan emang untuk memberikan perhatian khusus bagi kalian. Emang buat ngelindungin elo and buat ngebantuin elo. Tapi asal elo tahu, layanan itu bukan fasilitas untuk memanjakan diri. Misalkan dengan ladies first; jika kamu pas naik bis atau kereta ga kebagian duduk karena ada cowok yang duduk, jangan pernah mikir kalo tuh cowok ga pantes duduk di situ. Sebab menurut cowok dan cewek itu equal, sejajar. Kalo cewek itu lebih rendah, kenapa Hawa ga diambil dari tulang kaki Adam? Kalo cewek itu lebih tinggi, kenapa ga diambil dari tengkoraknya Adam?

So, kepada sebagian kecil perempuan yang ada di Indonesia.

Gue harap elo ga usah terlalu manja. Ga usah ngerasa lebih benar. Karena yang butuh kenyamanan itu bukan elo doang. Elo ga tau kan, bapak yang menurut lo enak-enak tidur di bangku seharian udah kerja apa? Elo ga tau kan, cowok yang duduk di samping tempat lo berdiri sebenarnya udah ngapain aja? Jadi ga usah ngerasa bahwa elo adalah manusia dengan prioritas yang paling diutamakan dibandingkan orang lain.

Because we're equal.

...

Anyway karena gue takut kalau-kalau ternyata gue subjektif, gue nulis ini sambil konsultasi sama temen gue, cewek.

Alhasil, pendapat-pendapat yang tertulis di sini adalah hasil pemikiran gue dan dia. Dia pikir bahwa cewek seharusnya ngga selenjeh itu. Karena kalau cewek itu manja dan sering ngerasa benar, kata dia itu malah malu-maluin. Serius, gue kadang agak ga percaya kalo dia pikir gitu. Soalnya kalo gue diskusi masalah begini ke beberapa temen cewek lainnya, mereka malah nentang banget apa yang gue pikirin.

So, gue harap baik cowok ataupun cewek. Jangan ada yang ngebet banget pengen orang ngalah dan jangan pernah batu banget ga mau ngalah.


That's all.

13 komentar:

  1. katanya emansipasi, ngga dikasih bangku marah-marah hahaha kasian ntar kartininya sedih.

    BalasHapus
  2. SETUJU BGT! Semoga cewek2 minoritas tsb cepat sadar dgn prinsipnya yg SALAH.

    BalasHapus
  3. ya,kemanjaan itu kadang ngebuat (khususnya gue) ngerasa ilfil sama kelakuan (sebagian) cewek.
    dimanja seperti itu kadang ngebuat cewek tersebut tidak menjadi dewasa :(
    sorry kalo gue jadi salah ngomong, dat. :)

    BalasHapus
  4. well, ya emang bener juga sih. beberapa temen gue kalo mau mint anilai ke guru pasti bilang "ladies first" yang untungnya gue gak pernah bilang gitu (seinget gue)

    tapi beneran deh kalo gue mau minta nilai ke guru ya antri aja. kenapa harus nyele dengan alasan ladies first. cowok juga kan punya hak. haknya sama. kedudukan kita pun sama di sekolah: siswa. jadi kenapa harus ada yg di spesialkan?

    BalasHapus
  5. gue yg cewek aja sebenernya rada bingung dengan kata-kata ladies first.
    "Ladies" disini gue sendiri mengartikan sebagai wanita dewasa, yg ngerti kewajiban dan haknya, bukan cewek yang maunya dimanjain dan dijadikan prioritas.
    Jadi, keistimewaan "Ladies First" itu akhirnya bakal jadi pemberian kaum laki-laki (sebagai penghargaan), bukan permintaan si cewek yg konotasi pgn diturutin..

    gue sih sebagai cewek ngerasa malu kalo apa2 harus nuntut.
    gue maunya "gue dihargai karena org menganggap gue pantas dapat penghargaan, bukan karena gue 'minta' dihargai"
    gue sering kok berdiri di bus, ngalah sama laki-laki, apalagi kalo laki2 ini adalah seorang bapak2 yg usianya udah lumayan tua, beuh jelas gue ngalah lah--"

    BalasHapus
  6. bener juga ya --a kalo dipikir2 cewek2 jaman sekarang pingin di manja gara2 ada kalimat "Ladies First" itu

    mungkin itu gara2 salah paham aja ya --a semoga setelah baca postingan ini cewek2 yang terlalu mengutamakan prinsip "Ladies First" sadar :')

    BalasHapus
  7. masalah manja sih, ya pegimane, cewe udah ditakdirin sebagai makhluk yang manja, walau kadarnya sih BEDA. tergantung tuh cewe latarnya kayak pegimane. kalo masalah fasilitas umum mah, gue gak pernah manja. gue manjanya sama ortu doang (sama pacar juga deh, kalo punya hahahaha) xp


    ladies first? duh gue malah jarang digituin dat sama cowo2 jaman sekarang hahaha :p #ngenes

    BalasHapus
  8. Kalo lagi enaknya aja pengen duluan, kalo lagi ga enak, ga mau duluan, ga konsisten, hehehe

    Btw liat karikatur ini deh ;p
    http://www.cartoonstock.com/newscartoons/cartoonists/ksm/lowres/ksmn3101l.jpg

    BalasHapus
  9. hauhauhau. menurut gue sih, menurut gue lho ya, 'sama' disini bukan berarti cewek harus mengerjakan apa yg dikerjakan cowok, dan sebaliknya. cewek yg nuntut tmpat duduk tdi jg hrusnya liat,apa ada kakek2 atau ibu2 yg jauh lebih membutuhkan,misalnya.

    kita secara biologis kan berbeda. nah, pemenuhan kebutuhan biologis ini yang harusnya disamakan. sama-sama dipenuhi kebutuhannya, hak-haknya, bukannya semua2 disama2in antara cowok dan cewek (wong jelas udah beda).

    termasuk misalnya ngangkat pohon,cewek ya secara biologis memang ga sekuat cowok. massa otot yg lebih kecil,termasuk kulit yang jauh lebih tipis dari cowok,itu semua alasan biologis.

    jadi,bagi guw,perlindungan buat cewe itu untuk kebutuhan biologisnya,bukan untuk 'diutamakan' di segala bidang,trmsuk antrian. itu konyol gila -___- wkwkwk.

    BalasHapus
  10. Iya.. Bener banget.. Kata-kata "ladies first" dan "emansipasi wanita" kadang dimanfaatkan oleh para wanita.. Pokoknya yang enaknya untuk mereka..

    Saya berkata demikian karena saya pernah mengalami. Pengalaman saya:

    1. Ketika saya antri di sebuah bank, ada seorang wanita muda.. Saya udah antri di depan dia. Dia menepuk pundak saya, dan dia bilang "Perempuan Dulu dong bang".. Saya bilang.. "Sesuai urutan antri dong, kamu datang telat, berarti dilayani-nya juga telat".

    2. Ketika duduk2 di kampus, teman saya meminta kami (beberapa laki-laki termasuk saya) untuk berdiri karena mereka ingin duduk. Yah, banyak juga sih temen-temen saya yang bertindak "oh-so-cool". Dia berdiri untuk si cewek, tetapi saya tetap duduk..

    BalasHapus
  11. Well, gue juga pernah kesel sama masalah kayak gini, tp yang gue inget pas SD dulu sering banget cewek-cewek alesan "gue kan cewek" . Tapi entah sekarang-sekarang gue jarang bgt nemu kalimat itu terlontar dari mulut temen2 cewek gue, jadi damai deh gak ada kalimat itu..

    Catatan, kalo untuk cewek yang gue suka, gue rela dianggep babu juga, tp kalo cewek yang gak gue suka (apalagi yg gak kenal), rada gimana kalo dia "nuntut" hak spesial itu ..... dari gue ._.

    BalasHapus
  12. Cuma pengen komen : "Wanita memang diciptakan lebih lemah dibandingkan laki-laki, tapi wanita tidak boleh manja dan selalu bergantung kepada laki-laki".

    Sekian ^^v

    BalasHapus
  13. ladies first.. bener juga sih, cewek emang cewek tapi gaboleh memanfaatkan jenis kelamin untuk sesuatu #lah? wkwk

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe