Sabtu, 13 April 2013

Ujian Nasional: Siswa dan Pemerintah

Ujian Nasional atau UN dari pemerintah sering menjadi momok menakutkan bagi siswa/i.
Namun ternyata saat UN Tuhan pun ikut datang sebagai penguji.


Woke, judul dan opening postingan ini agak sok-sok akademis, tapi tolong gausah gitu dipermasalahkan.

Hari ini gue obviously pengen ngomongin beberapa hal soal UN. Buat yang udeh kuliah pasti udeh pernah semua sementara adek-adek yang masih makan bangku kayu atau stainless steel sekolah pasti lagi anticipating banget. Kalo lo liat di internet atau media lainnya, banyak pro dan kontra mengenai ujian tersebut. Ada yang bilang ga manusiawi lah, jahat lah, atau emang perlu lah. Well, dari sekian pro dan kontra yang kita ciptakan sendiri, ada ngga yang sadar bahwa sebenarnya ada aspek lain dalam UN?

Aspek ini adalah moral.

Yep, sesuatu yang lagi ngedown banget beberapa tahun kebelakang ini seringkali ngga diliat pas UN. Banyak siswa yang memilih dan/atau terpaksa 'menumpuk dosa' karena takut ngga lulus. Mulai dari turunnya kedisiplinan diri, hingga dibutuhkannya pencarian secara mendalam mengenai keberadaan sang kejujuran pun muncul. Mulai dari kemalasan hingga penyontekan, bahkan kemunafikan.

Ternyata, kalo dilihat, keadaan menjelang UN dan keadaan di negara kita ngga jauh beda loh. Ga bedanya gimana? Cek empat hal yang sering terjadi selama musim UN.

1. Malas
Pastinya banyak siswa yang ngarep bisa lulus dan lebih ngarep lagi entar bisa masuk sekolah atau PT yang terkenal. Dan harapan ini seringkali bersifat ekonomis: modal dikit, untungnya harus gede. Which means ga sedikit yang memilih untuk malas belajar saat menjelang UN.

Mereka yang malas ini merasa didukung oleh kegiatan pencontekan. "Ngapain belajar sih? Nanti juga ada contekan", ujar para siswa yang malas. Maka dari itu, sekarang sih jangan heran kalo ngeliat para siswa busuk yang pede abis males-malesan menjelang UN.


Belajar adalah tanggung jawab para siswa dan ujian adalah media pertanggungjawabannya. Sama seperti para pejabat yang diberi amanat oleh rakyat. Para siswa yang malas ini ga jauh beda sama pemerintah: sama-sama males. Kemalasan para pejabat sering terlihat di televisi. Kalo sidang yang dateng dikit, pas sidang malah tidur, dan abis liburan masih minta libur tambahan. 

Puncak yang paling mengerikan mengenai kemalasan ini adalah pada saat orang rajin dicemooh dan orang malas dihormati. Ciyus, ini ngeri banget. Meanwhile orang-orang yang benci kerajinan ini sering banget bertanya, "Kok negeri ini ga maju-maju?". Mirip sama mereka yang ngeganggu proses penangkapan para koruptor. Gue ga tau mana yang bener, tapi seharusnya semua pihak mau saling membantu untuk membersihkan negara ini. Namun kenyataannya tidak. Semua memilih untuk menjadi orang yang kapitalis.

2. Melarikan Diri dari Tanggung Jawab
Poin ini sebelas duabelas lah sama poin di atas.



Banyak siswa yang ngga sadar sama kewajibannya. Mereka lebih memprioritaskan kesenangan pribadi sambil ngarep bisa lulus UN. Semua hal di luar UN tampak jauuuuuuuuuuuuuuh lebih menarik ketimbang UN itu sendiri. Karenanya ga sedikit orangtua yang harus mengeraskan kepalan tangan biar anaknya yang busuk itu mau belajar. Kalo si anak udah 'mau belajar' pun belom tentu beneran belajar.

Cumunya sama pemerintah kite. Dikit-dikit studi banding ke Eropa, sampe-sampe ngurusin santet aje ke sana walau sendirinya pada yakin kalo santet itu ga logis, tapi masih aje pada sok-sokan ngurusin. Emang pas udah di sana doi-doi pada ngapain? Meneketempe mereka beneran kerja apa kagak. Duit negara dihabisin, sementara hasil yang diharapkan ngga keliatan. Pertanggungjawabannya kepada rakyat dimane? Yang pasti sih di akhirat.

3. Kemunafikan
Buat para grade-freak alias mereka yang rajin belajar, pasti ngerti lah kalo pas mau UN banyak parasit yang mulai nempel. Para siswa parasit yang otaknya ga mampu belajar ini mendekati mereka yang rajin dengan satu visi dan misi: diberi contekan tanpa ngasih contekan. Maka mereka yang biasanya dijauhin pun tiba-tiba punya temen banyak di kelas.



Dengan memegang teguh semboyan Habis Manis Sepah HARUS Dibuang, para parasit ini akan tiba-tiba menghilang dengan sendirinya tanpa disemprotin obat nyamuk.

Menjelang pemilu, banyak partai dan calon yang tiba-tiba deket sama rakyat. Tadinya ngga keliatan dimana rimbanya, suddenly nongol, ngeklaim udah berbaik hati sama rakyat yang baru pertama kali diliatnya dan umbar janji (read: kebohongan) sana-sini. 

Pas udah kepilih pada kemane ye? Mungkin kehisap ke dunia lain.

4. Ga Tau Diri
No pain no gain adalah cara bekerja dunia ini. Semua yang berusaha pasti dapet hasil yang baik. Meanwhile anak-anak pemalas ini maunye no pain but oh please come here gain. IMHO, gue sendiri ngerasa sebenernya banyak banget anak-anak yang sebenarnya diwajibkan untuk ngga lulus. Mereka pada males-malesan di kelas dan bertingkah kaya orang yang ngga berbudaya, tapi mereka paling ngarep bisa lulus.

Kalo lo ngga mau belajar, ngapain ngarep lulus, sih?

Lucunya lagi, karena merasa menjadi bagian dari anak yang boleh lulus, mereka ini menghalalkan segala cara. Ada aja yang mengintimidasi mereka yang sudah berusaha untuk membagi 'hasil usahanya'. Sementara yang rajin pada belajar, mereka cuma nodong dari belakang. Gue sendiri ga habis pikir, kok anak-anak yang kaya begini masih dikasih hak sama negara buat disekolahin ya? Mestinya hak mereka diganti jadi euthanasia aje.e

Memperkaya diri tanpa kerja ya ciri yang paling keliatan dari pemerintah yang dapet diliat di media. Ini-itu ga keurus dan kalo ngurus pun ada aja yang dimalingin. Nampaknya para pemerintah ngga cocok disebut sebagai sebuah jabatan, tapi lebih cocok disebut pekerjaan. Kalo menjadi pemerintah bisa jadi suatu profesi walau kitanya goblok, maka masyarakat mungkin ga heran kalo pemerintah kinerjanya begitu dan uang kas banyak yang terbang ke dimensi lain.

***

Mungkin ada yang nyeletuk, "Lo yang nulis ini emang ga pernah nyontek selama hidupnya ya? Sok suci amat", munafik kalo gue bilang ngga. Di sini gue cuma mau nulis apa yang akhirnya gue liat. Maka demikianlah yang gue lihat. Menurut gue sih munafik kalo elo-elo bilang gue berlebihan atau mengada-ada. Justru sebenarnya elo sendiri yang menipu diri sendiri. Gue juga yakin elo-elo pada kurang seneng sama pemerintah. Tapi llihatlah, elo-elo semestinya ga bisa bedain diri sendiri sama pemerintah yang rusak karena kalian ngga ada bedanye.

Kalo anak-anak diharuskan ikut UN dan menjalani semua penurunan moral kaya begini, maka mungkin di masa depan regenerasi kepemerintahan bakal dijabat oleh orang-orang yang ga ada bedanya sama yang sekarang. No moral, no IQ.

Intinya, please pikir lagi segalanya. 


That's all.

P.S:
Buat anak SD, SMP, dan SMA yang mau UN tapi masih sempet-sempetnya internetan dan liat postingan ini, yang jujur ye. Entar kalo udeh masuk kuliah, jangan nyari beajajan ya~

Disclaimer:
Gambar UN 2013 gue nemu di http://disdikprovkalsel.info/berita/detail/131
Sementara itu gambar yang laen gue bikin sendiri.

7 komentar:

  1. Sasuga Data. Tulisannya keren, memenye ngena ~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal pas lg nulis gue kaya idontknowhatiamdoing.jpg

      Hapus
  2. setuju sama postingannya d^^b straight to the point.

    BalasHapus
  3. jadi inget jaman UN dulu. waktu SMA gue salah satu orang yg pro setengah dan kontra setengah, tapi setelah kuliah ternyata ujian itu penting banget.

    BalasHapus
  4. pelaksanaan un itu menurut gue jelas keliru.un itu nggak memanusiakan manusia. menyepelekan kemampuan peserta didik. i mean, semua orang spesial, semua orang punya kemampuan di luar pelajaran yg di UN-in. tapi ga lulus cuman karena 4 hari ujian sialan itu? soalnya pilihan ganda smua? faktor kesalahan teknis aja bisa ngejatuhin nilai? dan kemudian 2 tahun stengah proses belajar cuman ditentuin sama 5 hari itu? dan kalo ga lulus? anak itu tetep spesial,(karena smua spesial). tapi reputasi keluarga mau diapain?

    mmm.. gue agak napsu kalo udah ngomongin soal pendidikan, jadi daripada gue bikin essay di comment lo mending sgitu dulu deh hehehe. btw konten blognya menarik.

    BalasHapus
  5. Jujur, gue berusaha untuk nggak nyontek pas ujian (minimal pas ujian, kalo pas dikasih tugas harian sih gue nggak jamin :p). Tapi yang bikin sebel, ranking gue pernah turun gara-gara dikalahkan oleh anak yg nyontek ini. Trus bukannya emak gue seneng karena meskipun gue nggak nyontek tapi tetep dapet ranking 10 besar, eh dianya malah ngebandingin gue sama si oknum nyontek ini #curcol

    Menurut gue, pola pikir orangtua juga bisa jadi penyebab anak untuk nyontek. Orangtua mendewakan hasil yang bagus, bukan cara yang jujur. Ditambah lagi guru-guru yang kalo muridnya dapet nilai jelek langsung dicap orang bodoh. Dimotivasi kek gitu.

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe