Kamis, 06 Juni 2013

7 Perilaku Penumpang Bis yang Ngga Menyenangkan

Bis tentu aja gede.
Tapi hati kita belum tentu segede bis untuk nerima segala macem kepahitannya.

Gue setiap hari ngampus naik bis.

Naik bis menurut gue lumayan sih buat ngurangin volume kendaraan. Cuma, ngga bisa dipungkiri bahwa terkadang ada aja yang bikin lo ga ngerasa nyaman saat naik bis.

Kali ini gue mau kasih tahu lo 7 perilaku penumpang lain yang bisa bikin lo ngga nyaman di bis. Cekidot~

1. Ngangkang
Secara geometris dan menurut bukti empiris yang ada, satu bangku bis sebenernya emang ngga bener-bener bisa menampung satu pantat seorang penumpang. Walaupun demikian, sebenernya sih bisa aja dibikin muat. Tapi, banyak banget orang yang melakukan usaha agar dapat ruang yang lebih luas agar bisa merasa nyaman dan ngga kesemutan.


Banyak yang sering menolak untuk mengalah dari keegoisannya
Banyak orang, khususnya bapak-bapak, yang suka tiba-tiba hernia atau baru disunat saat duduk di bis. Sengaja mengangkangkan kaki agar terlihat seolah-olah dia sedang kesempitan, padahal orang yang ada di sampingnya lebih kesempitan. Selain itu, diminta secara sopan ataupun tidak, banyak orang yang memilih untuk kesal untuk mengurangi derajat sudut kangkangan selangkangannya.


Lebih ngeselin lagi ya kalo lo udah duduk duluan dan ada orang nongol duduk di samping lo. Orang yang baru dateng itu pun langsung mengangkangkan kakinya, terkadang ada aja yang bisa-bisanya bilang "Misi, geser dikit dong", padahal tempat duduknya lebih luas daripada tempat duduk kita. Makan ati banget.

2. "Mengintimidasi"
Gimana sih rasanya kalo lo ngga kebagian duduk di bis?Ya paling harus mulai sabar untuk tetap berdiri hingga sampai di tujuan.

Sayangnya, ada aja orang yang merasa berhak untuk merebut bangku dari orang lain. Ada aja yang suka pura-pura nyikut, nyenggol kaki, nyenggolin tas ke badan kita, atau ada aja yang berani ngeliatin elo dengan wajah yang ngga damai sama sekali. Hal-hal tersebut dilakukan dengan harapan "Si korban ngerti sinyal dan segera memberikan tempat duduk".


Terus biasanya kalo udah dikasih tempat duduk, ada aja yang ngelunjak. Kaya ngeledekin, "Cape ya? Maaf ya, saya abis gini-gini-gini...". Gue ngga habis pikir sama orang yang ngerasa lebih berhak daripada orang lain. Mungkin emang lo berhak sih, cuma apakah memaksakan kehendak demi mendapatkan hak itu adalah hal yang baik? Pikir-pikir lagi.

3. Ngobrol Kenceng-Kenceng
Kalo naik bis sendirian pasti garing, maka dari itu kalo sama temen pasti lebih asyik. Kalo ada temen kan jadi ada temen buat ngobrol, buat ketawa bareng, atau bahkan buat minta nambahin ongkos kalo ternyata tadi siang kita jajan kebanyakan di kampus. Pokoknya asyik.

Nah, ada aja orang yang suka naik bis bareng kerabat atau kenalannya dan ngobrol di bis. Ngga bermaksud ngelarang sih, cuma kalo ngobrol ya pake volume suara yang wajar-wajar aja. Emang sih, terkadang suara kita terganggu sama suara mesin bis atau kendaraan lain, tapi sebaiknya ngga usah sampe teriak-teriak seolah satu bis harus dengerin obrolan lo yang biasanya ngga penting banget buat orang lain.

Gedeg banget...

Selain obrolan bareng sesama penumpang, terkadang satu penumpang bisa ngobrol sendirian dengan sangat berisik. Tentu aja ya pake telpon.

Entah kenapa ada aja orang yang ngerasa kalo lagi bercakap-cakap dengan orang jauh via telepon itu harus sambil teriak biar kedengaran sampai di ujung sana. Apalagi masih ada aja yang pake speaker buat ngobrol. Lebih parah lagi kalo udah pake loudspeaker masih aja ditempel di kuping.

Ga yakin, berisik gara-gara emang budeg, atau blegug. (  ._.)

4. Bawa Barang Banyak-Banyak
Kalo bawa barang banyak, disarankan untuk duduk kalo ngga di bagian depan banget ya di bagian belakang banget. Di depan atau di belakang pasti ada space buat naro barang, atau mungkin di bawah atap bis ada tempat buat naro barang juga.

Misalnya takut diotak-atik orang, digendong sih ngga apa-apa, asal digendong di depan muka situ.

Kenapa?
Karena misalnya, tas gede, digendong di belakang, maka kita ngga bisa memonitor apa yang orang lain lakukan terhadap tas kita maupun apa yang tas itu lakukan terhadap orang lain. Ada aja orang yang suka seenak perut bergerak kesana-kemari dengan tas di punggungnya seolah di belakang doi ngga ada orang lain. Eits, jangan dikira ngga sakit, terkadang tas orang bisa aja terlalu berat, keras, atau kadang tajam bisa melukai orang lain.


Demi keamanan dan kenyamanan bersama, sebaiknya gendong tasmu di bagian depan tubuhmu. Dan selalu minta maaf jika barang-barangmu ngeganggu orang lain.

5. Pake Headset Bocor
Bete di bis? Enakan dengerin musik.

Walau kita sering dibikin bete dengan keberadaan pengamen, kita emang butuh musik agar ngga bosen di bis. Nyalain hape atau iPod, colok headset, dan semuanya jadi asyik. Tapi harap nyalakan dengan volume yang sewajarnya aja. Selain buat ngelindungin kuping lo sendiri, ya tentu aja biar orang di luar headset itu ngga terganggu dengan suara bising atau kresek-kresek-gajelas yang diproduksi dari headset lo.


6. Nyetel Musik Pake SPEAKER Hape
Ini adalah salah satu hal paling irasional yang ngga bisa diterima oleh otak gue.

Gue tau, lo bete di bis. Gue tau, lo punya hape. Gue tau, headset cepet rusak. Gue tau, headset itu ribet diurainya kalo udah masuk kantong. Gue tau, kadang lo lupa bawa headset. YETAPI GA USAH PAKE SPEAKER JUGA.


Ga ngerti banget sama orang yang suka nyetel musik pake speaker hapenya di dalem kendaraan umum (bis ataupun angkot). Kalopun ga punya headset, ya nabung lah. Headset yang 10ribuan kan banyak yang jual sekarang. Mending kalo speakernya ngga sember. Mending kalo lagunya ngga alay. LEBIH MENDING LAGI YA KALO LO NGGA SOK ASIK IKUTAN NYANYI.

Blargh.(  =_=)

7. Merusak Keseimbangan Ekosistem
Gue itu salah satu orang yang berprinsip ngga akan keluar rumah sebelum mandi.

Biar demikian, gue ngga bisa berharap banyak sama orang lain. Ada aja yang suka berani naik kendaraan umum tanpa mandi dulu di rumah. Dua hari yang lalu gue naik TJ. TJ-nya penuh, AC-nya ghoib, dan yang paling buruknya: ada orang yang belom mandi.

Gue dan beberapa penumpang lainnya harus nutup idung sambil nyari si penyebar bau terasi (serius bau terasi banget). Dan pas udah ketemu, si pelaku malah pura-pura terasa terganggu oleh bau itu, biar dikira bukan dia yang bau. Rasanya pengen nendang orangnya pas nyampe halte, pas banget doi lagi deket pintu. ( =_=).


Ga cuma soal mandi.

Kalo lo keringetan, seenggaknya ya tutupin lah tuh ketek. Kalo ngeliat ada yang ngerasa terganggu ya minta maaf. Atau mungkin mulai dari akarnya: kalo lo sadar bahwa lo berpotensi ngerusak udara, please pake deodoran yang cocok.

Selain itu, please banget-banget-banget, jangan kentut kenceng-kenceng.

...

Sepertinya sih masih ada buanyaaaak lagi kelakuan penumpang yang bisa bikin penumpang lain ngga nyaman. Biar demikian, yang penting kita harus mawas diri dan jaga perilaku agar orang lain ngga menderita karena kelakukan kita. Apalagi buat yang udah sekolah, please banget itu pendidikan perilaku jangan disimpen di kolong meja.

Perilaku yang baik adalah cermin bahwa suatu bangsa memang memiliki dan mengenyam pendidikan.


That's all.

16 komentar:

  1. terbiasa dan sudah mulai hilang nilai nilai untuk menghargai orang lain ( ' ')/
    betewe dat, eta nu yang ngangkang sama mengintimidasi parah banget, gue baru tau ada yang sampe segitunya -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. (._. ) ngangkang sih sering, tp yang mengintimidasi baru 2 kali "kena". tau dah yg laen udh brp kali

      Hapus
  2. BANG ! BENER SEMUA ITU BANG!! rene sebagai penumpang bus setia yang setiap hari pulang pergi sekolah naik bus, ngrasain itu semua.
    menyedihkan:(
    tambahan bang! yang nyebelin tuh bapak-bapak yang suka ngerokok padahal mereka duduknya di tengah2 dan nggak deket jendela. hmpft. pengen rene colok mukanya pake rokok!
    nggak menghargai penumpang yg lain banget -____-
    naik bis mah emang kudu sangat sangat sabar ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah! kalo gue malah supirnya yg blegug

      bis AC, tp supirnya ga tahan dingin. doi kecilin AC, terus buka jendela di sampingnya dan ngerokok. kalo lg di jalan tol, asep rokoknya bs sampe bagian belakang bis, kan bisnya ukuran 3/4 :/

      irasional abis dah

      Hapus
  3. Yang nyetel musik pake headset bocor atau pake speaker (moreover) annoying parah! Lagian "pede" parah semua orang bakalan suka sama selera dia.

    No offense, tapi ya emang kenyataannya selera musik tiap orang berbeda kan? Or not? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu emang paling ngaco bang
      pernah ada bapak2 nyetel lagunya si JB yg babi-babi-o =_=

      Hapus
  4. harusnya tambahin poin orang yang ketiduran dan palanya nindihin bahu kita itu zzzz parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue jarang sih kena tindih org di sebelah. tp biasanya cewek kece yg nindih bahu gue dan apa boleh buat, gue ga enak ngeganggu ( .__.)/

      Hapus
  5. hahaha iya bener tuh, untung udah mulai jarang naik bis xD

    BalasHapus
  6. <-- Jarang naik bis/angkot. Karena tempat tinggal gue (Lubuk Pakam) yang pusat perbelanjaannya minim dan gak lengkap. Naek bis cuma waktu pergi ke Medan buat beli keperluan doang, bang. Itupun palingan sebulan sekali.
    Btw, ilustrasi gambarnya dapet darimana? Simple tapi keren !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilustrasi bikin sendiri :/
      Berantakan pisan itu teh :v

      Hapus
  7. ada lagi :

    pas nyasar, minta alamat orang lain lewat telepon, di loudspeaker. cetaaaaarrr... -____-

    BalasHapus
  8. yoi yoi.. 1 lagi, keringetan! bro gila itu bro..

    BalasHapus
  9. Gue jarang sih naik bis, soalnya di Jayapura sini bis umum masih jarang banget.
    Ada juga bis damri :))
    Kebetulan naik kendaraan pribadi, jadi ya lumayan bisa terhindar dari perilaku2 diatas, hahah :))

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe