Minggu, 08 Desember 2013

Mengapa Gue Males ke Gereja

Setiap orang beragama pasti harus menjalankan ibadah.
Meski begitu, banyak alasan (yang dibuat-buat) untuk ga menjalankannya.



Kalo lo liat nama gue, pasti ketebak lah kalo gue ini orang Kristen. Well, meski sekarang udah banyak orang yang namanya Florence, Joshua, Joseph, dan lainnya yang dipake orang dari agama lain (so what, lagian). Nah, setiap minggu lo tau kan orang Kristen bakalan pada pergi ke mane: 

Gereja.

Tiap minggu, para domba yang tak ingin tersesat kembali mencari gembalanya. However, biar dikata ke gereja itu wajib buat umat Kristiani, tetep aje banyak yang males. Contohnya gue. Meski kata guru sosilogi gue dulu bahwa penikmat porn nonton yang aduhai-aduhai ini bermuka alim, ya... gitu lah.

Gue sendiri, meski bokap gue majelis dan nyokap gue salah satu pengajar di sekolah minggu, agak males kalo di suruh ke gereja. Kemalesan ini dimulai dari yang logis sampai yang dibuat logis. Walau sebenernya gue enjoy aja di suruh ke gereja, ya 'gangguan' dari luar + proses kinerja otak yang ga bisa diajak kompromi bikin gue males.

Gangguan dari luar itu ya datengnya bukan dari tipi, tapi keadaan di dalem gereja itu sendiri. Walau gereja itu tempat ibadah, ya namanya umat yang dableg tetep aje bisa bikin orang lain ga nyaman. Meski ga semua gereja selalu begini, palingan ya umumnya biasa terjadi sesekali. 

Berikut 5 hal yang bikin gue males pergi ke gereja.

1. Handphone yang Kagak Dimatiin


Tiap kali ibadah dimulai, majelis yang ada di depan bakal ngucapin selamet pagi dan info lain soal ibadah hari itu. Selain itu, doi juga bakal bilang "Demi kenyamanan dan kelancaran ibadah...". Yerp, jemaat (masih) harus selalu diingetin. Salah satu yang bakal disebutin si majelis adalah "Plis itu hape matikeun sakedap heula".

Meski hal tersebut sudah disebutkan berulang kali tiap minggu, bulan, tahun, segala abad dan tempat, masih ada aja yang ga ngambil tindakan dengan mematikan ponsel. Banyak yang memilih atau secara genetis hanya mampu untuk cengo.

Akibatnya?

Di saat-saat yang sedang khusyuk serta khidmat, ringtone berdering memecah keheningan dan semua mata jemaat menuju arah suara. 

Tadi pagi (liat tanggal ye) aja, ada tiga handphone yang berdering. Udah tau ada yang hapenya bunyi, bukannya ngecek hape di kantong udah dimatiin atau silent. Demi Wellington, jemaat... ( =_=)

2. Bocah


Meski pada ibadah umum didominasi oleh orang tua dan pemuda, banyak anak di bawah umur yang digiring orang tuanya buat ikut. Degree of comfort di dalam ibadah umum itu tentu tidak sesuai dengan kepribadian para bocah begajulan (degri op kompor itu apa pula lah dat). Oleh karena itu, bakal banyak bocah yang gelisah dan mulai menggelinjang di dalam gereja.

Sebenernya selain ponsel dan alat komunikasi sejenis, anak-anak termasuk hal yang diingatkan oleh majelis saat sidang jemaat dimulai (apa pula sidang jemaat dat).

Namun, ada aja orang tua yang ga mampu jaga anaknya membiarkan keturunan mereka itu membuat gaduh. Mulai dari banting makanan atau mainan, nangis, jalan-jalan, bahkan sampai naik ke mimbar. Orang tua itu paling cuma duduk diem sambil manggil anaknya dengan bisikan keras yang turut serta menambah gaduh ibadah.

Kasus paling aneh yang pernah gue temuin itu, ada anak yang nangis, terus ortunya cuma duduk diem sat-sut-sat-sut, terus antara ngebekep congor anaknya atau malah ngancem anaknye, "Diam kamu! Jangan nangis!". Nanaonan deh bu, pak.

Meski demikian, masih ada orang tua yang profesional bakalan turun tangan agar jemaat lain tetap bertambah imannya.

3. Pada Bacot


Yang congornya banyak bacot bukan cuma anak muda, tapi juga orang tua.

In general, jemaat mulai ngobrol macem di pasar pada saat Warta Jemaat mulai dibacakan. Warta Jemaat itu informasi mengenai ibadah hari itu (siape yang khotbah, pemain musiknya, dan paduan suaranya), kebaktian di lain hari, dan hal-hal lainnya. Saat tersebut sangat ajib buat dipake ngobrol, mumpung pendetanya lagi duduk abis khotbah.

Selain pas pembacaan Warta Jemaat, ada aja yang ngobrol di saat pendeta masih khotbah. Yang ini gue udah ga ngerti lagi, masalahnya apaan. ( +_+)

4. Nyanyi


Banyak yang udah tahu kalo ibadah umat Kristiani pasti bakalan nyanyi. Nah, di gereja tertentu pasti teks nyanyian bakal disediain, disertai dengan panduan not lagunya. Namuuuun, meski cara bernyanyinya sudah disediain secara gamblang dan pemain piano udah dengan jelas nunjukin nada lagunya gimana, tetep wae ada aja yang ga nyanyi dengan benar. Dan, yang nyanyinya ngaco terbiasa menggunakan suara paling kencang.

Well, gue bukan orang yang bisa nyanyi dan ga semua orang emang bisa nyanyi, tapi seenggaknya itu kan panduan udah ada dan tinggal ngikutin. Biasanya kalo udah mulai ngaco, gue diem aja dan nutup buku tata ibadah serta kertas nyanyian. Mendingan diem daripada ikutan ngaco...

5. Khotbah atau Medley Lagu


Waini.

Zaman serba instan dan beberapa hal lainnya udah mempengaruhi gue untuk ga terbiasa sabar dengan khotbah yang luas (panjang x lebar). Ini yang paling bikin gue males buat duduk diam.

Banyak yang khotbah udah dengan panjang dan lebar, masih aja demen diputer ke sana dan diajak mampir ke sini dulu. Intinya pendek, tapi penjabarannya panjang dan banyak yang irelevan. Pernah ada khotbah sepanjang 35 menit dan isinya cuma satu kalimat. Penjelasannya bisa ditinggal aje.

Akibat khotbah yang makan waktu, biasanya kalo khotbah dimulai gue langsung menundukkan kepala dan merem. Beruntung kalo itu khotbah masih kedengeran sama gue, tapi entah kenapa gue tau aja timing buat bangun di saat khotbah selesai.


...

(.__. )

Well, inilah hal yang bikin gue males pergi ke gereja.
Sebenernya sih sebagai umat, agama apapun, ga boleh ngeluh kek begini kalo mau ibadah. Yang terpenting itu kita dateng buat Tuhan. Kita ke sana kan not for entertainment. Namun, gangguan dari orang lain emang ga bisa dipungkiri sering ngeganggu kita. Nyebelin? Emang, tapi mau gimane lagi. :|


That's all.

Sumber gambar:
Generally were googled, but specifically they came from here (not orderly):

18 komentar:

  1. In some way, gue ngerasain (beberapa) hal itu juga di mesjid. Especially untuk nomor 1 dan 2.. dan especially lagi kalau solat Jumat.

    Masih bingung dengan logic orang tua yang "ayo ajak anak kita ke tempat ibadah buat belajar beribadah", kenapa enggak pake logic "ayo kita ajarin anak kita bisa beribadah dulu sebelum dibawa ke tempat ibadah"??

    Ngeganggu jemaat yang lain itu mah

    *kok malah curhat?*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane sih, yang penting anak dididik untuk bisa masuk ke daerah sosial dulu. Kalo doi udah kalem dan ga seberingas Feral Chaos, ane baru bisa PD bawa bocah ke gereja.

      Lagipula, klo diajak malah bikin ribut ya riweuh.

      Hapus
    2. Sayangnya mostly bocah-bocah yang ke tempat ibadah yang gue temui (in my case, mesjid) hampir 98% Feral Chaos type ......... apalagi kalau rombongan sama temannya.
      Siap-siap diuji keimanan :|

      Hapus
    3. buseeet, komennya si farid kereen! *hormat*
      gue setuju banget sama opininya tuh. yah, tapi namanya cara didik orang tua sama anaknya kan beda-beda. :)

      Hapus
    4. Beda-beda, tapi ga semuanya epektip :3

      Hapus
  2. Pas lagi pada sholat. Datanglah para bocah-bocah berlarian kesana-kemari. Dan lebihnya lagi, tuh bocah duduk di depan gue. Mau sujud jadi susah. #Pengalaman ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (.__. ) buset, sampe lari kesana-kemari...

      Hapus
    2. Gue setuju sama koment atas ini hiks.

      Hapus
  3. haha kalo gue males kegereja kenapa ya paling karna emang banyak godaan aja godaan buat tidur atau maen bersama teman-teman tapi kalo buat tidur biasanya udah ada alarm dari mama langsung haha btw selamat hari minggu dataaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering pura-pura masih tidur atau sengajain begadang biar ga dibangunin dong :/

      Hapus
    2. nah kalo gue pasti dipaksa bangun tuh pasti haha

      Hapus
  4. aku juga makhluk yang tidak rajin ke Gereja, alasannya sih simpel, karna memang aku ga mau. alias, alasan males ya mesti dari diri sendiri, klo alasan yang diatas keknya cuma sebagai excuse deh (sorry ^^), karna klo emang niatnya dari awal mau bener Gereja ya ga bakal keganggu. caranya ya bisa cari tempat duduk yang jauh dari para makhluk pengganggu itu, klo emang ga bisa dijauhin ya cari Gereja yang laen, kan masih banyak :)

    BalasHapus
  5. Buseehh... jadi selama ini lo jarang banget ke Gereja Ven? emang gak dimarahin gitu sama bonyok lo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue terus ke gereja kok, cm males doang bawaannya :v

      Hapus
  6. gue males ke masjid...... apalagi kalo gl masa masa teraweh atau masa sholat ied. the source of distraction commonly comes from underage kiddo. Ada yang teriak AAAAMIIIIIIINNNN kenceng banget sampe satu semesta bisa denger. ada juga yang amin nya di lama lamain. Men, kayak Tuhan gabisa denger lo ngomong amin aje

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sih, mungkin kita dulu juga itu. tapi... apa salahnya jika ortu ikut ngawasi perilaku anaknya biar ga ganggu orang lain kan ya? :\

      Hapus
  7. Kalo pas sholat Ied dan imam lg bacain ayat dgn khusyuk tetiba ada ponsel berbunyi, ringtonenya bukan 'teng no neng' biasa, tapi lagu Miley Cyrus, "Amkoming laik e wrekiiiiiiiiiing booooooool" serius itu lawak wkwkwkwk

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe