Minggu, 31 Januari 2016

Car Free Day di Jepang

CFD ga cuma ada di Indonesia.
Di Jepang juga ada.

kedutaan besar jepang


Boong guys, gua ga ngomongin car free day di Jepang, tapi di Jakarta. Gambar di atas itu kantor Kedubes Jepang di Jakarta.

Jujur guys, gua seumur hidup belon pernah berpartisipasi langsung dalam Car Free Day. Eh pernah deng, waktu itu sama anak-anak KK. Tapi tetep aje, meski sering buang waktu di Jekardah, daku yang cuma penghuni kota satelit ga punya kesempatan buat ikut-ikutan bandwagon yang adalah bergaul di CFD.

Betewe, gua pikir CFD adalah salah satu cara untuk melihat siapa saja sih warga Jakarta. Ternyata kalo lo perhatiin, peserta CFD meliputi alay, religius, homo, tua, muda, gemuk, kurus, berotot, langsing, kaya, miskin, tolol, dan kaga tolol.

Banyak orang berserakan di jalan sambil bawa keluarga, sepeda + speaker, dan hewan peliharaannya. Mereka semua mau ngapain? Olahraga. Katanya sih gitu, tapi agenda terselubung mah pasti ada. Kek belanja, gawl, dan narsis.

car free day
dipilih dipilih

Huehue. Kalo elo dateng lewat stasiun Sudirman pintu bawah, lo bakal nemu yang jualan mulai dari depan Asmoro di jalan Blora. Jualannya beragam: dari yang CFD-related apalagi yang tidak. CFD-related ini jualannya macem onderdil sepeda dan lainnya. Yang tidak ini nampaknya malah lebih merajalela.

car free day

Entah kenapa ada yang jual baju, dompet, gelang, bahkan maenan di tempat CFD. Gua sendiri sih pernah kepincut, herew. Lucunya, banyak yang nampak mengerumuni tempat dagang tersebut. Gua pernah liat ada emak-emak yang sangat serius nyari barang bagus. The power of compulsive buying.

hot wheels
huehue ane pernah beli di sini
Selain barang-barang yang belum tentu kita perlukan, tidak sedikit yang jualan makanan. Bakal ganjel perut kalo laper abis keringetan.

jajanan
bapownya de bapownya
Selain belanja, kita juga sibuk gawl. Ga sedikit dari kita yang berkesempatan buat pamer apa yang kita punya. Pamer apaan? Kamera gawl, badan gawl, sepeda gawl, de el el.

car free day
sepedasepedasepedasepedasepedasepedasepedagawl
Pokoknya, elo bisa bebas ngapain aje lah pas CFD, semua orang boleh hepi di sini. Bahkan tukang pamer tanpa ada yang komplain pun gapapa, kadang ada yang sok topless atau pake pakaian seketat atau se-menjendul-mungkin. Benar-benar tidak mengikuti hukum agama, gatau agama apaan.

Dari sekian banyak hal normal di atas, hari Minggu tanggal 31 Januari 2016 gua menemukan sesuatu yang ajaib. Apa saja?

1. Ga cuma orang Indonesia aja yang ikutan CFD
Kita tau lah banyak banget bule atau orang cina nangkring di Indonesia, apalagi dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA atau AEC dalam versi Inggrisnya, katanya makin banyak lagi orang asing yang bakal kerja di Indonesia. Sebenernya gausah ngomongin MEA deh, itu di halte busway Semanggi arah ke Cawang selalu ada bule arab atau timur tengah bisa kita temukan sedang nungguin APTB ke Ciawi.

Kembali ke CFD.

Agak mengherankan bagi warga asing yang cuacanya dingin untuk mau panas-panasan di CFD yang sama sekali ngga ada angin. Yang paling mengejutkan adalah ada aja warga Rusia yang ikutan CFD. Kalau kita menonton film Amrik yang sebagiannya ngambil setting di Rusia, kita bisa lihat stereotipe banyak orang terhadap Rusia: negaranya dingin sedingin-dinginnya jadi di pilem apapun pasti selalu bersalju entah musim apa aja. Nah, di CFD ini, gua menemukan orang Rusia tersebut, perhatikan foto berikut.
tuh yang pakaiannya pink-putih

2. Ada orang penting ikutan CFD
Selain Masha, dilansir ada orang penting yang ikut lari-larian atau mungkin memang penjagaan sedang diperketat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai macam penjagaan yang meliputi polisi, petugas Transjakarta di jalanan, mobil Dit Pam Obvit. Namun, selain mereka semua, sebenarnya ada beberapa pasukan khusus yang nampaknya berusaha hiding in the plain sight dengan cara berbaur dengan masyarakat sekitar tapi berhasil gua deteksi.

car free day
armor dan senjata khusus pertanda ada tamu penting
Sebenarnya masih ada hal lain yang ingin gua kemukakan tapi takutnya ada rahasia nasional yang jatuh ke tangan orang yang salah.

...

Pelajaran dari CFD adalah, selalu kenali sekelilingmu. Ada yang ganteng, kenalan. Ada yang cantik, kenalan. Tapi kurangin kenalan sama orang yang nampaknya mau prospek kamu, herew. Karena, saat CFD semua berkumpul dan siapa tahu - dengan mestakung - jodoh kamu bisa saja berserakan di area Car Free Day.


That's all. 



***
BONUS:
Rakyat jelata melewati wilayah Jepang di Indonesia.
 
kedutaan besar jepang
 


0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe