Kamis, 17 Juni 2010

Few things 'bout something called "HEART"

Umm, lately gw lagi gencar-gencarnya (ga segitu amat sih) baca + nonton manga and video about Kingdom Hearts. You know, itu adalah game yg menurut gw menarik. Why? Orang biasanya hanya akan takjub akan inovasinya, yaitu: Disney gabung dengan Square Enix. Yang isi gamenya adalah gabungan dari cerita2 maupun film2 Disney (ex: Beauty and The Beast, Lilo and Stitch) dengan unsur2 Final Fantasy series (ex: tokoh2 kaya Cloud, Cid, dll).

But, I'm not talking about them. Sesuai dengan judul postingan gw, "HEART" is the main menu now.

Heart, artinya hati. Bukan hati yang biasa kita makan, hati ayam - hati kambing, eh itu ati -_-.  Ehm. Berhubung gw ga mau ada kesan sok tahu, gw mendeklarasikan menyatakan hal ini terlebih dahulu:

"Gw just an ordinary human, who knows a bit. gw cuma nulis, sesuai pandangan gw. I'm not an expert, or even a pervert (?), so maybe some things are going to invite some critics. just recommend me some good things, so that I can improve myself. Thank you.", Death.

Ok, pidato selesai.
Menurut gw, kita sebagai manusia punya 3 bagian penting yang memiliki hubungan timbal balik. Yaitu, Soul/Mind (Jiwa/Nyawa), Body (Tubuh, fisik), dan Heart (hati). Satu saja yang rusak, yang lain akan terpengaruh. Tapi di sini gw cuma mau membahas tentang hati.

Hati seringnya dihubungkan dengan cinta. Yap, itu benar. Bagi tiap2 orang yang merasakan "cinta", pasti jiwanya akan bahagia. Tapi, cinta juga bisa berpengaruh aneh pada beberapa kasus. Ex: jealousy, hatred, sadness. Karena orang yang kita suka diambil, kita akan terguncang. Cemburu pada orang yg kita suka, benci kepada orang yang merebut dia, dan sedih karena kedua hal tersebut. From those things, I choose not to love anybody. 

Cinta adalah sesuatu yang berhubungan dengan hati. Hati kita adalah penemu soulmate kita. Soulmate itu cuma satu (mnurut gw). Dan jika soulmate itu hilang, hati bakal terkuras. Jiwa kita pun, terkikis sedikit. Contoh kasusnya di film UP. Hidup bahagia bersama pasangan, mengejar mimpi bersama, tapi saat dia hilang, pasti sakit... ga mungkin ngga sakit. (bagi orang yang benar2 tulus)

Gw ga yakin ama orang yg mudah sekali untuk cari pacar. Mungkin, memang tidak bisa membiarkan hatinya sendirian atau, cuma main-main. Gw sebut dengan: menipu hati sendiri.
...

Selain cinta, ada juga kasih. Agape, Storge, Filia, dan Eros. Keempat2nya harus dijalankan seperti catursula. Dijalankan secara bersamaan, agar seimbang. Hanya dengan hati yang tulus, keempatnya bisa dengan mudah kita lakukan. (materi katekisasi gw pas retreat di KWP)

Cinta kasih itu ga cuma buat orang yang kita suka tapi juga kepada semua orang. I'm pretty sure about that.

...

Kita mungkin mengenal kalimat ini, "dengan segenap hatiku".
Kata2 ini ga bisa dimainin. Walau dengan main2 kita mengucapkannya, jiwa lo bakal bertanya2 sendiri. Contohnya pas peneguhan warga sidi jemaat. Setelah katekisasi, pasti peneguhan. Dan satu persatu dari kita bakal ditanyain oleh pendeta, dihadapan Tuhan dan jemaatnya dan kita harus menjawabnya seperti ini, 

"Ya. Dengan segenap hatiku."


Di hadapan Tuhan, berani main-main?

Gw ngga. Hati itu harus genap untuk semua hal. Betapapun lo bisa ngelakuin sesuatu, tapi hati lo ragu. Maka, pasti akan terganggu.

Tanpa hati, kita akan hancur. Emang lo mau jadi Heartless di Kingdom Hearts?

Btw, gw adalah salah satu dari sekian banyak manusia biasa. Gw tau kalo tiap-tiap orang ada pasangannya masing-masing. Tapi, gw merasa, kalo gw ngga belom punya pasangan hati. Gw cuma bisa bertanya-tanya sekarang, adakah soulmate untuk gw?


That's all.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe