Sabtu, 29 Januari 2011

Kebimbangan anak kelas XII

Di saat gue harus memilih
Dan ini berat dan sulit banget buat gue

Well, sekarang ini gue lagi bimbang.
Ok, gue ngaku, dari dulu gue emang sering banget bimbang ataupun bingung.
Kenapa keadaan saat listrik padam disebut mati lampu?
Kenapa yang melukis pelangi harus si agung?
Kenapa kalo hujan-hujanan langsung sakit sementara mandi jam 1 pagi selama 2 jam ga kenapa-kenapa?
Kenapa Roxas harus kalah ngelawan Sora?
Kenapa?
KENAPA!!??!!!!

...

Ehm,
Gini. Sebagai siswa ataupun manusia yang baik, kita harus memiliki rencana. Well, emang Tuhan yang akan mengatur segalanya bagi kita, tapi kita juga harus punya visi dan pengharapan. Jangan cuma punya target begini:

Lulus UN > Lulus SMA > KUA
atau
Lulus UN, gak lulus, paket C > Lulus SMA > kerja di pabrik seumur hidup

Well, emang dana adalah salah satu masalah. Tapi seenggaknya kita cari cara lain dong. Jangan maunya lulus SMA, terus ga mau nerusin pendidikan atau cuma mau kerja di pabrik. Abis itu udah stagnant, ga mau terus meningkatkan diri. Lalu hidupnya mulai susah, tiba-tiba jadi religius atau sebaliknya, dan mulai menyalah-nyalahi orang lain.

Well, sebenernya gue cuma bimbang mau kuliah dimana.
Emang sih, sekarang mesti mikirin UN + UP + US + UH. Tapi kalo telat daftar kan bisa mampus.
Kenapa telat daftar?

Jurusan.

Itu dia, gue masih bingung mau masuk fakultas apa. Emang sih, mesti berdasarkan minat, kemampuan dan bakat. Gue ga tau bakat gue apa, so kita skip bagian ini. Kalo kemampuan?
Kata orang, gue pinter bahasa inggris, tapi sepertinya gara-gara gue berhenti les 3 tahun yang lalu, kemampuan gue udah berkurang.
Kata orang, gue sering dijadiin shout box orang-orang, so konseling atau psikologi itu bisa jadi pilihan. Tapi, gue sendiri kadang ga ngerti apa yang gue saranin sama orang lain, walau ternyata saran itu ampuh.
Kata orang, "Dat, gambar lo bagus". Tapi gue buta warna partial, red-green deficiency.

Minat gue?
Gue sebenernya minat di bidang IT, tapi buta warna. Umm, gue juga minat di bidang psikologi atau konseling. Serta, gue pun menaruh minat pada jurusan-jurusan lainya sehingga gue pun confused.

Emang sih, kata orang sebaiknya gue minta saran dari orang lain. Well, gue rasa orang tua, teman, pacar, ataupun kucing tetangga sekiranya mungkin bisa ngasih saran. Tapi. Orang-orang bilangnya "terserah elo" tapi pas gue ajuin, proposal selalu ditolak. Well, sepertinya emang gue yang minta saran kepada orang yang salah, sebaiknya gue buru-buru ke guru BK.

Well, ga semua anak kelas XII sebimbang ini. But, it's only my opinion :/

That's all.

1 komentar:

  1. - kenapa di sebut mati lampu ?
    cuz jaman doloe orang2 khan blond begitoe majoe tehnologi'a cuz waktu doloe dr obor jadi lampu jadi sebuah gebrakan besar ,
    - kenapa hrs di lukis ama sang agung ?
    cuz mana ada orang yg mw ngujanin suatu daerah scr cuma2 ,
    - kenpa ujan2an sakit sementara mandi kg ?
    cuz berdasarkan pengutahuan yg gue tw khan air ujan tuh b'asal dari air laut/hasil penguapan lain'a yg mengandung b'bagai banyak zat kimia 30 tahun lalu sementara klo mandi khan make air bawah tanah (lupa apa istilah'a)
    - klo bwad yg t'akhir cuz g ada gue di sit klo ada gue yg menang :D

    klo soal minad n' bakat jujur gue masih bingung tp setiap fakultas sih kata'a pasti ngasih saran gimana baik'a so ambil yg bener2 di minati klo soal bakat secara perlahan juga bakal dapet kok skill'a ,
    klo IT hrs bisa fisika dasar n' klo psikolog kapan2 ajak doni, mahdi n' rahmat wad konsul ... :D
    well klo soal "red-green deficiency" ane baru tw ...

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe