Sabtu, 14 Mei 2011

Penjahat Favorit

Penjahat, orang iseng yang berbuat jahat
Pantaskah dijadikan idola?

Penjahat, sering juga disebut villain atau sebagainya.
Di kehidupan nyata, well, ga bisa dipungkiri bahwa penjahat itu banyaknya minta ampun. Dari yang memang mendedikasikan dirinya, sampai mereka yang berbuat jahat karena Aji Mumpung. Kenyataan tersebut terbawa oleh sel-sel otak ke dalam imajinasi manusia. Karenanyalah para villain juga exist dalam berbagai karya sastra dan seni lainnya.

Well, selama ini, kalau dalam cerita-cerita cheesy komik jadul, palingan penjahatnya itu kejam karena punya tujuan. Lalu, pakaiannya mesti menyeramkan atau oh-so-cool. Tetapi seiring berkembangnya peradaban dan penurunan moral, jenis-jenis penjahat makin banyak, kreatif, dan produktif. Bahkan ada penjahat yang begitu attractive seperti Sephiroth yang bahkan punya fans club sendiri.

Contohnya dalam cerita atau game.

Biasanya penjahat itu kerjaannya bawa senjata. Baik senjata tajam, senjata api, atau senjata lainnya seperti sihir dan yeah, "something". Atau ngga penampilannya itu menyeramkan, mengintimidasi, atau terkadang agak mengganggu penglihatan. Tapi sekarang ini, malah banyak penjahat yang calm, cool, unyu, atau bahkan tidak terlihat bahwa dia adalah seorang villain.

Well, kenapa gue ngomongin villain?

Okay, mungkin beberapa dari kalian yang sering main game atau nonton film, pasti ada yang mengidolakan tokoh antagonis, iya kan? Atau tokoh-tokoh yang sebenernya amoral tapi ganteng, contohnya Light Yagami dalam komik Death Note. Dan dalam kasus ini, gue mau pamer akan beberapa penjahat yang gue idolakan.

***

Yang pertama adalah Kefka Palazzo

Ini dia Kefka Pallazo, sekilas kalau hidungnya lebih panjang dia bisa saudaraan sama Petruk

Doi adalah villain dari game Final Fantasy VI. Dia itu, well, sepertinya punya masalah di otaknya. Dari segi penampilan dan sifat, dia mirip dengan Joker dalam serial Batman. Tetapi berbeda dengan Joker. Joker punya tujuan dalam berbuat jahat, ex: merampok. Tetapi, si badut yang satanic ini ga punya tujuan, tapi dia ngga punya kesenangan lain selain daripada kehancuran. Buktinya di bawah:

Ngga ngerti artinya? Ada teknologi baru namanya KAMUS

Saya suka, bukan cinta, sama orang gila ini karena, yap, dia gembira-gembira aja dalam melaksanakan kejahatan. Dia ga pernah ngeluh atau marah, tapi si doi dibawa enjoy aja dalam setiap situasi. Terutama saat membunuh orang. Karenanya dia selalu bisa berpikir jernih dalam melakukan serangan ataupun balasan, itulah sebabnya ia dikategorikan sebagai salah satu penjahat yang licik. Yang saya pelajari dari dia bukanlah menjadi seorang psycho, tetapi dalam hidup kita, kita harus enjoy. Yap, being oh-so-galau itu ga guna sama sekali, hidup yang joyful itu jauh lebih baik walaupun didera banyak penderitaan.

Yang kedua adalah Exdeath.



Walau dia berbaju ksatria dan memiliki wujud manusia, tuan Exdeath ini berasal dari kingdom Plantae, alias doi ini adalah pohon. Well, sebenernya dia ini adalah salah satu pohon dalam salah satu hutan, yang mana hutan tersebut merupakan sebuah tempat untuk menyegel roh-roh jahat. Exdeath adalah salah satu pohon yang hidup karena terisi bermacam roh dan kekuatan jahat. Kekuatan dia itu menurut saya keren banget walau dia sering banget promosiin, yaitu Void. Dia tinggal bikin semacam sphere, dan sphere itu akan menghisap apapun yang ada di dekatnya, masuk ke dimensi lain yang penuh dengan ketiadaan (alias Nothingness), yang disebut Void. Anyway, dia merupakan villain dalam game Final Fantasy V.

Exdeath sedang menggunakan kekuatan Void


Di atas merupakan video saat Exdeath beraksi ngelawan Feral Chaos, God of Discord yang entah kenapa punya technique namanya Via Dolorosa (LMAO). Dia ngga perlu lari-larian ngejar musuhnya. Dia cenderung sangat tenang walau counter-attacknya aggresive. Dia juga sangat sabaran dan cerdik dalam membuat strategi. Yang saya pelajari dari dia adalah: kalau jadi manusia, kita itu harus tenang dan sabar. Tidak perlu terlalu aggressive walau kita harus optimis. Semuanya harus dipikirkan matang-matang agar hasilnya bagus. Well, faster is better. Tetapi masih ada yang lebih baik jika kita mau bersabar menunggu.

***

Lalu, apa tujuan saya nulis entri hari ini?

Saya ingin berpesan kepada semua yang mungkin sempat membaca entri hari ini. Bahwa kita, pada saat menonton film atau main game, jangan cuma terpaku dan terpengaruh dengan kebahagiaan sementara saja. Yap, saya tahu banyak yang sudah lebih dewasa daripada saya, tapi saya ingin mengajak semuanya untuk menyerap nilai-nilai apa saja yang bisa kita pelajari didalamnya. Well, ga cuma di film atau game, dalam kehidupan kita juga, kita harus mampu memilih dan memilah nilai-nilai yang ada di sekitar kita.

Jangan sampai kita malah terpengaruh unsur-unsur negatif dari lingkungan karena ketidakmampuan kita dalam memilih dan memilah antara yang baik dan yang buruk. Kita harus mampu menyerap nilai yang baik dan menolak nilai yang buruk agar kita mampu bertahan di dunia ini. Jangan sampai demoralisasi dunia makin merajalela kemana-mana. Kita, siapapun kita, harus mampu menjaga kehidupan kita dengan baik.

Mungkin sekian bacotan dari saya hari ini, sebab di luar sana Thor, Zeus, dan Ramuh sudah mulai check sound.


That's all


Disclaimer: the pictures and videos are not mine,
- Pictures belong to Square-enix
- Videos? Courtesy of YouTube

4 komentar:

  1. Penjahat favorit gua...Joker nya Batman
    Psikopat, sadis, pure jahat murni, mirip Kefka...

    Sama penjahat2 tipe anti-hero, kayak Sepirothnya Final Fantasy...

    Btw lu penggemar FF juga ya?

    Salam kenal, hehe

    BalasHapus
  2. kenapa ga ada Mas Sephiroth ?
    tu kan villain paling dewa se-FF ?

    BalasHapus
  3. @Claude: yap, walau saya cuma main Final Fantasy Tactics, Final Fantasy Tactics Advance, dan Final Fantasy VI ehehe

    @Farid: ngga ah, Sephiroth udh turun pamor. Kalau mau milih yang bagus, cari tau aja tentang Dissidia Final Fantasy

    BalasHapus
  4. Kefka emg keren, Joker-nya Final fantasy

    ada lg villain yg saya suka, Adachi tohru (Persona 4) & Lezard Valeth (valkyrie profile 2)

    para villain tipe INT.

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe