Jumat, 23 September 2011

Kecerdasan Masyarakat Terhadap Issue Illuminati

Mata, pyramid, angka, dan bentuk.
Kerap menjadi suatu 'momok' bagi masyarakat.

Well, temen-temen para netizen pasti banyak yang udah tau tentang illuminati kan? Mungkin kalian udah pernah ngebaca postingan orang tentang itu, atau mungkin anda sering ngebacanya di kaskus. Well, bagi yang ga tau, illuminati itu semacam ordo, organisasi, atau apalah rahasia yang katanya berhubungan dengan hal-hal yang berbau satanic gitu.

Illuminati ini khas sekali dengan simbol-simbol. Contohnya; mata, pyramid, 666, obelisk, baphomet dan lainnya. Saya sendiri belum pernah melihat secara langsung para pengikut illuminati ini karena ya memang mereka bergerak secara sembunyi-sembunyi. Although mereka bergerak secara underground, lagi-lagi katanya banyak artis, show, ataupun film kartun yang mengandung unsur-unsur illuminati. Karenanyalah banyak masyarakat yang kepo abis pengen tau tentang illuminati. Semacam biar gahoel gitu.
salah satu simbol illuminati
Bisa dilihat, dalam beberapa website (yang males banget gue sebutin namanya) terdapat artikel-artikel berbau illuminati yang menarik minat para netizen. Biasanya sih artikel tersebut pasti well-known banget and banyak yang komentar serta menyebarkannya di jejaring sosial.

Emang artikelnya kaya gimana sih?

Artikelnya itu kebanyakan ialah 'mengungkap' keberadaan illuminati di sekitar kita. Contohnya dalam video klip ataupun lagu dari artis-artis terkenal, for example: Lady Gaga. Di dalam artikel tersebut tersedia banyak sekali 'bukti-bukti' yang disertai penjelasan yang cukup attractive. Bukti-bukti tersebutlah yang kadang membuat kita terkesima sekali, dan tergugah untuk membicarakannya. Bahkan di beberapa artikel lain, kartun seperti Spongebob dan Naruto pun sampai terbawa ke dalam issue illuminati tersebut.

Contoh artikel bisa dilihat ke blog milik kak Irvina Lioni Yuniasari yang kece:
***
Argumen Saya
Jujur, saya sering menyangsikan artikel-artikel tersebut. Mengapa demikian?

Penjelasan serta pembuktian yang ada, sering kali menurut saya kurang bisa diterima. Karena yang ada hanyalah pembandingan antara A dengan B. Gambar (dari video klip atau lainnya) dengan symbol illuminati. Kemudian disama-samakan, diberikan penjelasan yang cukup meyakinkan bahwa argumen sang penulis cepek persen benar. Selanjutnya para pembaca pun diminta berhati-hati jika melihat simbol-simbol tersebut. Katanya sih semacam peringatan kalau illuminati sudah bergerak melalui 'boneka-boneka' mereka, yaitu para public figure dan sebagainya.

Cara-cara penyampaian yang seperti itu biasanya memberikan efek kepada masyarakat menjadi lebih 'waspada' terhadap illuminati. Atau harus saya bilang, lebih 'mencari-cari keberadaan' illuminati. Masyarakat pun terpengaruh untuk langsung menyimpulkan bahwa kemiripan yang dilihatnya merupakan 'kebenaran'. Contohnya adalah artikel "Isu-isu Simbol Illuminati di Opera Van Java" (lihat artikel di sini: http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/09/isu-isu-simbol-illuminati-di-opera-van.html).

Masyarakat yang biasanya kurang kritis dalam menanggapi sesuatu pun biasanya langsung diam dan melahap artikel tersebut hingga habis. Istilahnya ialah memakan ikan beserta duri-durinya. Padahal jika anda mau kritis sedikit, opini (atau yang mereka sebut fakta) tentang issue illuminati di sekitar kita pun bisa dipatahkan.

Contohnya dalam artikel "Pesan dan simbol 666 dalam manga Naruto". Artikel tersebut bisa anda lihat di sini: http://mureo.com/news/pesan-dan-simbol-666-dalam-manga-naruto-2.html. Salah satu hal yang dibahas di dalam artikel tersebut ialah jurus mata Rin-Negan yang dimiliki oleh Pain, salah satu karakter dalam manga dan anime Naruto. Di artikel tersebut dikatakan bahwa mata tersebut 'adalah mata milik Dajjal Mata Satu'. 
Mata Rin-Negan milik Pain
Sekilas, anda bisa mengiyakan. Namun menurut saya, mata Rin-Negan itu bukanlah mata Dajjal, melainkan mata seekor binatang, yaitu bunglon.

Mengapa demikian? Sebab nilai lebih yang dimiliki mata Rin-Negan ialah bisa sharing penglihatan. Mereka yang sudah ditanam matak Rin-Negan bisa saling membagi penglihatan bagi satu kepada yang lainnya, which means jika anda dan teman anda menggunakannya, kalian bisa melihat apa saja yang masing-masing sedang anda lihat. Konsep ini diambil dari bunglon yang bisa melihat ke dua arah yang berbeda secara bersamaan. Mata yang kanan melihat ke atas, dan yang kiri melihat ke bawah. 
salah satu Pain men-summon bunglon
Argumen saya bisa saya perkuat dengan kuchiyose atau binatang yang dipanggil oleh Pain untuk pertama kalinya ialah bunglon. Di dalam manga ataupun anime Naruto, binatang panggilan (summon atau kuchiyose) selalu berhubungan erat dengan karakter ataupun atribut yang dimiliki sang pemanggil. Contohnya Orochimaru yang bisa memanggil ular besar.

***

Keadaan Masyarakat
Sikap kritis selalu diajarkan di dalam pendidikan. Mulai dari SMP hingga bangku kuliah. Para siswa dan mahasiswa dituntut untuk selalu berpikir kritis dalam menghadapi sesuatu, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang kurang baik.

Sayangnya hanya sedikit orang yang mau kritis dalam menanggapi sesuatu. Masyarakat biasanya memang kritis, namun saat menghadapi issue yang begitu hebat masyarakat cenderung berhenti bersikap kritis dan langsung mempercayai begitu saja. Juga, tidak sedikit masyarakat yang bersikap masa bodoh alias malas untuk bersikap kritis, dengan alasan yang bermacam-macam. Lalu nanti hanya bisa menangis jika terkena imbasnya.

Sebenarnya keadaan ini kurang baik, karena jika masyarakat mudah sekali dipengaruhi melalui tulisan dan tidak ada sikap kritis dalam diri masyarakat, maka masyarakat pun akan mudah diprovokasi melalui media. Lebih parah lagi jika nantinya masyakarat hanya mau angguk-angguk kepala saja ketimbang bersusah-payah meneliti suatu issue

***

Pesan Saya
Kepada para penulis artikel tersebut, saya harap anda bisa memberikan penjelasan yang lebih baik lagi yang tidak hanya membuat masyarakat menjadi waspada dan tahu tentang illuminati, tapi juga bisa membedakan mana yang benar mana yang salah. Tolong bedakan mana seni, mana coincidence, dan mana yang menurut anda benar. Belum tentu semua yang anda tuliskan itu 100% benar. Anda-anda sekalian sebaiknya mempertanggungjawabkan kebenaran dari tulisan anda. Jangan sebarkan issue yang kurang baik. Ingat, penulis bertanggungjawab terhadap efek dari artikel terhadap pembacanya.

Dan kepada para pembaca. Saya harap anda sekalian bisa menjadi pembaca yang cerdas, yang mau mengkritisi terlebih dahulu sebuah tulisan sebelum menelannya bulat-bulat. Juga, tolong jangan dengan mudahnya anda percaya terhadap artikel apapun sebelum anda menelitinya lebih lanjut. Sebab jika anda langsung percaya dan menyebarkan sesuatu yang belum tentu benar adanya, anda telah membantu orang lain untuk berpikiran kacau seperti anda.

Well, gue udah males nulis. Yang penting, kalo kita mau menuliskan sesuatu, sebaiknya dipikirkan dulu dengan baik apakah tulisan anda bisa dipertanggungjawabkan. Dan kita pun harus kritis dalam menanggapi sesuatu. Jika kita ngga kritis, apa bedanya kita dengan zombie yang mudah diprovokasi?


That's all.

...

P.S:
The pictures are from google. And the pic and terms about Naruto is NOT MINE, it belongs to other person who has right of it.

6 komentar:

  1. dimana-mana tulisan seorang manusia itu akan selalu bias (memihak salah satu). apalagi soal pengkajian. dalam agama saya, dijelaskan dalam Alquran bahwa kelak dunia ini akan kedatangan dajjal. dan sebenarnya kita sebagai masyarakat, bukan harus mewaspadai illuminati-nya, melainkan simbol-simbol yang coba dipaparkan. bahwa itu menunjukkan kalau dajjal (anti kristus dalam Kristen) eksis, ada, dan dia tidak main-main. jadi kalau ada yang kurang senang dengan penjelasan illuminati, seolah illuminati adalah isu dalam budaya pop semata yang cuma dijadikan obrolan gahoel, itu terserah ke pribadi pembaca/personal yang bersangkutan.

    tapi saya sangat berterima kasih pada orang-orang yang mau membahas tentang simbol2 illuminati dalam industri musik/film/hiburan di dunia ini. ini membikin mata saya semakin melek dan percaya bahwa dajjal, si pemfitnah, si anti kristus dan si apa-apa yang diyakini juga oleh agama lain, ada.

    dan nggak setiap hal harus direspon dengan kritis. masalahnya kalau kita bersetuju, maka kita akan mengangguk-angguk. kalau tidak setuju, selalu ada komentar bin respon yang berlawanan. nice posting btw. :D

    BalasHapus
  2. Hmmm bisa dibilang ini adalah bentuk "protes" dan kritik kamu sama pembuat artikel illuminati. apapun ada positif negatifnya ya, saya sih melihat fenomena ini dari 2 hal, pertama saya jadi "sadar" akan adanya kelompok ini. namun, untuk itu saya juga harus memilah-milah mana yang memang yang harus saya "patuhi" kebenarannya dan tidak, setidaknya, kalau tidak ada mereka yang memposting artikel illuminati, manalah saya akan mengerti. yang saya tahu, dajjal akan datang pada hari kiamat, bermata satu dan mengajak kepada kesesatan. saya selalu berfikir itu masih jauh bahwa dajjal berwujud sesosok manusia dan memiliki satu mata serta pakaian serba hitam. jika dia datang, maka kiamat akan segera terjadi. well, itu adalah pemikiran saya dulu sebelum mengenal artikel Illuminati dan semacamnya. positif saja, artikel itu membuat pengetahuan kita bertambah, mengisi otak kita yang kosong, setidaknya itulah yang saya rasakan, :)

    jadi, sebagai pembaca, pengkritisi, dan pengamat, kita patut untuk menilai dan menyaring informasi dan ilmu yang kita dapatkan. soal kebenaran simbol-simbol itu, siapa yang tahu, tapi,sebab dari diungkapnya simbol-simbol dalam video klip dan kartun, saya jadi lebih mengerti.

    toh, saya yakin pembaca bisa menilai mana yang menurut mereka perlu diapresiasi dan tidak, hehehe

    gud job, senang dapat sharing dari kamu...
    thanks...

    BalasHapus
  3. Di satu sisi risih sama beberapa artikel illuminati yang terlalu berlebihan. Sampai sekarang, saya masih dengar lagu Lady Gaga, masih nonton Spongebob. Tapi saya juga bersyukur sama artikel-artikel itu. Seperti yang dikatakan Mas Saman, bahwa kita harus berhati2, karena dajjal dan bla bla bla itu ada. Setidaknya, begitu di agama saya. :D

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus, memang terlalu berlebihan itu ga baik. baik itu berlebihan percaya atau pun ga percaya.
    kalau saya sendiri percaya dajjal itu sudah/akan ada. tapi masalah ada hubungannya dengan illuminati atau tidak itu kan masih rahasia. tapi yang menulis artikel tentang illuminati juga menurut saya tujuannya mungkin sama dengan tujuan penulisan artikel ini, yaitu agar kita tidak menelat bulat-bulat sesuatu yang kita terima.:D

    BalasHapus
  5. terkadang saya juga risih dgn artikel yg lebay ttg iluminati
    apakah saya sudah terkena cuci otak dari kaum mereka?

    BalasHapus
  6. Yap..yap..yap.. Illuminati adalah musuh semua orang dan semua agama di dunia, dan mereka ini sangat menentangnya habis-habisan! Of course, jangan mengambil suatu artikel yang belum tentu kebenarannya, atau kebenarannya tidak bisa dipertanggung jawabkan dan mungkin hanya sebuah pesan pepesan kosong. Lebih baik dan bijaksana apabila kita memahami sebuah artikel dengan baik dan teliti, jangan menerima sebuah artikel secara utuh.

    Well, gw pengen tahu sech sebenarnya, kalau di agama Islam sebutan mereka untuk penganut2 kesesatan adalah Dajjal. Kalau di agam Kristen sebutannya adalah Anti Christ (Anti Kristus). Tapi kalau di agama Hindu dan Buddha apaan ya? Ada gak yang tahu?

    Btw, cuma mau ngasih tahu kalau Lucifer itu berasal dari Musik. Gak percaya? Dan sebenarnya dia adalah Bintang Kegelapan. dan Tuhan YMK lah Bintang dan Cahaya yang sebenarnya..

    Regards... >>> Keep moving.. >>>

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe