Jumat, 29 Maret 2013

Fenomena(?) Internet Meme di Indonesia

Semangat untuk membuat sesuatu yang versi Indonesia sudah baik.
Sayangnya...?

4Chan, Reddit, dan 9gag adalah situs-situs populer dimana users bisa share gambar atau yang lebih sering dikenal (atau dianggap) sebagai meme. Di Indonesia sendiri penikmat situs-situs tersebut cukup banyak, bisa diketahui dengan banyaknya share post ataupun pembicaraan dengan gaya yang digunakan dalam situs tersebut. Bahkan, ada saja yang membuat berbagai versi Indonesianya. Diawali oleh 1cak.com dan kemudian diikuti dengan munculnya berbagai page FB seperti Meme Comic Indonesia. Namun, walau banyak user Indonesia yang membuat meme, masih banyak kekurangan dalam menggunakannya.

Salah satu perbedaan yang dapat menunjukkan kekurangan penggunaan meme ataupun rage comic di Indonesia adalah kerapihannya. Di Indonesia seringkali user menggunakan gambar dengan resolusi rendah tapi dipaksakan diresize jadi besar hingga gambar kurang jelas. Kemudian tata letak gambarnya pun kurang sedap dipandang, nampak seperti tempelan-tempelan gambar "ngasal". Selain tata letak, font yang digunakan pun seringkali tidak sesuai. Banyak yang tidak memperhatikan warna, ukuran, dan jenis font. Seringkali user lupa memperhatikan background dan tetap saja menggunakan warna yang salah sehingga tidak bisa dibaca. Ukurannya pun seringkali kecil serta fontnya menggunakan Arial ataupun Comic Sans yang sebenarnya jarang digunakan di situs versi luar. Pemilihan font yang penulis anggap kurang sesuai ini dapat menyulitkan pembaca.

Selain itu sepertinya banyak yang belum mengerti definisi meme ataupun rage comic, yang penting bisa memakai, berharap orang tertawa, dan post. Seringkali ditemukan "kejanggalan" dalam penggunaan meme tersebut, yaitu kesalahan "tema". Kalaupun menggunakan gambar meme asli dari Indonesia, seringkali tidak cukup "sesuai dan kuat". Keinginan user untuk menggunakan bahasa Indonesia sudah cukup baik, tapi sering terasa kurang alamiah. Bahasa ataupun terjemahan yang digunakan masih agak janggal dan kurang luwes. Juga seringkali ada meme hasil terjemahan yang membuat jokenya tidak tersampaikan.

Memang banyak sekali user yang menolak repost di situs luar seperti 9gag, ini karena orang-orang nampak "bosan" dengan postingan dari user yang menganggap dirinya lucu, padahal hasil repost. Di Indonesia sendiri banyak yang menggunakan watermark. Entah untuk melindungi "hak cipta" atau sekedar media penyampaian identitas si pembuat. Penambahan watermark ini terkesan eksklusif dalam pengunaan meme. Meme terasa tidak menjadi milik semua orang, walau orang-orang tak suka repost.

Kemudian, ada saja user yang membuat page meme dengan tema agama ataupun etnis. Contohnya Meme Islam Indonesia dan Meme Sunda Indonesia. Entah tujuannya untuk memberikan sesuatu "yang sesuai" dengan kaumnya, mengeksklusifkan meme yang digunakan, atau mungkin si user mencari cara untuk memiliki page yang terkenal dengan membawa-bawa agama dan etnis. Sekali lagi, mungkin tujuannya baik, tapi ini membuat penggunaan meme jadi makin aneh dan tidak semenyenangkan saat membuka situs meme "yang asli" dari luar negeri.

Tujuan penulis dalam artikel ini adalah ingin mengajak para netizen Indonesia, terlebih yang suka meme, untuk menggunakan meme dengan baik dan benar. Mungkin ini sepele atau bodoh, tapi masa untuk menggunakan hal yang "bodoh" saja kok tidak becus? Maka dari itu, penulis menghimbau para user untuk kembali meningkatkan kualitas postinga meme atau rage comic dan mempelajari lagi bagaimana penggunaan meme yang benar.

Pembaca bisa mengunjungi situs-situs seperti 9gag untuk melihat contoh penggunaannya dan knowyourmeme.com untuk mengetahui maksud meme ataupun cara menggunakan yang benar.


That's all.

5 komentar:

  1. Meme Indonesia? Meh...ga lucu, seriusan...males gua liatnya >_<

    BalasHapus
  2. dulu sering buka 1cak gitu. tapi sekarang males. nggak lucu -_- mending juga 9gag._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga lucu karena "format kelucuan"-nya masih pake gaya barat. Kalo pake gaya barat ya mending pake bahasa Inggris sekalian.

      Kalo pake "format Indonesia" kayanya bakal lebih pas :/

      Hapus
  3. Terkadang temanya yang diangkat berkali-kali sama dan bikin bosen.

    BalasHapus

Silakan berkomentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe